30 Hari Operasi Ketupat, Polisi Amankan 605 Travel Gelap

26/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
30 Hari Operasi Ketupat, Polisi Amankan 605 Travel Gelap
Kepolisian berhasil mengandangkan 605 travel gelap selama 30 hari pelaksanaan Operasi Ketupat 2020 atau bersamaan dengan Larangan Mudik Lebaran 2020.

Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) memperpanjang Operasi Ketupat 2020 atau Operasi Ketupat COVID-19 menjadi 37 hari dari rencana semula hanya 16 hari. Seiring hal tersebut penyekatan dan pemeriksaan kendaraan turut diperpanjang mengantisipasi kendaraan yang keluar masuk zona merah atau wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Seperti apa hasilnya?

74 ribu kendaraan gagal mudik

Melansir NTMC Polri, (25/5/2020) Korlantas berhasil menggagalkan sekitar 74 ribu kendaraan yang berusaha melintas Jabodetabek untuk mudik lebaran. Modusnya beragam mulai yang terang-terangan hingga mengelabui petugas, seperti menumpang truk hingga sembunyi di dalam bagasi. Mereka dipaksa putar balik ke daerah asal dan tidak boleh melanjutkan perjalanan.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari seluruh pemudik gelap yang mengarah ke arah timur (Jawa Tengah dan yang lain) dan ke arah barat (Banten dan Sumatra)

>>> 37 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta di Hari H Lebaran 2020

Foto menunjukkan pemeriksaan Kendaraan di jalan tol

Pemeriksaan diperketat untuk mencegah pemudik gelap

605 travel gelap dikandangkan

Diantara 74 ribu kendaraan yang terkena razia terdapat 605 travel gelap. Mereka adalah kendaraan penumpang yang tidak memiliki izin travel dan ketahuan menyelundupkan pemudik untuk diantar ke kampung halaman masing-masing. Polisi tidak sekadar memberi teguran, tapi menindak mereka dengan surat tilang serta menahan kendaraan untuk proses lebih lanjut.

“Ada 605 yang kami kandangkan,” tutur Kepala Korlantas, Inspektur Jenderal Polisi Istiono dalam pernyataannya.

Seperti diketahui Operasi Ketupat 2020 diberlakukan sejak 24 April 2020 bersamaan dengan dimulainya larangan mudik Lebaran 2020 untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19) khususnya bagi para perantau yang berada di wilayah ibu kota dan umum di wilayah PSBB seluruh Indonesia.

>>> Mudik Dilarang, Jalin Silaturahmi Dengan 4 Cara ini!

Foto menunjukkan ratusan kendaraan terparkir

Ratusan travel gelap diamankan polisi

Di Jabodetabek larangan mudik dipertegas dan diperketat mengingat wilayah Jakarta dan sekitarnya tersebut menjadi episentrum COVID-19. Penyekatan bakal terus diberlakukan hingga H+7 Lebaran mengantisipasi pemudik yang memilih keluar kota setelah hari H 24 Mei 2020. Ada 18 pos penyekatan yang disebar Korlantas Polda Metro Jaya di sejumlah titik perbatasan untuk mendukung penyekatan tersebut.

Sedangkan untuk warga yang tidak keluar dari wilayah Jabodetabek masih diperbolehkan saling berkunjung satu sama lain atau mudik lokal dengan syarat tetap mengikuti protokol kesehatan sebagaimana aturan berkendara selama PSBB.

>>> Berita aktual lainnya terkait otomotif ada disini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Auto2000 Tawarkan Program KETUPAT, Tiga Kemudahan Pembelian Mobil Baru Toyota

24/05/2020

Event - Promosi

3 menit

Auto2000 berikan kemudahan dan keringanan pembelian mobil baru Toyota untuk para pelanggannya melalui Program KETUPAT atau Kejutan Toyota Untung Berlipat.

Lihat juga

Polri Perpanjang Operasi Ketupat 2020 Menjadi 37 Hari

22/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengumumkan perpanjangan Operasi Ketupat 2020 dari rencana semula hanya 16 hari menjadi 37 hari, berlaku di seluruh Jawa

Lihat juga

Operasi Ketupat 2020 Berhasil Tekan Laju Kendaraan Pemudik

18/05/2020

Event - Promosi

3 menit

Operasi Ketupat 2020 berhasil memutar balikan kendaraan dari Jakarta yang tetap nekat melakukan mudik. Tercatat ribuan kendaraan berhasil diputarbalikan.

Lihat juga
 
back to top