15 Mobil Amazing Para Pemimpin Dunia dan Kerajaan

16/08/2017

Pasar mobil
Share this post:
15 Mobil Amazing Para Pemimpin Dunia dan Kerajaan
Kehidupan para pemimpin negara memang selalu menjadi sorotan. Selain kinerja mereka dalam mengatur pemerintahan, banyak sisi lain dari mereka yang menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah penggunaan mobil mewah sebagai alat transportasi para presiden ataupun keluarga kerajaan ini.

Dari masa ke masa, berbagai jenis mobil mewah dari brand-brand ternama menghiasi kehidupan orang-orang nomor wahid di negara mereka masing-masing. Berikut ini daftar 15 mobil mewah yang digunakan para pemimpin dari berbagai negara 

 

1. Cadillac One - Donald Trump (Presiden Amerika Serikat saat ini)

 

Mobil Cadillac One milik presiden AS

 

Mobil presiden AS

Mobil mewah yang digunakan orang nomor satu di Amerika Serikat ini memang dirahasiakan fasilitas keamanannya. Akan tetapi, layaknya mobil presiden-presiden sebelumnya, Cadillac One milik Trump sudah pasti dilengkapi dengan body dan kaca anti peluru, penembak gas air mata, hingga persediaan cadangan darah untuk keadaan darurat.

 

Cadillac One ini juga bukan yang pertama kalinya digunakan oleh Trump. Sebelumnya, pada tahun 80-an, Trump dan Cadillac juga pernah berkolaborasi memroduksi dua mobil berjuluk "Cadillac Trump". Selain dimiliki Trump, satu mobil lainnya dibeli seorang warga negara asal Inggris.

 

Selain Cadillac One ini, Trump juga mempunyai Rolls-Royce Silver Cloud tahun 1956, Lamborghini Diablo 1997, Mercedes-Benz SLR McLaren 00s serta 24 Karat Gold Chopper.

 

2. Jaguar XJ Sentinel - PM Inggris Theresa May

Jaguar Sentinel warna hitam di jalan

Jaguar Sentinel punya PM Inggris

Layaknya Cadillac One milik Trump, Jaguar PM Inggris ini juga memiliki sistem keamanan yang tak kalah canggih. Mobil yang mengangkut mesin V8 supercharged 5.0 liter ini dilengkapi dengan body berbahan dasar aluminium, kevlar, dan baja berkekuatan tinggi.

Tak hanya itu, Jaguar Sentinel ini akan memastikan May aman dari ledakan granat, ballistic B7, dan peledak lainnya hingga kekuatan setara 15 kilogram TNT. Disertai pula dengan persediaan oksigen, pihak Jaguar ingin menjamin bahwa mobil mewah bagi petinggi Inggris ini memiliki level keamanan yang prima.

3. Renault 4 - Paus Fransiskus

Mobil Renault 4 warna putih

Mobil Renault 4 udah digunakan sejauh 170.000 mil

Sebagai pemimpin umat katolik, Paus Fransiskus benar-benar ingin menunjukkan kesederhanaannya dengan menolak menggunakan mobil semewah yang digunakan pendahulunya. Ia memilih menggunakan Renault 4 keluaran tahun 1984.

Ketika pertama diberikan pada 2013 pun, mobil ini memang sudah digunakan sejauh 170.000 mil untuk berkendara di sekitar Vatikan. Namun Paus Fransiskus masih memiliki hak untuk menggunakan Mercedes-Benz M Class yang biasa digunakan paus sebelumnya yang dilengkapi dengan kabin kaca anti peluru.

4. Rolls Royce Phantom VI - Ratu Elizabeth II

Rolls Royce Phantom VI warna hitam

Rolls Royce Phantom VI

Digadang-gadang sebagai mobil termahal kala itu, Rolls Royce Phantom VI pernah digunakan dua kali oleh sang ratu Inggris. Dengan dilengkapi armor yang menjamin keamanan orang pertama di Inggris itu, mobil ini semakin unik karena lambang klasik Rolls Royce diganti dengan sosok patung St. George.

 

Raja Iran dan Sultan Brunei dikabarkan juga memiliki model Rolls Royce yang sama seperti yang digunakan Ratu ELizabeth II ini.
 

5. Rolls Royce Silver Wraith - Presiden Brasil

Rolls Royce warna hitam

  Mobil khusus kepresidenan

Mobil mewah ini pertama kali dibeli dan digunakan oleh Getúlio Vargas, pada tahun 1953. Sebagai mobil khusus kepresidenan, Silver Wraith ini jarang digunakan oleh para pemimpin negara Brazil dil uar acara kenegaraan, seperti perayaan hari kemerdekaan
 

6. Hongqi L5 Y - Xi Jinping (Presiden China)

Xi Jinping warna hitam

  Mobil termahal di China saat ini


Mobil yang digunakan Xi Jinping ini disebut-sebut sebagai yang termahal di China saat ini. Desain mobil ini terinspirasi dari limosin yang pernah digunakan pemimpin China terdahulu, Mao. Dengan harga berkisar £622.500 (Rp 10 miliar), mobil dengan panjang 18 kaki ini memiliki mesin V12 6.0 liter yang mampu menyemburkan 400 tenaga kuda.

 

Di bagian interior, mobil yang diproduksi oleh brand tertua di negara tersebut ini menyajikan fitur entertainment yang menawan dengan Bose Sound System, serta tampilan bunga matahari pada bagian setir sebagai simbol keberuntungan.

7. Mercedes-Benz 600 - Muhammad VI (Raja Maroko)

Mercedes-Benz 600 warna hitam

Mercedes-Benz 600

Dari beberapa daftar yang ada, Mercedes-Benz 600 ini memang yang paling banyak digunakan oleh para pemimpin negara di dunia, sebut saja Saddam Hussein, Pol Pot, Kaisar Hirohito, Leonid Brezhnev, Robert Mugabe, Idi Amin, Mohammad Reza Pahlavi, Kim Il-sung, Kim Jong-il, Kim Jong-un, Nicolae Ceaușescu, Park Chung-lee, Mao Zedong hingga Deng Xiaoping.

 

Mobil mewah ini sebelumnya juga pernah digunakan ayahanda Muhammad VI, yaitu Raja Hassan II

8. Toyota Century Royal - Akihito (Kaisar Jepang)

Toyota Century Royal warna hitam

Toyota Century reguler, kekaisaran Jepang

Saat Perdana Menteri Jepang hanya menggunakan mobil Toyota Century reguler, kekaisaran Jepang justru memiliki hak untuk memakai versi Royal dari Toyota Century ini. Dengan harga sekitar £378,000 (Rp 6,2 miliar) mobil yang diproduksi pada 2006 ini memiliki mesin V12 8.O liter dan hanya boleh dimiliki oleh keluarga kaisar Jepang

9. Rolls-Royce Phantom IV - Keluarga Kerajaan Inggris

Mobil Rolls-Royce warna hitam

Mobil Rolls-Royce paling eksklusif yang pernah ada

Model Phantom yang diproduksi antara tahun 1950 hingga 1956 ini dikatakan sebagai mobil Rolls-Royce paling eksklusif yang pernah ada. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 18 buah dan dimiliki oleh beberapa petinggi negara lain selain anggota keluarga kerajaan Inggris, seperti Raja Irak, Raja Faisal II, Pangeran Irak, Shah Iran, serta Emir Kuwait.

 

Phantom IV ini hadir dengan mesin 6.3 liter dan dapat didesain sesuai permintaan. Contohnya seperti Putri Margaret yang meminta kursi yang dapat diatur sehingga ia bisa memilih apakah akan berkendara sendiri atau sebagai penumpang.

10. Volkswagen Beetle - José Mujica (Presiden Uruguay periode 2010-2015)

 

Mobil VW Beetle keluaran 1987 waran biru mudah

Mobil VW Beetle keluaran 1987

Dikenal sebagai presiden termiskin di dunia, Mujica memilih menggunakan mobil VW Beetle keluaran 1987 miliknya ketimbang memakai mobil khusus presiden Uruguay sebelumnya. Bahkan pada tahun 2014, Raja Arab sempat menawar mobil tersbeut seharga US$ 1 juta, namun ditolak oleh Mujica.

 

11. Bentley State Limousine - Ratu Elizabeth II

Bentley State Limousine warna cokelat

Produk Bentley pertama yang dipakai oleh keluarga kerajaan Inggris

Mobil yang dirancang oleh Bentley dan Mulliner pada 2002 ini merupakan produk Bentley pertama yang dipakai oleh keluarga kerajaan Inggris. Yang paling unik dari mobil dengan mesin 6.75 liter ini adalah tampilan pintunya yang dapat terbuka hingga 90 derajat, membuat sang ratu terlihat lebih berkelas dan elegan ketika beranjak keluar dari mobilnya.

 

Pihak Bentley juga menyatakan bahwa mobil ini dibuat dengan kaca khusus yang memungkinkan orang-orang dapat meilhat sang ratu lebih jelas dari luar mobil.

 

12. White Motor Company Model M Steamer - William Howard Taft (Presiden Amerika Serikat periode 1909-1913)

 

White Motor Company Model M Steamer

Mobil khusus kepresidenan

White Motor Company Model M Steamer ini menjadikan Taft sebagai presiden Amerika pertama yang menggunakan mobil khusus kepresidenan. Mobil bertenaga uap ini harganya ditaksir mencapai US$ 4.000, termasuk salah satu yang termahal pada masa itu. Selain itu, Taft juga sering menggunakan mobil ini untuk bersembunyi dari kejaran media dengan fitur mobil yang mampu mengeluarkan uap dalam intensitas tertentu.

13. London Cab - George Tupou V (Raja Tonga periode 2006-2012)

London Cab warna hitam

Pemilihan taksi khas London

Sebagai sosok yang dikenal dermawan dan suka berkeliling, pemilihan taksi khas London ini memang terbilang cukup unik. Tupou mengatakan bahwa ia menjadikan taksi london sebagai mobil dinasnya karena mempermudah dirinya untuk keluar masuk mobil ketika mengenakan pakaian khas kerajaan miliknya.

 

14. Daimler DB18 Drophead Coupe - Winston Churchill (Perdana Menteri Inggris periode 1940-1945 dan 1951-1955)

 

Daimler DB18 Drophead Coupe

Model Daimler ini yang masih ada hingga saat ini

Hanya satu dari delapan model Daimler ini yang masih ada hingga saat ini, yaitu yang digunakan oleh pemimpin Inggris pada masa perang dunia lalu ini. Tahun lalu, mobil klasik ini terjual dengan harga sekitar Rp 3 miliar. Empat dari delapan mobil ini hancur ketika perang dunia, satu lainnya rusak, dan dua sisanya hilang.
 

15. Sunshine Special - Franklin D. Roosevelt (Presiden Amerika Serikat periode 1933-1945)

Sunshine Special dirancang khusus dengan terinspirasi dari seri limosin Lincoln K. Untuk meningkatkan keamanan sang presiden pasca tragedi Pearl Harbor, mobil mewah ini dilengkapi dengan ban khusus antipeluru, kaca yang sangat tebal dan tambahan ruang untuk persenjataan.

Sunshine Special warna hitam

Mobil ini terinspirasi dari seri limosin Lincoln K

Semua mobil ini selain kendaran, tetap juga jadi bukti sejarah di setiap negara yang selalu diingatkan oleh bangsanya 
>>> Baca juga berita hiburan seru lainnya 
>>> Beli mobil bekas murah meriah
Share this post:
 
back to top