44 Proyek Strategis Digarap Waskita Karya, Terbanyak Jalan Tol

30/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
44 Proyek Strategis Digarap Waskita Karya, Terbanyak Jalan Tol
Sepanjang 2014-2019 ada 44 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang digarap PT Waskita Karya (Persero) Tbk. dengan porsi terbanyak adalah pembangunan jalan tol.

Proyek Strategis Nasional (PSN) menjadi salah satu fokus pemerintah di bidang pembangunan. PT Waskita Karya (Persero) Tbk menjadi salah satu yang terlibat dalam penyelesaian proyek itu. Laporan terbaru menyebut anggota BUMN Karya itu terlibat dan sedang menggarap sebanyak 44 proyek yang tersebar di berbagai wilayah tanah air.

"Sebagian besar PSN yang digarap Waskita Karya saat ini berada di Pulau Jawa dengan total 26 proyek, kemudian di Sumatra sebanyak 13 proyek, Kalimantan dan Sulawesi 3 proyek, serta Nusa Tenggara sebanyak 2 proyek," tutur Direktur Utama Waskita Karya (WSKT) Destiawan Soewardjono dalam webinar Sovereign Wealth Fund, Sarana Pembangunan Ekonomi Indonesia yang diselenggarakan Prodeep Institute di Jakarta, Senin (28/12/2020).

Terbanyak Proyek Jalan Tol

Foto menunjukkan Jalan Tol jakarta-Cikampek existing dan elevated

Jalan tol, salah satu proyek strategis paling banyak digarap BUMN Karya

>>> Mengenal Golongan Kendaraan di Jalan Tol

Jumlah proyek di atas tidak hanya satu sektor, melainkan beberapa sektor yaitu konektivitas, kelistrikan, sumber daya air, dan proyek gedung. Sektor konektivitas paling banyak dikerjakan dan jalan tol menempati urutan pertama. Waskita Karya mengerjakannya dari wilayah Sumatra, Jawa, hingga Nusa Tenggara. Banyak yang sudah selesai dan beroperasi, namun juga banyak yang masih tahap konstruksi dan tahap rencana.

  • Selesai dikerjakan dan beroperasi penuh

Yang selesai dibangun diantaranya jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung. Ketiganya berada di Sumatra. Kemudian Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), Tol Kanci-Pejagan, Tol Pejagan-Pemalang, Tol Pemalang-Batang, Tol Batang-Semarang, Tol Solo-Ngawi, Tol Ngawi-Kertosono dan Tol Salatiga-Kartasura di Jawa. Serta Tol Samarinda-Balikpapan di Kalimantan Timur dan Tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara.

  • Sedang dikerjakan

Untuk jalan tol yang tengah dikerjakan, yaitu jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, Tol Kayu Agung-Palembang-Bitung, dan Tol Prabumulih-Muara Enim. Ketiganya ada di Sumatra, Kemudian jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, Tol Cimanggis-Cibitung, Tol Cibitung-Cilincing, Tol Depok-Antasari, Tol Cinere-Serpong, Tol Ciawi-Sukabumi, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan, Tol Pasuruan-Probolinggo, dan Tol Krian-Legundi-Bunder di Jawa.

Total ada 23 jalan tol yang digarap Waskita Karya dengan jarak keseluruhan mencapai kurang lebih 1.300 Km. Adapun investasi yang dibutuhkan mencapai kurang lebih Rp 180 triliun terbagi dengan skema investasi dan skema turnkey.

>>> Daftar Rest Area dan Pos Check Point Jalan Tol Trans Sumatra

Foto menunjukkan proses pembangunan jalan tol

Masih panjang jalan Tol Trans Sumatra yang belum selesai

>>> Baca berita menarik lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Daftar Rest Area dan Pos Check Point Jalan Tol Trans Sumatra

23/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Sejumlah rest area dan post check point jalan Tol Trans Sumatra telah siap dan bisa digunakan melayani pengendara yang berlibur di Natal dan Tahun Baru 2021.

Lihat juga

Penanaman 79.000 Pohon di Jalan Tol Bisa Bantu Tingkatkan Keselamatan

16/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Guna meningkatkan keselamatan lingkungan dan pengendara, sebanyak 40 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) melakukan penghijauan dengan menanam 79000 pohon di jalan tol.

Lihat juga

Selain Rambu-rambu, Waspadai 5 Hal Berikut Saat Mengemudi di Jalan Tol

15/07/2020

Pengemudian

4 menit

Selain mematuhi rambu-rambu lalu lintas, ada hal lain yang wajib diwaspadai saat mengemudi di jalan tol. Salah satunya manuver pindah jalur yang dilakukan kendaraan lain.

Lihat juga

Tol Semarang-Solo dan Jagorawi Dinobatkan Sebagai Jalan Tol Terbaik

07/12/2020

Event - Promosi

3 menit

Dua jalan tol milik Jasa Marga, Tol Semarang-Solo dan Jagorawi meraih penghargaan tertinggi dari Kementerian PUPR sebagai jalan tol terbaik di Indonesia

Lihat juga

Pentingnya Rambu-Rambu Batas Kecepatan untuk Mengurangi Kecelakaan di Jalan Tol

10/02/2019

Pengemudian

7 menit

Sebenarnya, untuk apa menggunakan rambu-rambu batas kecepatan pada jalan tol yang biasanya lancar? Tentu saja untuk menghindari pengemudi melaju ugal-ugalan. Bahkan, kendaraan yang melambat akan membuat resiko kecelakaan menjadi berkurang.

Lihat juga
 
back to top