5 Gerbang Tol Kota Bandung Berlakukan Ganjil Genap Tiap Akhir Pekan

02/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sistem ganjil genap bakal diberlakukan di 5 gerbang tol yang menjadi akses menuju Koba Bandung Jawa Barat setiap akhir pekan, dari hari Jum’at hingga Minggu.

Ganjil genap Kota Bandung diperluas. Mulai 3 September 2021 bakal diberlakukan di 5 gerbang tol yang menjadi akses utama menuju kota setiap akhir pekan.

“Mulai hari Jumat tanggal 3 September 2021 kebijakan ganjil-genap juga akan diberlakukan di 5 gerbang tol yang ada di Kota Bandung. Kebijakan ini akan berlaku setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu,” unggah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Kota Bandung di akun Facebook resminya, @ppidutamakotabandung, (1/9/2021).

Foto menunjukkan Gerbang Tol Pasteur Kota Bandung

Mulai 3 September 2021 Pemkot Bandung batasi akses masuk kota via jalan tol

Waktu dan Lokasi

5 gerbang tol (GT) yang dimaksud yaitu GT Pasteur, GT Pasir Koja, GT Kopo, GT Moh. Toha, dan GT Buah Batu. Kelimanya berada di jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi), kecuali GT Pasir Koja yang berada di GT Soreang-Pasir Koja.

Waktu pembatasan untuk hari Jumat dimulai dari sore hari pukul 16.00 WIB hingga malam pukul 21.00 WIB. Untuk hari Sabtu mulai pukul 10.00 WIB pagi hingga pukul 21.00 WIB malam. Sedangkan hari Minggu dimulai jam 10.00 WIB pagi hingga pukul 20.00 WIB malam.

>>> Mobilitas Warga DKI Diklaim Turun Selama Ganjil Genap

Pengecualian

Ganjil genap ini berlaku bagi seluruh kendaraan pribadi roda empat. Ketentuannya kendaraan berplat nomor ganjil hanya boleh melintas di tanggal ganjil, dan kendaraan berplat nomor genap (termasuk 0) melintas di tanggal genap.

Beberapa jenis kendaraan dikecualikan dari aturan diatas, seperti Kendaraan dinas TNI Polri, Kendaraan diplomatik, Kendaraan bermotor plat merah (kendaraan dinas pemerintah), Kendaraan angkutan umum termasuk taksi online, Kendaraan darurat Covid-19 (ambulans dan yang lain), Kendaraan logistik, Kendaraan pemadam kebakaran, serta kendaraan operasional Jasa Marga.

Foto menunjukkan Ganjil Genap Kota Bandung

Kota Bandung ikut menerapkan sistem ganjil genap seperti Jakarta

Sebelumnya, Pemkot Bandung menerapkan pembatasan ganjil genap dalam rangka menekan mobilitas pengguna kendaraan bermotor untuk mencegah penyebaran Covid-19. Tahap pertama diberlakukan di 2 ruas jalan Kota Bandung, yaitu Jalan Asia Afrika dan Jalan Ir. H. Djuanda (Dago) pada 14-16 Agustus 2021.

Tahap berikutnya diberlakukan  selama empat hari mulai Jum’at, (20/8/2021) hingga Senin (23/8/2021) pada ruas jalan yang sama.

Untuk Jalan Asia Afrika berlaku di lalu lintas 1 arah, dimulai dari Traffic Light Simpang Jalan Tamblong - Jalan Asia Afrika hingga Jalan Asia Afrika - Jalan Otto Iskandardinata.

Sedangkan di Jalan Dago berlaku di lalu lintas 2 arah, dimulai dari Traffic Light Simpang jalan Cikapayang (Dago) hingga simpang Jalan Ir. H. Djuanda - Jalan Dipati Ukur.

Waktunya pagi dan sore hari. Sesi pagi berlangsung pukul 08.00-10.00 WIB dan sesi sore pada pukul 16.00-18.00 WIB.

>>> 2 Ruas Jalan Kota Bandung Berlaku Ganjil Genap

Foto menunjukkan Ganjil Genap Kota Bandung via Jalan Tol

Akses menuju Kota Bandung untuk sementara dibatasi

>>> Tinggal di Kota Bandung, Temukan mobil impianmu di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top