26 KM Ruas Tol Manado-Bitung Ditargetkan Beroperasi April 2020

04/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
26 KM Ruas Tol Manado-Bitung Ditargetkan Beroperasi April 2020
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan 26 KM Ruas Tol Manado-Bitung bisa beroperasi pada April 2020 dari Manado hingga Danowudu.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) kembali mengupdate informasi perkembangan pembangunan jalan Tol Manado-Bitung (Mabit) Provinsi Sulawesi Utara. Melalui akun Instagram @kemenpupr disebutkan sepanjang 26 km dari total 39,9 km tol tersebut, tepatnya dari Manado hingga Danowudu, akan dapat beroperasi bulan April mendatang.

Foto menunjukkan salah satu Simpang Susun Tol Manado-Bitung

Jalan Tol Manado Bitung diharapkan selesai tahun ini secara keseluruhan

“Saya harap April 2020 ini Tol Mabit sudah bisa beroperasi sepanjang 26 km dari Manado hingga Danowudu,” tutur Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono yang secara langsung meninjau pembangunan Tol Manado - Bitung (Mabit), Minggu (1/3/2020).

Disebutkan pula pembebasan lahan untuk pembangunan Tol Mabit secara keseluruhan telah mencapai 98,56%. Sedangkan untuk kontruksi atau pembangunan fisik mencapai 81%.

Spesifikasi Tol Manado-Bitung

  • Tol Manado-Bitung memiliki panjang 39 km membentang dari Kota Manado di sebelah barat Provinsi Sulawesi Utara hingga Kota Bitung. Pembangunan tol ini dimulai pertengahan 2016 dan dibagi menjadi 2 Seksi, yaitu:
  • Seksi 1 Ring Road Manado-Sukur-Airmadidi sepanjang 14 Km. Dikerjakan oleh Kementerian PUPR pembangunan Seksi 1A (7 km) dan Seksi 1B (7 km) sudah rampung 100%.
  • Seksi II Airmadidi-Bitung sepanjang 25 Km. Pembanguunan dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung yang terbagi 2 Seksi. Seksi 2A Airmadidi – Danowudu (11,5 km) progresnya 98,17% dan Seksi 2B Danowudo – Bitung (13,5 km) progresnya 45,28%.

Untuk memudahkan akses masyarakat, ada lima Simpang Susun disediakan yaitu:

  • Simpang Susun Manado,
  • Simpang Susun Air Madidi,
  • Simpang Susun Kauditan,
  • Simpang Susun Danowudu dan
  • Simpang Susun Bitung

>>> Progres 72 Persen, Jalan Tol Manado-Bitung Ditarget Rampung Tahun Ini

Foto menunjukkan Menteri PUPR meninjau pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Jalan Tol Manado Bitung, pada Minggu, (1/3/2020)

Mendukung Pertumbuhan Ekonomi

Tol Manado - bitung merupakan bagian dari proyek strategis nasional (PSN) bertujuan untuk mengurangi biaya logistik yang berasal dari Pelabuhan Internasional Bitung. Keberadaan tol ini juga akan mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung juga mendukung kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Manado – Bitung – Likupang, termasuk akses ke Pulau Lembeh.

Tol Manado-Bitung bakal memangkas waktu tempuh Manado ke Bitung dan sebaliknya menjadi lebih singkat. Selain itu, juga mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas di jalan arteri yang kini mulai padat oleh beragam kendaraan.

>>> Kena Denda Besar Karena E-Toll Hilang, Begini Proses Penanganannya!

Foto jalan tol Manado Bitung

Kurangi kemacetan lewat jalan tol

>>> Ikuti terus berita otomotif terlengkap di Cintamobil.com

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Inilah Tol Surabaya-Gempol, Jalan Tol Tertua di Jawa Timur

27/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Dari ratusan kilometer jalan tol di Jawa Timur, Tol Surabaya-Gempol adalah yang paling tua yang dioperasikan sejak 1986. Apa saja fakta menarik dari tol ini?

Lihat juga

Daftar Jalan Tol Tergenang Banjir Milik Jasa Marga Pagi Ini

25/02/2020

Pasar mobil

2 menit

Hujan yang melanda sebagian besar wilayah Jabodetabek sejak Senin (24/2) dini hari menyebabkan beberapa ruas jalan tol tergenang banjir milik PT Jasa Marga

Lihat juga

Lokasi Ditentukan, Pemerintah Targetkan Pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Selesai 2025

19/02/2020

Pasar mobil

1 menit

Lokasi Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi sudah ditentukan dan pembangunan segera dimulai. Pemerintah menargetkan tahun 2025 selesai dan bisa beroperasi.

Lihat juga

Lintasi Kawasan Longsor di Tol Cipularang, Pengendara Diminta Tidak Foto-Foto

21/02/2020

Pasar mobil

5 menit

Longsor di Tol Cipularang tentu akan berdampak pada kepadatan lalu lintas di jalur tersebut. Untuk itulah ada beberapa peraturan yang sebaiknya dipatuhi pengguna jalan.

Lihat juga

Pan-American Highway, Jalan Tol Terpanjang Di Dunia Yang Tak Tersambung 100 Persen

24/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Jalan tol Indonesia belum apa-apanya dibanding Pan-American Highway. Dengan panjang mencapai 48.000 Km, jalan dinobatkan menjadi jalan tol terpanjang di dunia.

Lihat juga