3 Keunggulan Mobil Subaru yang Perlu Diketahui

01/10/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Subaru akan kembali ke pasar mobil Indonesia melalui Agen Pemegang Merek baru, PT Plaza Auto Mega. Simak 3 keunggulan mobil Subaru yang perlu diketahui.

Subaru sebelumnya sudah pernah berkecimpung di pasar mobil Indonesia melalui Agen Pemegang Merek (APM) lama mereka, PT Motor Image Indonesia (MII). Namun, pada tahun 2014 MII terkena masalah sehingga pabrikan berlogo gugus bintang Pleiades ini harus hengkang dari Tanah Air.

Di tahun 2021, Subaru kembali bersama dengan APM baru mereka, PT Plaza Auto Mega. Meski belum meluncurkan dan menjual mobil baru, mereka sudah melayani aftersales bagi pemilik mobil yang masih setia menanti kembalinya merek ikonik asal Jepang ini.

Gambar Plaza Subaru

Meski belum menjual mobil baru, Plaza Subaru sudah melayani servis dan pelayanan aftersales lainnya

Bagi Anda yang belum mengenal Subaru dengan dekat, berikut 3 keunggulan mobil Subaru yang mungkin tak dimiliki oleh pabrikan Jepang lainnya.

>>> Ini Sebabnya Subaru Berani Balik Lagi ke Indonesia

1. Mesin Boxer

Satu hal yang identik dengan Subaru adalah penggunaan mesin boxer yang berbeda dengan mesin-mesin dengan silinder segaris. Mesin boxer merupakan adalah konfigurasi mesin di mana pistonnya bergerak secara horizontal.

Mesin ini menggunakan satu crankshaft, dan silindernya diletakkan di sisi kiri dan kanan membentuk sudut 180 derajat. Bisa disimpulkan bahwa mesin ini posisinya seakan tertidur.

Gambar Konstruksi Mesin Boxer

Konstruksi mesin boxer

Keuntungannya, mesin boxer lebih stabil dan minim getaran, sehingga tingkat efisiensi mesin lebih baik. Karena piston bekerja dengan saling berlawanan arah, kinerja mesin menjadi halus dan memiliki kesetimbangan yang sangat baik. Karena itu, mesin boxer tidak memerlukan counterbalance. Ini tentu menjadi keunggulan mobil Subaru yang bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat Indonesia. 

"Mesin boxer punya center of gravity yang rendah. Sehingga mobil lebih fun to drive karena handlingnya lebih baik dan lebih stabil. Biasanya sekali mencoba langsung jatuh cinta dengan mesin Subaru karena hal itu," ungap Arie Christopher, COO PT Plaza Auto Mega.

2. Symmetrical All-Wheel Drive

Keunggulan mobil Subaru yang tak dimiliki oleh mobil-mobil lainnya adalah sistem penggerak Symmetrical All-Wheel Drive. Sesuai namanya, penggerak AWD ini memiliki konstruksi yang simetris. Ini juga berkaitan dengan penggunaan mesin boxer pada mobil dari merek ikonik asal Jepang ini.

>>> Bocoran 4 Mobil Subaru yang Akan Meluncur di Tanah Air

Gambar Symmetrical All-Wheel Drive

Penggunaan sistem penggerak simetris membuat transfer tenaga semakin merata

Sistem penggerak ini dapat mendistribusikan tenaga dengan merata dan dapat mengurangi atau meningkatkan traksi secara otomatis sesuai dengan kebutuhannya.

Symmetrical All-Wheel Drive juga lebih ringkas dan simpel, yang berdampak pada keandalan sistem dan ground clearance mobil yang lebih baik meski tetap mempertahankan center of gravity yang rendah.

Sama seperti penggunaan mesin boxer, ini berdampak pada handling dan kestabilan yang berujung pada kesenangan berkendara yang maksimal.

3. Subaru Global Platform

Gambar Subaru Global Platform

SGP membuat mobil lebih stabil dan aman

Platform ini pertama kali diperkenalkan pada Impreza yang diluncurkan tahun 2016. Selain menawarkan kekuatan dan rigiditas yang lebih baik, platform SGP juga memiliki center of gravity yang rendah. Ya, lagi-lagi center of gravity kembali disinggung.

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, hal itu berkaitan dengan faktor fun to drive yang menjadi nafas dari mobil-mobil Subaru. Mereka mengklaim bahwa platform ini memiliki nuansa dinamis dengan keuntungan stabilitas di jalur lurus, kontrol lebih baik pada kebisingan dan vibrasi, serta kenyamanan.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top