5 Pabrikan Yang Patut Ditunggu di Goodwood 2019

04/07/2019

Pasar mobil

10 menit

Share this post:
5 Pabrikan Yang Patut Ditunggu di Goodwood 2019
Akhir pekan ini, salah satu ajang otomotif paling menarik, Goodwood Festival of Speed 2019, akan dimulai. Bukan hanya mobil balap historis, beberapa mobil baru serta konsep juga akan hadir di event hillclimb legendaris ini.

Sama seperti edisi-edisi sebelumnya, beberapa pembalap kawakan dipastikan akan meramaikan Goodwood Festival of Speed tahun ini, mulai dari pemenang Le Mans 24 jam 9 kali, Tom Kristensen, juara dunia WRC dan WRX, Petter Solberg, ikon Gymkhana Ken Block, dan juga beberapa pembalap MotoGP dan Isle of Man TT juga akan hadir.

Goodwood Central Feature tahun ini didedikasikan untuk Aston Martin, yang memperingati 70 tahun kemenangan perdananya di Goodwood. Tentu, akan hadir beberapa model Aston Martin yang paling langka dan menarik hadir di ajang ini.

>>> Hyundai tegaskan komitmen dengan pabrik di Indonesia

Selain itu, Goodwood juga akan memperingati karier tujuh kali juara dunia F1, Michael Shcumacher, di mana rekan satu tim, mantan rival, dan koleksi mobil F1 miliknya akan muncul di acara ini. Meski belum dipastikan, Goodwood Festival of Speed juga tampaknya akan melakukan penghormatan untuk pembalap legendaris F1 lainnya, Niki Lauda, yang menghembuskan nafas terakhirnya Mei lalu, dengan kilas balik Monaco GP sebagai tema alternatif.

Namun, Goodwood Festival of Speed tidak hanya seputar mobil-mobil atau ikon balap legendaris. Beberapa pabrikan juga memanfaatkan ajang ini untuk debut beberapa model ikonis di depan penonton yang tekenal Antusias. Dari berbagai jenis yang akan hadir di Goodwood Festival of Speed 2019, berikut lima pabrikan mobilnya yang patut ditunggu di Goodwood tahun ini, apa saja?

1. Aston Martin

Aston Martin ke Goodwood, DBS Superleggera Volante dengan warna abu - abu

Salah satu model yang akan dibawa Aston Martin ke Goodwood, DBS Superleggera Volante

Kehadiran Aston Martin pada Goodwood Festival of Speed tahun ini akan lebih besar dari sebelumnya, memperingati 50 tahun kemenangan Le Mans 1959, pabrikan Inggris itu akan membawa beberapa model terkenalnya.

DBS Superleggera Volante akan muncul untuk pertama kalinya di Hillclim, adapun mobil yang diperkenalkan Mei lalu dilengkapi mesin V12 5,2 liter bertenaga 715 HP dan akan dibanderol £250.000 (setara Rp 4.5 miliar).

Aston Martin juga akan menghadirkan dua mobil AMR yang baru-baru ini diluncurkan, Rapide dan Vantage. Rapide E dan DBX SUV juga akan beraksi di trek hillclimb sepanjang 1.86 km tersebut.

Selain itu, DB4 GT Zagato yang dibuat kembali juga akan hadir setelah dipamerkan di Le Mans 24 Jam. Sebagai pelengkap, mereka juga membawa Vulcan AMR Pro, Vantage GTE, dan beberapa Vanquish Zagato.

>>> Review Aston Martin Rapide E 2019

2. Ferrari

Ferrari P80/C warna merah

Ferrari P80/C, yang hanya ada satu di seluruh dunia akan jadi pusat perhatian di Goodwood

Ferrari yang dibuat khusus selalu mencuri perhatian, maka tak heran jika model P80/C track car yang didesain khusus akan jadi pusat perhatian di Goodwood. Mengambil basis dari mobil balap GT3 Ferrari 488, P80/C dirancang selama empat tahun untuk seorang kolektor yang enggan disebutkan namanya.

>>> Sedang cari mobil? Klik link ini

Detail powertrain P80/C juga belum diketahui, namun penampilannya di trek hillclimb dapat memamerkan keistimewaan pabrikan Maranello itu. Selain mobil yang hanya ada satu di seluruh dunia itu, hadir juga SP3JC mobil convertible dengan V12 bertenaga 769 HP, dan menggunakan kap mesin transparan.

Selain itu akan dipamerkan juga mobil konsep Monza SP2, sebuah single seater yang berbasis 812 Superfast, dan dibanderol dua juta Poundsterling (setara Rp 35,6 miliar).

3. Honda

Mobil konsep Honda E dengan warna biru

Setelah mencuri perhatian di berbagai pameran, kini Honda E menyambangi Goodwood

Mobil listrik yang sangat dinantikan oleh khalayak umum, Honda E, akan hadir untuk pertama kalinya di Inggris pada ajang Goodwood Festival of Speed dalam bentuk yang hampir matang dan siap produksi.

Honda akan membawa dua unit, satu untuk dipamerkan ke publik sementara satu lagi akan coba mencatatkan waktu di trek hillclimb. Selain itu, akan hadir juga NSX 2019 dengan sejumlah modifikasi dipamerkan di stand.

>>> Ingin update? Harga Honda HR-V Juli 2019

4. Mini

Mini Cooper John Cooper Works GP dengan corak kamuflase

Setelah beraksi di Nurburgring 24 jam, akankah Mini membuka kedok JCW GP di hadapan publik Goodwood?

Sama seperti Aston Martin dan Bentley, Mini juga merayakan perayaan penting pada Goodwood Festival of Speed tahun ini, yakni peringatan 60 tahun debut original Mini yang ikonik, dan dikenal sebagai mobil yang dikendarai Rowan Atkinson di serial komedi Mr.Bean.

Mini memang belum mengonfirmasi bahwa mobil edisi khusus mereka, Mini John Cooper Works GP akan dipamerkan untuk pertama kalinya di event ini. Namun, prototype yang telah didaftarkan untuk dijual pekan lalu beraksi di Nurburgring 24 jam dengan cat kamuflase.

>>> MINI Connected Apps: Cara Baru Komunikasi Anda Dengan Mobil MINI

Apakah Mini akan membuka ‘cover’ dan memamerkan John Cooper Works GP untuk pertama kalinya di Goodwood? Menarik untuk ditunggu.

5. Porsche

Porsche 911 RSR GTE dengan livery tes

Armada terbaru Porsche untuk untuk WEC musim 2019/2020 akan dipamerkan di Goodwood

Salah satu hal yang mencuri perhatian dari pabrikan Stuttgart ini adalah rencana peluncuran generasi terbaru 911 RSR GTE, yang akan memulai debut kompetitifnya pada FIA World Endurance Championship musim 2019-2020.

Mobil bermesin tengah ini akan mendapatkan paket aero yang telah direvisi, diffuser yang lebih besar, dan perubahan signifikan di sisi mekanis untuk menyesuaikan regulasi GTE baru yang akan diterapkan tahun depan.

>>> Jangan lewatkan perkembangan terkini pasar mobil di sini

Selain itu, Porsche juga akan menghadirkan 718 Cayman GT4 dan 718 Boxster Spyder yang baru saja diperkenalkan pekan lalu untuk gelaran Goodwood Festival of Speed yang berlangsung tanggal 4-8 Juli ini.

Perubahan signifikan pada kedua model ini adalah digantinya mesin 4 silinder turbo dengan mesin inline-6 4 liter yang ditanamkan pada transmisi manual. Kedua model ini cukup identik, dengan removable roof pada 718 Boxster jadi pembeda.

Mobil konsep De Tomasso dengan corak kamuflase

Goodwood juga akan menjadi tonggak bersejarah bagi De Tomasso

Di luar kelima pabrikan di atas, kita juga akan melihat hal menarik lainnya di Goodwood Festival of Speed. Misalnya kemunculan kembali De Tomasso, mereka membawa prototype yang sepintas tampak seperti Pantera.

Selain itu, Toyota juga akan membawa Supra untuk beradu kencang di trek hillclimb, selain isu yang berkembang seputar GR Supra Concept yang akan diperkenalkan sebagai mobil balap GT4.

Berbicara soal rekor, kita tentu tak bisa mengesampingkan VW ID.R. Baru saja memecahkan rekor mobil listrik di Nurburgring, mobil konsep VW itu akan coba mengalahkan rekornya sendiri di Goodwood.

>>> Simak berita otomotif lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Mustang Listrik Bertenaga 536 hp Siap Ramaikan Goodwood

25/06/2019

Mobil baru

4 menit

Dari sisi luar, mobil ini sama saja seperti Ford Mustang kebanyakan. Namun jika melihat dalamnya, Anda sadar Mustang listrik ini sangatlah spesial.

Lihat juga

Detik-Detik Kebakaran Lexus RC F GT3 di Goodwood Festival of Speed

14/07/2018

Event - Promosi

Kecelakaan terjadi di Goodwood Festival of Speed dimana sebuah mobil balap Lexus RC F GT3 terbakar di paddock dan untungnya, sang pengemudi Scott Pruett selamat dari kejadian naas tersebut.

Lihat juga

Bukukan Rekor Baru, VW I.D. R Jadi Mobil Listrik Tercepat di Goodwood

17/07/2018

Event - Promosi

Tak lama setelah menundukan Pikes Peak, I.D. R Pikes Peak kembali mencatatkan rekor baru sebagai kendaraan listrik tercepat di Goodwood Festival of Speed.

Lihat juga

Nio EP9 Curi Rekor Kendaraan Jalan Raya Tercepat di Goodwood

16/07/2018

Event - Promosi

Diam-diam, hypercar listrik Nio EP9 telah membukukan waktu tercepat untuk kendaraan jalan raya di pendakian bukit Goodwood Festival of Speed.

Lihat juga

Mobil Balap Robot Robocar Melaju Di Goodwood Festival of Speed

15/07/2018

Event - Promosi

Robocar dari Roborace menjadi mobil balap tanpa pengemudi pertama yang berhasil menyelesaikan lintasan perbukitan yang terkenal di Goodwood Festival of Speed 2018.

Lihat juga
 
back to top