50 Persen Konsumen Honda First Time Buyer

04/12/2019

Pasar mobil

3 menit

50 Persen Konsumen Honda First Time Buyer
Tiap merek mobil punya konsumen dengan karakteristik tertentu, termasuk Honda. Diakui oleh Honda Prospect Motor (HPM) kalau konsumen Honda 50 persen-nya adalah first time buyer alias pembeli mobil pertama. Lalu sisanya?

Membeli mobil tak seperti membeli barang dagangan lain. Dengan dana ratusan juta rupiah orang akan berhati-hati dan teliti dalam menjatuhkan pilihan. Di sinilah karakter awal sebagai konsumen terbentuk. Bagi produsen, menjadi pilihan pertama sangat membanggakan karena produknya mampu memikat di tengah banyaknya pilihan. Itu pula yang dirasakan Honda.

Foto logo Honda terpampang di gril mobil

Honda selalu masuk di 5 besar merek mobil terlaris di Indonesia

Menurut Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, konsumen Honda dalam beberapa tahu belakangan didominasi pembeli pemula atau first time buyer dengan persentase antara 40 hingga 50 persen. Kemudian konsumen update yang sebelumnya punya mobil Honda mengganti dengan mobil Honda yang baru sebesar 20 sampai 30 persen. Sementara sisanya adalah konsumen peralihan dari sebelumnya punya mobil merek lain beralih membeli mobil Honda baru.

“Sekitar 40-50 persen konsumen kami first time buyer, kalau di Honda yang mengganti Honda ke Honda bisa 20-30 persen. Sisanya dari brand lain terus pakai Honda,” tutur Billy, belum lama ini.

Untuk konsumen Honda first time buyer mereka cenderung punya pertimbangan yang sangat selektif. Selain mobil yang dipilih benar-benar sesuai kebutuhan, faktor kualitas, layanan purna jual serta resale value juga tak kalah dipertimbangkan. Honda Brio misalnya, hatchback city car 5 penumpang ini berhasil mendominasi penjualan Honda dengan rata-rata konsumen adalah pembeli pertama. Padahal konsumennya cukup segmented yaitu kalangan muda dan keluarga kecil.

>>> Review All New Honda Brio Satya S M/T 2019, Mobil Baru Honda Termurah Di Indonesia, Dapat Apa?

Foto Honda Brio Satya warna kuning, tampak dari samping

Honda Brio mendominasi penjualan Honda di Indonesia

Tahun 2019 ini dari Januari hingga Oktober Honda Brio sudah terjual sebanyak 56.796 unit dengan rincian Brio Satya 44.188 unit dan Brio RS 12.608 unit. Jika dikomparasi dengan total penjualan Honda secara keseluruhan yang mencapai 111.824 unit, persentase penjualan Honda Brio ini adalah 50,8 persen.

Dengan diketahuinya chemistry antara Brio dengan konsumennya, wajar jika Honda berkomitmen untuk menjaga agar Honda Brio selalu jadi pilihan utama khususnya buat pembeli mobil pertama. "Segmen ini masih yang paling besar buat kami, makanya konsumennya masih kami incar first time buyer.” kata Billy.

>>> Tertarik membeli mobil Honda, Cek koleksi dan harganya di sini!

>>> Berita otomotif lainnya dapat Anda lihat di sini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top