56.000 Unit VW Golf Mk8 Harus Direcall Akibat Masalah Perangkat Lunak

16/01/2021

Pasar mobil

5 menit

56.000 Unit VW Golf Mk8 Harus Direcall Akibat Masalah Perangkat Lunak
VW Golf Mk8 harus direcall akibat masalah pada perangkat lunak yang terhubung dengan sistem infotainment dan kamera belakang mobil. Jumlahnya mencapai 56.000 unit yang diproduksi hingga Juli 2020.

Volkswagen (VW) memang tahun lalu mengeluarkan model Golf generasi terbaru. Model ini pun dinamakan VW Golf Mk8 yang dibekali sejumlah teknologi baru. Kontan saja Golf Mk8 pun langsung meroket dideretan teratas mobil terlaris di Eropa.

>>> Sayonara Volkswagen e-Golf, Produksinya Digantikan ID.3

Namun belum lama ini pabrikan Jerman tersebut mengeluarkan pengumuman penting untuk semua pemilik Golf Mk8. Perusahaan berniat melakukan penarikan kembali (recall) terhadap VW Golf Mk8. Unit yang direcall adalah yang diproduksi awal hingga Juli 2020 dengan jumlah yang diperkirakan mencapai 56.000 unit.

Akibat Masalah Perangkat Lunat Pada Sistem Infotainment

Dikutip dari Motor1, Jumat (15/01/2021), recall VW Golf Mk8 ini akibat masalah pada perangkat lunak yang mengganggu sistem infotainment serta kamera belakang mobil tersebut. Uniknya recall ini diinformasikan VW bukan tindakan wajib namun hanya sebagai tindakan sukarela. Karena proses perbaikan hanya berupa update perangkat lunak di sistem infotainment mobil tersebut tidak sampai mengganggu komponen lainnya.

VW Golf 2020

Recall cuma akan melakukan update perangkat lunak

Walaupun mengawali 2021 dengan pengumuman recall, namun ini tidak lantas memperburuk citra VW Golf, terutama untuk yang Mk8. Sebab hingga penghujung tahun 2020 saja, tercatat sudah 312.000 unit VW Golf Mk8 yang dikirim ke konsumen. Bahkan 134.000 unit diantaranya adalah untuk konsumen di Jerman saja.

>>> Kelebihan - Kekurangan dan Harga Volkswagen Golf Bekas Mk7

Cobaan Bertubi-tubi Bagi VW

Dalam keterangan resminya CEO Volkswagen Ralph Brandstatter mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada konsumen yang masih mempercayai Volkswagen. Ia pun mengakui kalau selama tahun 2020 merupakan hantaman cukup berat bagi perusahaan.

VW Golf generasi

Golf menjadi penopang penjualan global VW

"Kami ingin berterima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah memberikan kepercayaan kepada kami. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim kami yang telah melakukan pekerjaan luar biasa selama kondisi yang sulit," katanya. Ia pun menambahkan, selama tahun lalu VW harus mendapat hantaman dari berbagai sisi. Apalagi sejak terjadinya pandemi Covid-19 yang membuat produksi di pabrik juga menjadi terganggu.

>>> Review Volkswagen Arteon 2019: Peluncuran Mid-Sedan VW Tercanggih Di Amerika

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top