4 Logo Mobil Mewah Asal Jerman Ini Ternyata Punya Arti Unik

14/10/2020

Pasar mobil

8 menit

Share this post:
4 Logo Mobil Mewah Asal Jerman Ini Ternyata Punya Arti Unik
Ada banyak arti dan sejarah unit dibalik muncul dan digunakannya logo mobil mewah dari beberapa perusahaan otomotif asal Jerman yang kita kenal saat ini. Bahkan mungkin Anda juga belum pernah mengetahuinya.

Mobil merupakan alat transportasi darat yang sudah diciptakan sejak ratusan tahun lalu. Alat ini menjadi kendaraan ketika seseorang hendak berpergian dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Tentunya evolusi kendaraan roda empat ini terus terjadi dari masa ke masa.

Kalau mungkin dahulu mobil diciptakan dengan teknologi yang amat sederhana, maka sekarang beragam penemuan sudah berhasil menciptakan sebuah mobil yang lebih "pintar". Bahkan, kini mobil telah bisa digerakkan tanpa menggunakan bahan bakar fosil. Cukup menyambungkan aliran listik di rumah untuk mengisi daya baterai selama beberapa jam saja, maka mobil sudah bisa langsung dipakai kembali untuk menempuh perjalanan sejauh ratusan kilometer.

Pabrikan mobil dari seluruh dunia pun bermunculan. Kalau mungkin dulu produsen mobil hanya ada General Motors (GM), Ford, atau Daimler, maka sekarang muncul perusahaan-perusahaan baru seperti Tesla hingga Wuling Motors. Tentunya semua perusahaan ini membawa nama dan logo tersendiri yang mempunyai filosofis masing-masing.

Lalu apa saja logo mobil mewah yang kini ada di dunia? Nah pada pembahasan kali ini, Cintamobil.com akan mengulas apa makna dibalik beberapa logo mobil mewah asal Eropa, khususnya dari negeri Jerman.

>>> Mengintip Penjualan Mobil Mewah di Indonesia di Tengah Pandemi Corona

Mengenal Bentuk Logo Merk Mobil Mewah dan Artinya

Seperti yang sudah disinggung di awal tulisan ini, tentunya setiap perusahaan memiliki gambar atau logo perusahaannya. Logo-logo ini merupakan cerminan dari filosofi atau mungkin harapan dari didirikannya perusahaan tersebut. Begitu pun tentang logo mobil mewah di dunia. Logo-logo mobil mewah ini tentunya punya makna yang berbeda-beda. Melalui logo ini pula menjadi identitas dari merk otomotif tersebut.

Bahkan yang unik, ternyata ada makna dibalik logo mobil-mobil mewah ini yang mungkin tidak perna Anda ketahui sebelumnya. Wah, penasaran ya! Yuk ketahui setidaknya empat makna logo mobil mewah dari produsen otomotif Jerman berikut ini:

1. Logo Mobil Audi

Sejarah Logo Mobil Audi

Logo Audi cerminan empat perusahaan yang bersatu

Audi merupakan produsen mobil yang bermarkas di Ingolstadt, Jerman. Perusahaan ini didirikan pada 16 Juli 1909 oleh August Horch. Ternyata nama Audi dipilih berdasarkan nama belakang dari sang pendiri perusahaan, yaitu Horch. Kata ini dalam bahasa Latin ternyata bermakna juga "Audi".

Kemudian ada hal unik lain terkait logo empat cincin yang saling terkait sebagai logo mobil mahal asal Jerman tersebut. Karena ternyata dalam perjalannanya Horch harus meninggalkan perusahaan yang telah ia dirikan tersebut untuk membuat perusahaan baru. Kemudian pada 1928 perusahaan yang ditinggalkan Horch itu dibeli oleh Jorgen Rasmussen, pemilik Dampf-Kraft-Wagen (DKW).

Namun ternyata pada 1932, Audi, DKW dan Wanderer kembali bergabung dengan Horch untuk membentuk Audo Union AG, Chemnitz. Pada masa inilah kemudian Audi menjadi mobil Eropa pertama bermesin 6 silinder berpenggerak roda depan. Dan tepat sebelum Perang Dunia II, Audi mulai menggunakan logo empat cincin yang saling terkait sebagai logo perusahaan tersebut. Keempat logo ini mencerminkan saling terkaitnya keempat perusahaan yang saling merger tersebut.

>>> Begini Sejarah dan Harga Toyota Dyna Dump Truck Bekas di Indonesia

2. Logo Mobil BMW

Sejarah Logo Mobil BMW

Sejak dulu kombinasi warna pada logo BMW hampir tak pernah berubah

Siapa disini yang fanatik dengan BMW? Nah, jangan cuma suka dengan mobil-mobil BMW atau senang ngebut bareng mobil BMW ya. Karena Anda juga perlu tau bagaimana arti logo mobil mewah yang satu ini.

BMW meruapkan singkatan dari Bayerische Motoren Werke, atau dalam Bahasa Inggris, Bavarian Motor Works. Perusahaan ini didirikan oleh Franz Josef Popp pada tahun 1916. Siapa sangka kalau perusahaan ini dulunya adalah pembuat mesin pesawat terbang Rapp Motorenwerke pada tahun 1917. Namun ketika Perang Dunia I tahun 1918 perusahaan ini dipaksa berhenti memproduksi pesawat. Akhirnya BMW memutuskan memproduksi sepeda motor yang mulai dipasarkan tahun 1923.

Karena sebelumnya memproduksi pesawat terbang yang menggunakan baling-baling pada bagain depannya, maka logo BMW terinspirasi dari bentuk baling-baling saat berputar kencang. Kemudian logo ini ditambahkan warna biru dan warna putih yang saling bersebrangan.

3. Logo Mobil Mercedes-Benz

Sejarah Logo Mercedes-Benz

Siapa sangka logo ini terinpirasi dari kartu pos

Produsen mobil ini didirikan oleh Karl Benz dan Gottlieb Daimler pada 28 Juni 1926. Namuan sebenarnya mobil Mercedes-Benz sudah muncul pertama kali pada Januari 1886. Saat itu Karl Benz berhasil menciptakan mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia yang dibantu oleh Gottlieb Daimler, serta seorang teknisi bernama Wilhelm Maybach.

Awalnya mobil-mobil Mercedes-Benz dibuat di Untertürkheim, sebuah kota yang berada di distrik Stuttgart, Jerman. Sebagai salah satu produsen mobil tertua di dunia, kini Mercedes-Bens terkenal sebagai pembuat mobil mewah dengan logo perusahaan berbentuk bintang dalam lingkaran. Tentunya pemilihan logo merk mobil mewah ini bukan tanpa alasan atau dibuat sembarang.

Sebuah catatan mengemukakan, adalah Gottlieb Daimler yang terinspirasi pembuatan logo mobil mewah ini atas gambar kartu pos yang ia kirimkan kepada istrinya. Pada kartu pos ini Daimler menggambar bintang dalam tiga sudut yang sebenarnya adalah petunjuk alamat rumahnya. Namun ia juga berpendapat, gambar itu merupakan cahaya bintang yang akan menyinari perusahaan miliknya.

>>> Review Mercedes-Maybach S 560 2018: Tunggangan Para Elite!

4. Logo Mobil Volkswagen

Sejarah Logo Mobil VW

Perubahan desain logo VW dari masa ke masa

Sedikit kilas balik mengenai sejarah Volkswagen (VW), perusahaan ini ternyata bukan diciptakan oleh satu atau dua orang saja. Namun VW didirikan oleh Serikat Buruh Jerman (Deutsche Arbeitsfront) pada tahun 1937, yang dipimpin oleh Martin Winterkom.

Dalam bahasa Jerman "Volkswagen" berarti "mobil rakyat", ini lantaran mobil VW saat itu diproduksi atas instruksi pemerintahan Nazi agar bisa dimiliki rakyat Jerman. Karena pada tahun 1930-an, cukup banyak mobil-mobil dari produsen otomotif Jerman yang lahir, tetapi semuanya adalah mobil mewah, sehingga rakyat hanya mampu membeli sepeda motor.

Dibawah pimpinan Adolf Hitler, pemerintah Jerman mengeluarkan instruksi jika VW harus membuat mobil rakyat berkapasitas 2 orang dewasa dan 3 anak-anak dengan kecepatan sampai 100 km/jam dan harganya setara harga motor saat itu. Untuk project ini VW menggandeng teknisi bernama Ferdinand Porsche yang juga berhasil mendesain mobil Mercedes 170H.

Awalnya logo Volkswagen berupa insial Volks dan Wagen yang disusun dalam lingkaran dan tertanam di roda gigi. Kemudian logo mobil ini berubah dengan huruf V dan huruf W diperbesar, tapi tetap mempertahankan roda giginya. Logo VW yang Anda kenal saat ini mulai dipakai pada tahun 1945 dengan cara huruf V dan W berada dalam sebuah lingkaran.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar mobil

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Punya Nama Besar, Yuk Simak Sejarah Toyota Gazoo Racing

22/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Siapa tak kenal dengan Gazoo Racing? Kini hampir semua car enthusiast mengetahui apa itu Toyota Gazoo Racing, tapi apakah Anda tahu sejarah Toyota Gazoo Racing?

Lihat juga

Sejarah MG Di Dunia Balap

19/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Berikut ini kami akan beberkan beberapa cerita menarik mengenai sejarah mobil MG, kami akan fokus kepada sejarah MG Motors di dunia balap, simak ulasannya

Lihat juga

Sejarah Mobil Listrik Nasional: 4 Model Prototipe Karya Anak Bangsa

21/08/2020

Pasar mobil

2 menit

Selain mobil bermesin konvensional, tangan-tangan terampil dalam negeri turut mengembangkan 5 prototipe yang menjadi bagian dari sejarah mobil listrik nasional.

Lihat juga

Sejarah BMW M: Satu Huruf Mendefinisikan Kekuatan

19/07/2020

Pasar mobil

10 menit

Para loyalis BMW mengamini satu hal, M adalah huruf terkuat di dunia. Yap, hal ini ada kaitannya dengan BMW M, divisi khusus yang dibentuk hampir 50 tahun lalu. Bagaimana sepak terjangnya? Simak kisahnya di Cintamobil.com.

Lihat juga

Yuk Simak Sejarah Singkat Nissan GT-R

17/07/2020

Event - Promosi

3 menit

Sejarah Singkat Nissan GT-R, Nissan dengan gagah berani melakukan apa yang tidak dilakukan pabrikan lain, maka simaklah sejarah Nissan GT-R berikut ini...

Lihat juga