2 Robot Anjing Jadi 'Pekerja' di Pabrik Ford

28/07/2020

Pasar mobil
Share this post:
2 Robot Anjing Jadi 'Pekerja' di Pabrik Ford
Ford menyewa dua robot berbentuk seekor anjing yang dijuluki Fluffy dan Spot dari Boston Dynamics perusahaan yang dikenal kerap membangun robot serbaguna.

Pabrikan otomotif telah menggunakan teknologi robotik di pabrik produksi selama bertahun-tahun. Jika umumnya teknologi robotik ini dipergunakan untuk panel pengelasan ketika memproduksi mobil. Teknologi robotik Ford di pabrik Transmisi Van Dyke, Michigan, AS tampak berbeda hadir dalam bentuk seekor anjing.

>>> 4 Hari Operasi Patuh Jaya 2020 Ribuan Pengemudi Ditilang, Terbanyak Tangsel dan Jakpus

Gambar menunjukan Robot berbentuk seekor anjing

Fluffy robot unik berbentuk seekor anjing

Fluffy Robot Menyerupai Seekor Anjing

Robot mirip anjing berkaki empat bernama Fluffy dan Spot ini dapat duduk, berjabat tangan, dan berguling. Tak hanya itu saja, robot ini juga dapat melakukan pemindaian kamera 360 derajat hingga menaiki tangga selama berjam-jam pada suatu waktu. Fluffy merupakan bagian dari program uji coba manufaktur Ford yang dirancang untuk menghemat waktu, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi.

Robot berwarna kuning cerah dan sangat mudah dikenali ini sedang diujicobakan oleh Ford di Pabrik Transmisi Van Dyke. Dilengkapi dengan lima kamera, robot dapat melakukan berjalan hingga 3 mph selama hampir dua jam dan akan digunakan untuk memperbarui desain pabrik.

“Kami merancang dan membangun pabrik. Setelah itu, selama bertahun-tahun, perubahan dibuat dan jarang didokumentasikan," kata Mark Goderis, manajer teknik digital Ford.

“Dengan adanya robot memindai fasilitas pabrik, kami dapat melihat seperti apa sebenarnya sekarang dan membangun model teknik baru. Model digital itu kemudian digunakan ketika kita perlu memperlengkapi kembali pabrik untuk produk-produk baru.” sambungnya, seraya menambahkan tanpa Fluffy, pembaruan pabrik Ford akan jauh lebih membosankan.

>>> Cek Kondisi Mobil Sebelum Liburan dengan Memperhatikan 5 Hal Ini

Gambar menunjukan robot unik

Fluffy saat berjalan di tangga

Fluffy Dapat Berjalan Dalam Berbagai Medan

Robot berkaki empat di pabrik Ford ini memiliki ukuran yang proporsional dan dapat  berjalan di tanah dan medan yang tidak rata serta kecepatan khusus saat menaiki dan menuruni tangga. Bahkan dapat mengubah posisi dari jongkok dan berdiri sehingga memungkinkan untuk dapat dikerahkan ke daerah-daerah yang sulit dijangkau dalam pabrik. Fluffy dapat mengatasi medan yang sulit hingga tanjakan 30 derajat. Jika terjatuh, Fluffy bisa memperbaiki dirinya sendiri.

"Fluffy adalah alat manufaktur yang luar biasa," kata Ford. “Ya, ini menarik dan baru, tetapi Fluffy harus benar-benar dihargai karena pekerjaan dan keuletannya. Dia bisa melakukan lebih dari sekadar menari dan berguling. Kami ingin mendorongnya ke batas di pabrik dan melihat nilai apa yang dimilikinya untuk perusahaan.” tutupnya.

>>> Berita otomotif terbaru lainnya dalam dan luar negeri bisa temukan di sini

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tips Mengatur Barang Bawaan di Bagasi Mobil

28/07/2020

Pengemudian

5 menit

Berikut ini tips Cintamobil.com menganai cara mengatur barang bawaan di bagasi mobil khususnya jika Anda ingin melakukan perjalanan liburan bersama keluarga.

Lihat juga

Dianggap Lebih Menguntungkan, Mitsubishi Fokus Garap Pasar ASEAN

28/07/2020

Pasar mobil

3 menit

Sesuai kesepakatan Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi beberapa waktu lalu. Mitsubishi akan fokus di pasar Asia Tenggara yang dianggap paling menguntungkan.

Lihat juga

4 Hari Operasi Patuh Jaya 2020 Ribuan Pengemudi Ditilang, Terbanyak Tangsel dan Jakpus

28/07/2020

Pasar mobil

3 menit

Operasi Patuh Jaya 2020 digelar sejak 23 Juli 2020, selama empat hari ada 1.625 pelanggar ditilang dan 2.941 pengendara lainnya yang hanya diberi teguran.

Lihat juga

Langkah Terbaik Mencapai Kesepakatan Saat Jual Mobil

28/07/2020

Jual beli

3 menit

Jika saat ini Anda berniat menjual mobil. Simak tips di bawah ini agar mencapai kesepakatan saat jual mobil. Kira-kira hal apa saja ya yang harus dilakukan?

Lihat juga

Jeep Compass dan Renegade 4xe Dijajal Pemain Juventus

28/07/2020

Event - Promosi

5 menit

Jeep Compass dan Renegade 4xe yang baru saja debut global, kini diuji coba oleh par apemian sepak bola dari klub Juventus. Apa pendapat mereka?

Lihat juga