3 Minggu Dibuka Gratis, 170 Ribu Kendaraan Lewat Tol Manado-Bitung

22/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
3 Minggu Dibuka Gratis, 170 Ribu Kendaraan Lewat Tol Manado-Bitung
Jasa Marga mencatat sekitar 170 ribu kendaraan melintas di jalan Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu sejak dioperasikan secara gratis selama 3 minggu.

Tiga minggu telah berlalu sejak jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 20 September 2020. Dan sejak itu jalan tol langsung bisa dimanfaatkan secara gratis oleh masyarakat umum, khususnya pengguna kendaraan roda empat atau lebih.

Pengoperasian gratis ini sebagai bentuk sosialisasi agar masyarakat terbiasa dengan segala aturan dan tata cara berkendara di jalan tol. Terlebih Tol tersebut merupakan tol pertama di Sulawesi Utara.

>>> Diresmikan Jokowi, Satu Ruas Tol Manado-Bitung Beroperasi

170 ribu kendaraan melintas

Dikutip dari laman Jasa Marga, (21/10/2020) PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) selaku pengelola mencatat 170.251 kendaraan melintas di tol tersebut dalam waktu 3 minggu atau 21 hari, terhitung mulai Rabu (30/9/2020) hingga Senin (20/10/2020).

“Perhitungan tersebut merupakan volume kendaraan selama tiga minggu yang keluar melalui empat Gerbang Tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan dan GT Danowudu. Kendaraan golongan I mendominasi total volume kendaraan yang melintas di Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu, yaitu sekitar 68% dari total seluruh kendaraan,” tutur Direktur Utama PT JMB George I.M.P Manurung dalam keteranganya.

Dari jumlah tersebut Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) jalan tol ini adalah 8.107 kendaraan. LHR tertinggi tercatat di hari Sabtu (10/10/2020), yakni sebanyak 10.571 kendaraan.

“LHR Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu ini cenderung masih di bawah target dari PT JMB. Hal ini dimaklumi karena di Sulawesi Utara sendiri program-program pencegahan penularan Covid-19 diantaranya untuk mengurangi bepergian keluar rumah masih digaungkan oleh Pemerintah Daerah,” jelas George.

>>> Pertama Kali Berkendara di Jalan Tol? Lakukan Tiga Hal Ini

Foto menunjukkan Gerbang Tol Manado

DIbuka gratis warga memanfaatkan jalan Tol Manado

Persiapkan uang elektronik

Menurut George, jumlah di atas belum maksimal dan masih bisa lebih banyak. Ada beberapa alasan untuk hal tersebut, diantaranya kendaraan besar yang belum berani masuk tol atau masyarakat enggan membeli kartu uang elektronik perdana meski belum dikenakan tarif.

Soal tarif, hingga saat belum diberlakukan. Namun sudah ditetapkan dan akan diterapkan tidak lama lagi. Dihimbau kepada masyarakat untuk mempersiapkan diri dengan saldo yang mencukupi agar tetap bisa mengakses tol seperti sebelumnya.

“Masyarakat belum terbiasa masuk jalan tol dengan menggunakan kartu. Ditambah lagi nantinya jika telah bertarif, selain memastikan mempunyai uang elektronik, masyarakat harus memastikan kecukupan saldonya untuk dapat mengakses jalan tol.” tutup George.

>>> Tinggal di Manado, temukan mobil favoritmu di sini!

Foto menunjukkan petugas Jasa Marga menunjukkan kartu uang elektronik di Gerbang Tol Manado

Tarif Tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara segera berlaku secara resmi, siapkan uang elektronik

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top