167 Ribu Kendaraan Meninggalkan Jakarta di H-3 Libur HUT RI

16/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
167 Ribu Kendaraan Meninggalkan Jakarta di H-3 Libur HUT RI
Terjadi peningkatan arus lalu lintas jelang HUT RI ke-75, Jasa Marga mencatat lebih dari 167 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta di H-3 menuju berbagai arah.

Sejak H-3 HUT Kemerdekaan RI ke 75 telah terjadi peningkatan arus lalu lintas meninggalkan Jakarta. Disampaikan Jasa Marga pada Jumat (14/08/2020) tercatat sebanyak 167.414 kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Timur, arah Barat dan arah Selatan. Dibanding dengan lalu lintas hari-hari normal, volume ini meningkat sebesar 36 persen.

Adapun untuk distribusinya, kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari ketiga arah yaitu mayoritas menuju arah timur sebanyak 49,79%, menuju arah barat 28,42%, dan menuju arah selatan sebesar 21,79%. Berikut rinciannya sebagaimana dirilis Jasa Marga, (15/8/2020).

Arah Timur

Puluhan ribu kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah timur melalui dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Trans Jawa serta GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi. Detail distribusinya yaitu GT Cikampek Utama 1 sebanyak 45.104 kendaraan (naik 62,0%) dan GT Kalihurip Utama 1 sebanyak 38.250 kendaraan (naik 49,1%). Total kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Timur adalah sebanyak 83.354 kendaraan, naik sebesar 55,8% dari lalin normal.

>>> Mobil Barang Dilarang Melintas di Jalan Tol Saat Libur Panjang

Foto menunjukkan kepadatan lalu lintas di jalan tol

Ratusan ribu kendaraan meninggalkan Jakarta di hari libur

Arah Barat

Kendaraan dari Jakarta yang menuju arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang tercatat sebanyak 47.576 kendaraan, naik sebesar 18,5% dari lalin normal.

Arah Selatan

Sementara kendaraan dari Jakarta yang menuju arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 36.484 kendaraan, naik sebesar 24,0%.

Keramaian diperkirakan bakal terus terjadi dalam pekan-pekan ini mengingat libur HUT Kemerdekaan RI bakal bersambung dengan libur Tahun Baru Islam 1442 H, sebagaimana diberitakan sebelumnya.

Dihimbau kepada pengendara yang melintas di jalan tol untuk berhati-hati dan waspada. Persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan sebelum memulai perjalanan agar dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima, saldo e-toll mencukupi, serta membawa bekal dalam kendaraan seperti air dan yang lain.

Dan mengingat suasana masih pandemi, siapkan juga pelindung diri berupa masker dan tetap patuhi protokol kesehatan yang lain seperti jaga jarak dan mencuci tangan saat mampir di rest area.

>>> Mampir di Rest Area Jalan Tol, Patuhi 6 Protokol New Normal Berikut!

Foto kepadatan lalu lintas di gerbang tol

Kepadatan terjadi di gerbang tol jelang HUT RI ke 75

>>> Temukan informasi menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Mobil Barang Dilarang Melintas di Jalan Tol Saat Libur Panjang

15/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Mobil barang dilarang melintas di jalan tol pada libur panjang HUT RI ke 75 dan 1 Muharram 1442 H, baik saat arus mudik maupun saat arus balik ke Jakarta.

Lihat juga

Jasa Marga Siapkan Pengaturan Lalu Lintas di 2 Libur Panjang

14/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Skenario pengaturan lalu lintas disiapkan Jasa Marga menghadapi arus mudik pada libur panjang HUT Kemerdekaan RI ke 75 dan Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah.

Lihat juga

Pilihan Mobil Baru Rp 200 Jutaan Buat Liburan saat New Normal

28/07/2020

Jual beli

6 menit

Jika saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil baru Rp 200 jutaan buat liburan, berikut ini beberapa pilihannya.

Lihat juga

Cek Kondisi Mobil Sebelum Liburan dengan Memperhatikan 5 Hal Ini

28/07/2020

Perawatan dan service

5 menit

Sebelum melakukan perjalanan berlibur bersama seluruh anggota keluarga, sebaiknya Anda lakukan cek kondisi mobil demi memastikan mobil dalam kondisi fit.

Lihat juga

Persiapan Sebelum Liburan Jangan Lupakan Benda-Benda Kecil Ini

27/07/2020

Pengemudian

5 menit

Sebagai bagian dari persiapan sebelum liburan menggunakan mobil pribadi, maka sebaiknya Anda jangan melupakan beberapa benda berukuran kecil berikut ini.

Lihat juga
 
back to top