6 Mobil Termahal Yang Pernah Terjual di Pelelangan

21/09/2021

Pasar mobil

6 menit

Jika Anda pikir mobil baru lebih mahal dibanding mobil bekas, coba pikir dua kali. Cintamobil,com merangkum deretan mobil termahal yang pernah dilelang.

Beberapa bulan terakhir, Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai (KPUBC) Tipe A Tanjung Priok, Jakarta Utara sempat melakukan pelelangan barang milik negara berupa mobil-mobil langka di Indonesia.

Mobil yang dilelang meliputi Mercedes-Benz E-Class Estate, Ford Mustang, Nissan Fairlady, dan masih banyak lagi. Kesempatan itu digunakan oleh para kolektor mobil di Tanah Air untuk meminang kendaraan incaran mereka dan akhirnya mobil-mobil tersebut pun terjual dengan harga yang fantastis.

Tetapi, harga yang rela ditebus oleh para kolektor pada pelelangan tersebut sebenarnya masih terbilang rendah. Di bawah ini, kami sudah merangkum 6 mobil termahal yang pernah dilelang di seluruh dunia. Mari kita mulai dari yang paling 'murah'.

>>> Indahnya Rolls-Royce Boat Tail, Calon Mobil Termahal Sejagad

1. Ferrari 275 GTB/4*S NART Spider tahun 1967

Gambar Ferrari 275 NART

Di urutan keenam mobil termahal yang pernah dilelang, ada Ferrari 275 NART Spider

Sesuai namanya, mobil ini merupakan sebuah GTB atau Gran Turismo Berlinetta yang artinya sebuah mobil Grand Touring 2 penumpang. Ferrari 275 ini merupakan versi Spider atau beratap terbuka yang dinisiasi oleh Luigi Chinetti.

Chinetti menginginkan suksesor dari seri Ferrari 250 California Spider, ia pun meminta kepada Enzo Ferrari dan Sergio Scaglietti untuk membuat versi Spider dari 275 GTB4. Nama NART pada mobil ini muncul karena Chinetti memiliki tim balap Ferrari di Amerika Serikat yang bernama North American Racing Team yang disingkat NART.

Karena kurang diminati, Ferrari hanya memproduksi mobil ini sebanyak 10 unit selama dipasarkan pada tahun 1967 dan 1968. Tetapi, karena itulah Ferrari 275 GTB/4*S NART Spider menjadi salah satu kuda jingkrak paling langka.

Di tahun 2013, RM Sotheby's Monterey, California melelang salah satu mobil tersebut dan akhirnya laku di angka $ 27,5 juta atau setara dengan Rp 391,3 miliar jika kita memakai kurs hari ini. Dengan penjualan tersebut, Ferrari 275 GTB/4*S NART Spider berada di urutan keenam mobil termahal yang pernah dilelang.

2. Ferrari 290 MM tahun 1956

Gambar Ferrari 290 MM

Mobil ini dibangun oleh Ferrari hanya untuk mengikuti ajang balap Mille Miglia

Ferrari lagi? Iya, 5 dari 6 mobil termahal yang pernah dilelang adalah Ferrari, dan kuda jingkrak yang satu ini tak kalah spesial dibanding mobil sebelumnya. Ferrari 290 MM merupakan mobil balap yang diproduksi untuk mengikuti ajang Mille Miglia di tahun 1956.

Ferrari 290 MM mengusung mesin V12 60° Jano dengan kapasitas 3.490 cc yang mampu menghasilkan tenaga 320 HP dan kecepatan tertinggi hingga 280 km/jam. Untuk sebuah mobil tahun 1956, angka tersebut amat sangat impresif.

Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 4 unit, salah satunya dikendarai oleh Eugenio Castellotti dan berhasil menjuarai ajang Mille Miglia tersebut. Kebetulan, Ferrari 290 MM yang dilelang oleh RM Sotheby's di tahun 2015 merupakan mobil yang dikendarai oleh Juan Manuel Fangio di ajang yang sama.

Anda tahu siapa Fangio? Hanya om-om tua yang menjuarai Formula 1 lima kali dan kerap disebut sebagai salah satu pebalap terbaik sepanjang masa. Laku di harga $ 28,05 juta (setara Rp 399 miliar dengan kurs hari ini), mobil ini berada di urutan kelima mobil termahal yang pernah dilelang.

>>> 5 Mobil Termahal Ronaldo yang Harganya Bikin Merinding

3. Mercedes-Benz W196 tahun 1954

Gambar Mercedes-Benz W196

Mobil ini mengantarkan Fangio menjadi juara F1 dua kali

Mercedes-Benz W196 adalah mobil yang mengantar pabrikan asal Jerman itu menjuarai ajang Formula 1 di tahun 1954 dan 1955. Siapa yang mengendarai mobil ini di musim tersebut? Tak lain dan tak bukan, sang legenda balap, Juan Manuel Fangio.

Selama 2 musim tersebut, Mercedes-Benz hanya memproduksi 14 unit W196. Sayangnya, dari 14 mobil tersebut hanya 10 yang bertahan hingga hari ini. 6 di antaranya dimiliki oleh Mercedes, 3 berada di museum, meninggalkan mobil dengan nomor sasis #006/54 sebagai satu-satunya W196 yang tersedia untuk kolektor pribadi.

Mobil tersebut dilelang oleh Bonhams pada tahun 2013 dan terjual di harga $ 29,6 juta atau setara dengan Rp 421 miliar dengan kurs hari ini. Dengan penjualan tersebut, mobil ini berada di urutan keempat mobil termahal yang pernah dilelang.

4. Ferrari 335S tahun 1957

Gambar Ferrari 335S

Sekarang, mobil ini ada di garasi Lionel Messi

Dibangun pada tahun 1957, Ferrari 335S dengan nomor sasis #0674 ini pertama kali dikendarai oleh Peter Collins dan Maurice Trintignant di ajang Sebring 12 Hours tahun 1957, kemudian oleh Wolfgang von Trips di Mille Miglia.

Selanjutnya, Mike Hawthorn mengendarai mobil ini di Le Mans 24 Hours dan berkompetisi di berbagai ajang balap lainnya di seluruh dunia. Mobil ini dilelang oleh Artcurial pada tahun 2016 dan terjual dengan harga sekitar $ 35,7 juta atau setara Rp 507,9 miliar dengan kurs hari ini.

Anda penasaran siapa pembelinya? Salah satu pemain sepak bola terbaik, Lionel Messi. Dengan penjualan tersebut, mobil milik Messi ini berada di urutan ketiga mobil termahal yang pernah dilelang.

>>> Lelang Bea Cukai Mercedes-Benz Estate Laku Segini, Fantastis!

5. Ferrari 250 GTO tahun 1962

Gambar Ferrari 250 GTO

250 GTO kerap disebut sebagai Ferrari terbaik sepanjang masa

Ferrari 250 GTO adalah mobil Gran Turismo yang diproduksi oleh Ferrari pada tahun 1962 hingga 1964 untuk homologasi ajang balap Grand Touring Car Group 3. Sesuai namanya, GTO merupakan singakatan dari Gran Turismo Omologato. Mobil ini ditenagai oleh mesin V12 Colombo Tipo 168/62 dengan kapasitas 2.953 cc.

Percaya atau tidak, dalam kondisi baru mobil ini hanya ditawarkan dengan harga $ 18.000 atau setara Rp 256 juta saja. Selama dua tahun masa produksi, Ferrari hanya memproduksi 39 unit Ferrari 250 GTO.

Di tahun 2014, Bonhams melelang salah satu mobil ini dan berhasil terjual di harga sekitar $ 38,1 juta atau setara Rp 542,4 miliar dengan kurs hari ini. Dengan penjualan tersebut, mobil ini berada di urutan kedua mobil termahal yang pernah dilelang.

6. Ferrari 250 GTO Series II tahun 1962

Gambar Ferrari 250 GTO Series II

Inilah mobil termahal yang pernah terjual di pelelangan

Akhirnya, kita sampai ke urutan pertama mobil termahal yang pernah dilelang. RM Sotheby's melelang mobil ini pada tahun 2018 dan berhasil terjual dengan harga $ 48,4 juta atau setara Rp 688,8 miliar dengan kurs hari ini.

Mobil ini meninggal pabrik Ferrari di Maranello sebagai Series I dengan nomor sasis #3413 di tahun 1962. Namun, di tahun 1964 mobil ini dikembalikan ke pabrik untuk 'facelift' menjadi Series II yang amat sangat langka.

Setelah itu, mobil ini menikmati karier balap dan berlaga dalam 20 ajang balap sebelum dipensiunkan dan dikoleksi secara pribadi dari pemilik satu ke pemilik lainnya.

>>> Toyota Supra Bekas Paul Walker di Film The Fast and Furious Dilelang

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top