50 Persen Ruas Tol Trans Sumatra Belum Capai Target 50 Persen

23/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sebagian ruas Jalan Tol Trans Sumatra sudah beroperasi resmi. Namun masih sekitar 50 persen ruas tol yang hingga kini belum mencapai target konstruksi 50 persen

PT Hutama Karya menggarap mayoritas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang menghubungkan pelabuhan penyeberangan Bakauheni Lampung hingga Aceh. Ratusan kilometer telah selesai dan beroperasi. Sedangkan sebagian yang lain masih dalam tahap proses pengerjaan.

50 ruas belum capai 50 persen

HK menyebut 6 ruas tol saat ini tengah dikerjakan dengan panjang keseluruhan 291 Km. Sekitar 50 persennya belum mencapai target konstruksi 50 persen, namun sudah melebihi dari progres pembebasan lahan. Ke-6 ruas yang dimaksud adalah:

  1. Ruas Binjai-Pangkalan Brandan (58 Km) Tol Binjai-Langsa
  2. Ruas Pekanbaru-Bangkinang (40 Km) Tol Pekanbaru-Padang
  3. Ruas Padang-Sicincin (36 Km) Tol Pekanbaru-Padang
  4. Ruas Bengkulu-Taba Penanjung (18 Km) Tol Bengkulu-Palembang
  5. Ruas Indralaya-Prabumulih (65 Km) Tol Palembang-Muara Enim
  6. Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2,5, dan 6 (18,8 Km)

Pembebasan lahan tertinggi dicapai Tol Sigli-Banda Aceh, yaitu 94 persen. Sedangkan terendah dicapai Tol Binjai-Langsa sebesar 5 persen. Untuk progres konstruksi tertinggi dicapai ruas Tol Bengkulu-Taba Penanjung, yaitu 85 persen. Sedangkan yang terendah adalah ruas Indralaya-Prabumulih, sebesar 35 persen.

>>> Seksi 3 Tol Lubuklinggau-Bengkulu Ditargetkan Selesai Akhir Tahun

Foto menunjukkan Pembangunan jalan Tol Lubuklinggau-Bengkulu

Tol Lubuklinggau-Bengkulu bakal mempersingkat waktu tempuh Palembang-Bengkulu

Tol Binjai-Langsa yang pembebasan lahannya baru 5 persen, progres konstruksinya justru sudah 37 persen, lebih besar dari ruas Indralaya-Prabumulih. Begitu pula dengan ruas Pekanbaru-Bangkinang dan ruas Padang-Sicincin, progres konstruksinya lebih besar dari pembebasan lahannya. Menurut PT Hutama Karya (Persero) hal tersebut karena pemilik sudah mengizinkan pembangunan dimulai saat proses pembebasan lahan belum selesai.

"Progres konstruksi [beberapa ruas] lebih besar dari progres [pembebasan] lahan dikarenakan untuk konstruksi sudah mendapat izin dari pemilik tanah sebelum tanah bebas secara administrasi," tutur EVP Sekretaris Perusahaan PT HK Tjahjo Purnomo kepada media, Kamis (20/5/2021).

4 ruas selesai tahun ini

Sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan sebanyak 14 jalan baru selesai pembangunan konstruksinya akhir 2021. Empat diantaranya ruas Tol Trans Sumatra, yaitu:

  1. Tol Sigli-Banda Aceh seksi 2,5, dan 6 (18,8 Km),
  2. Tol Padang-Pekanbaru ruas Pekanbaru-Bangkinang (40 Km),
  3. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi Kuala Tanjung-Pematang Siantar (96,5 Km), dan
  4. Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu ruas Bengkulu-Taba Penanjung (17,6 Km).

Dari keempat tersebut Tol Sigli-Banda Aceh seksi 2,5, 6, dan Tol Padang-Pekanbaru ruas Pekanbaru-Bangkinang lebih diprioritaskan mengingat keduanya adalah bagian dari backbone Tol Trans Sumatra. Setelah itu baru ruas yang lain yang merupakan jalan tol sirip.

“[Jalan tol] Sigli-Banda Aceh [di Aceh] itu tuntas mungkin pertengahan tahun. Lalu, Pekanbaru-Bangkinang [di Riau] juga tuntas [tahun ini]," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit.

>>> 14 Ruas Jalan Tol Baru Ditargetkan Rampung Tahun 2021

Foto Presiden Jokowi bersama Kepala BPJT Danang Parikesit di proyek Tol Pekanbaru-Bangkinang

Presiden meninjau proyek jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

>>> Temukan mobil pilihanmu di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top