Tol Manado Bitung Baru Dilintasi 3.000 Mobil Per Hari

26/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Trafik jalan Tol Manado-Bitung baru mencapai 22 persen dari yang direncanakan, dengan jumlah mobil melintas rata-rata sebanyak 3.000 unit mobil setiap hari.

Sudah hampir 4 bulan sejak resmi berbayar pada 30 Oktober 2020, jalan Tol Manado-Bitung ruas Danowudu-Bitung belum mencapai volume yang ditargetkan.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, dalam setiap hari rata-rata mobil yang melintas rata-rata sebanyak 3.080 unit. Artinya angka tersebut baru mencapai 22 persen dari yang ditargetkan PT Jasamarga Manado-Bitung (JMB) sebanyak 14.000 unit per hari.

2 faktor berpengaruh

Ada 2 faktor yang diyakini sangat berpengaruh terhadap hasil yang dicapai tersebut. Pertama karena pandemi Covid-19 dan Kedua proyek yang belum tuntas.

"[Belum tercapainya volume lalu lintas tersebut] diprediksi terjadi sebagai dampak pandemi Covid-19 dan belum tersambungnya jalan tol ini hingga Bitung," tutur Danang kepada media, Rabu (24/2/2021).

Pandemi berpengaruh pada kegiatan ekonomi masyarakat, dimana mereka memilih lebih banyak di rumah saja. Mobilitas ke luar kota hanya dilakukan untuk hal-hal yang bersifat sangat penting. Diyakini hal ini bakal membaik seiring situasi yang kondusif dan kondisi ekonomi mulai pulih.

Foto Gerbang Tol Manado senja hari

Volume lalu lintas Tol Manado-Bitung belum mencapai target

Sementara itu untuk proyek yang belum selesai, saat ini pekerjaan tetap berlanjut. Pasca libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, PT JMB sudah memulainya lagi untuk segmen 2B dari KM 26,5 (Manado-Airmadidi-SS Danowudu) sampai KM 39+900. Ditargetkan pada Juli 2021 mendatang pekerjaan konstruksi segmen 2B ini selesai dan segera dioperasikan secara penuh.

"BPJT optimistis setelah beroperasinya ruas Danowudu-Bitung, VLL [Volume Lalu Lintas] kendaraan yang melintas di Jalan Tol Manado-Bitung akan semakin meningkat," katanya.

>>> Pemerintah Targetkan Seksi 2B Tol Manado-Bitung Rampung Juni 2021

Progres lebih dari 74%

Ruas Danowudu-Bitung memiliki panjang 14 Km. Dikutip dari laman BPJT, progres konstruksi yang telah dicapai untuk ruas itu hingga awal Februari 2021 adalah 74,48%.

Jalan Tol Manado-Bitung menjadi tol pertama di Sulawesi Utara. Panjangnya mencapai 40 Km (39+ Km) membentang dari Kota Manado hingga Kota Bitung. Proses pembangunannya terbagi menjadi dua seksi, Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang (14 Km) oleh Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 Km) oleh PT JMB.

Tol ini dilengkapi 5 Simpang Susun (SS) untuk memudahkan akses warga, yaitu SS Manado, SS Airmadidi, SS Kauditan, SS Danowudu, dan SS Bitung. Kemudian untuk pembayaran jalan tol dilengkapi 5 Gerbang Tol (GT) yaitu GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung.

>>> Tinggal di Manado, temukan mobil impianmu disini!

Foto Tarif Tol Manado-Bitung

Uji coba gratis selesai, Tarif resmi berlaku

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top