5 Fakta Mobil Kepresidenan Amerika 'The Beast' yang Aman Nan Canggih

21/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Mobil kepresidenan Amerika The Beast sudah tak diragukan lagi kecanggihan dan keamanannya. Simak 5 fakta soal mobil kepresidenan yang bakal digunakan Joe Biden.

Sebagai Presiden AS terpilih, Joe Biden kini akan ditemani mobil kepresidenan yang dijuluki 'The Beast' saat tengah bertugas. Nantinya, The Beast tak hanya menemani Joe Biden bertugas di AS, saat keluar negeri limusin bongsor ini akan ikut dboyong. 

The Beast memang cukup menarik perhatian. Sebagai mobil kepresidenan, The Beast diklaim aman dan memiliki fitur canggih untuk melindungi penumpang di dalamnya. Tak cuma itu, ada juga fakta menarik lain di balik mobil kepresidenan Amerika The Beast ini. Simak penjelasannya berikut. 

Pilpres AS

Joe Biden baru saja dilantik usai terpilih menjadi Presiden AS pada tahun 2020

>>> Lincoln John F Kennedy Ini Terjual dengan Harga Fantastis

1. Garapan General Motors

Tampilan The Beast mirip dengan Cadillac One. The Beast mengusung mesin dan sasis dari truk buatan GM tersebut. Komponen lampu depan dan juga belakang serta grille depan bentuknya amat mirip dengan Cadillac One. Namun kalau bicara fitur hingga mesinnya amatlah berbeda. 

2. Diangkut dengan Pesawat Khusus

Sebagai mobil kepresidenan, The Beast juga mendapat perlakuan khusus. Apalagi kalau mobil bakal dibawa menemani saat presiden AS melakukan kunjungan ke berbagai negara. Melansir Financial Express, Kamis (21/1/2021)) Secret Service menggunakan pesawat C-17 Globemaster untuk mengangkut The Beast, limusin lain, hingga Chevrolet Suburban yang sudah dibekali antipeluru sebagai mobil pengiring. 

Chevrolet Suburban yang berada dalam iring-iringan tersebut juga tak sembarangan. Mobil ini disebut juga kendaraan komunikasi atau kerap disebut Roadrunner yang sudah tersambung langsung ke gedung putih lewat satelit militer.

Limusin Baru Cadillac Beast Kepresidenan Amerika Mulai Dipakai Donald Trump

The Beast setia menemani presiden Amerika kemanapun pergi

>>> Janji Joe Biden Kurangi Emisi dan Gencar Hadirkan Mobil Listrik

3. Dilengkapi Lapisan Antipeluru 

Bukan rahasia lagi kalau mobil kepresidenan dibekali lapisan antipeluru. Tak terkecuali The Beast. Mobil kepresidenan Amerika ini disebut memiliki pelat berukuran 8 inchi antipeluru serta jendela antipeluru setebal 5 inchi. Dari sisi ban, mobil kepresidenan Amerika ini menggunakan run-flat tire keluaran Keclar. Kabinnya sangat kedap dan membuat penumpang di dalam bisa terlindung dari gas air mata hingga bom sekalipun. 

>>> Alasan Psikologis Dibalik Ketakutan Donald Trump terhadap Kendaraan Swakemudi

4. Usung Banyak Komponen

Kalau melihat mobil yang memiliki kulkas rasanya sudah biasa. Tapi The Beast punya sesuatu yang lebih dari itu. Di dalam The Beast terdapat alat pemadam api, tabung oksigen, tempat penyimpanan kantong darah yang sesuai dengan golongan darah sang presiden, tabung gas air mata, senapan, hingga granat. 

Gambar yang menunjukan mobil kepresidenan Amerika Cadillac Beast dengan helikopter

Tak bisa disetir sembarang orang

5. Tak Bisa Disopiri Sembarangan

Tak sembarang orang bisa menyetir The Beast. Mereka yang menyetir The Beast merupakan anggota dari Secret Service. The Beast bukanlah mobil biasa. Maka dari itu mereka yang akan menyetir The Beast sebelumnya mendapat pelatihan khusus agar bisa bermanuver dengan baik. 

>>> Keliling Naik Mobil Kepresidenan saat Positif Corona, Donald Trump Dikritik

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. 
Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 
Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
  • Geneva International Motor Show 2017
  • Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top