5 Nama Mobil yang (Sepertinya) Diambil dari Benda-Benda Luar Angkasa, Tapi Tidak Memberikan Kesan Menarik

24/02/2018

Pasar mobil
5 Nama Mobil yang (Sepertinya) Diambil dari Benda-Benda Luar Angkasa, Tapi Tidak Memberikan Kesan Menarik
Setelah nama hewan, mobil biasanya mandapatkan namanya dari benda-benda langit atau kejadian yang paling umum. Seperti contohnya Mitsubishi Eclipse Cross terbaru. Namun, ada banyak nama mobil yang paling mengerikan yang diambil dari nama benda-benda angkasa.

Sama seperti manusia, mobil memiliki nama untuk mempermudah mengidentifikasi mereka. Produsen mobil sudah berupaya untuk memberikan nama yang terkenal gagah dan keren untuk mobil. Beberapa mobil dibawah memiliki nama mobil yang paling mengerikan ketika diambil dari nama benda-benda di angkasa.

1. Ford Telstar

Mobil Ford ukuran menengah ini telah diterima sebagai nama yang cukup menjanjikan dan memberikan kesan yang menarik dengan kesan ruang angkasanya. Tapi, bisa dibilang mobil yang keluar pada tahun 1980an dan 90an ini sepertinya tidak memiliki nama yang bagus.

Gambar yang menunjukan mobil Ford Telstar berwarna silver yang berada pada sisi jalan

Nama yang terkesan membosankan untuk Ford Telstar

Ford Telstar dinamai berdasarkan serangkaian satelit yang dimiliki oleh perusahaan telekomunikasi Amerika AT&T yang diluncurkan pertama kali oleh NASA pada tahun 1962. Sementara nama Telstar sudah tidak dipakai lagi untuk nama mobil, satelit Telstar masih berada di luar angkasa sana dengan satelit Telstar 18 dan 19 akan diluncurkan tahun ini.

2. Holden Astra

Mobil Astra terbaru merupakan sebuah mobil kecil yang cukup bagus. Mobil ini menawarkan penanganan yang lebih menyenangan dengan mesin yang hebat dan desain yang menarik. Tapi, yang digunakan sepertinya kurang memberikan kesan menarik kepada mobil ini.

Gambar yang menunjukan Holden Astra yang sedang berada pada jalan

Astra berarti bintang. Itu saja.

Nama Astra sebenarnya sudah seringkali digunakan oleh produsen General Motors untuk mobil kecil. Di Australia, Holden juga menggunakannya pada versi Nissan Pulsar. Dan mobil yang disebut dengan Cruze di tempat lain juga disebut dengan sedan Astra. Meskipun Astra berarti ‘bintang’ dalam bahasa Latin, terlalu banyak mobil bernama sama akan membingungkan, bukan?

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

3. Mitsubishi Starion

Mobil ini memiliki nama yang sebenarnya tidak terlalu mengerikan, namun bisa diblang terlalu membingungkan. Cerita yang paling populer tentang nama mobil ini adalah mobil ini seharusnya disebut Stallion, namun para insinyur Jepang tidak bisa mengucapkannya dengan benar, jadilah mobil ini dikenal dengan nama “Starion”.

Gambar yang menunjukan mobil Mitsubishi Starion berwarna putih

Bisa jadi Starion diambil dari Silvester Stallion?

Namun, Mitsubishi selaku pemilik mobil ini menyebutkan bahwa namanya adalah kontraksi dari “Star of Orion” sementara logo kuda mengacu pada kuda mitos Arion pada mitologi Yunani. Pengertian ini lebih masuk akal dibandingkan orang-orang di perusahaan global yang tidak bisa mengucapkan sepatah kata dengan benar.

4. Mitsbishi Eclipse

Nama ini sama sekali tidak mengerikan, bahkan memberika sentuhan M. Night Shyamalan dengan arti “bulan yang menghalangi matahari”. Tapi, siapa sangka jika arti nama mobil ini sebenarnya dinamai merujuk dengan nama binatang?

Gambar yang menunjukan Mitsubishi Eclipse berwarna kuning yang sedang mejeng di daerah pegunungan

Dianggap sebagai “gerhana”, mobil ini ternyata “kuda”

Eclipse adalah kuda pacu di Inggris yang terkenal dari abad ke 18 yang memenangi semua perlombaaan yang diikutinya. Dengan 18 kali bertanding, kuda ini membukukan 18 kemenangan. Tentu saja, Mitsubishi memiliki barang untuk kuda dan mendapatkan nama yang identik dengan kuda, yang mungkin saja lahir ketika gerhana, menjadi tidak terlalu mengerikan, sepertinya.

>>> Baca juga 5 fakta yang perlu Anda ketahui tentang Mitsubishi Eclipse Cross

5. Nissan Tiida

Mobil kusam dengan nama aneh, tapi sebenarnya tidak terlalu aneh jika Anda memperhatikan. “Tiida’ sebenarnya merupakan sebuah kata Okinawa yang berarti “matahari”. Nama ini sepertinya berhubungan dengan saudara Tiida, Nissan Sunny dan mobil dengan nama yang cukup menarik, Pulsar.

Bahasanya dipakai oleh orang-orang tua di Okinawa

Tetapi, bahasa Okinawa hanya diucapkan oleh oang-orang tua di bagian selatan Pulau Okinawa, Jepang. Bahasa ini dianggap sebagai “bahasa yang terancam punah” oleh UNESCO. Jadi, mobil ini memiliki kata yang lucu dengan bahasa yang suram tapi dengan arti yang membosankan.

Dari sekian banyak mobil dengan nama yang berbeda-beda, apakah kalian bisa menemukan nama mobil yang paling mengerikan yang diambil dari nama benda-benda angkasa lainnya?

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

 
back to top