13 Produsen Terkenal Siap Hapus Mobil Diesel Dari Peredaran

04/11/2018

Pasar mobil
Share this post:
13 Produsen Terkenal Siap Hapus Mobil Diesel Dari Peredaran
Di masa lalu, mobil diesel telah menjadi idola dan favorit pembeli karena diklaim tangguh dan hemat biaya bahan bakar. Hampir semua produsen mobil di dunia memiliki mobil diesel dan masuk dalam daftar line up unggulan. Kini, secara perlahan mobil diesel mulai ditinggalkan. Beberapa produsen bahkan berencana melenyapkan mobil diesel dan tidak akan memproduksinya lagi di masa mendatang. Siapa mereka?

Berbicara soal mobil diesel, semua orang langsung tahu kalau mobil ini handal dan tangguh di jalanan. Selain itu, mobil diesel dikenal hemat biaya operasional karena bahan bakar solar yang dikonsumsi punya harga relatif lebih rendah dari BBM lain. Kekurangan dari mobil diesel adalah mobil ini umumnya punya harga lebih mahal dari mobil bensin karena memiliki konstruksi mesin yang lebih kuat dan ukuran kendaraannya pun cukup besar. Dari sisi kenyamanan, mobil diesel juga lebih buruk karena kompresi mesin yang besar menghasilkan getaran yang besar.

Foto mobil diesel Jeep melibas jalanan offroad

Mobil diesel terkenal karena ketangguhannya di berbagai medan

So, untuk masalah getaran dan kenyamanan pembeli mungkin bisa mengabaikan. Tapi untuk masalah yang satu ini konsumen tidak punya kuasa, yaitu regulasi pemerintah. Pasca terbongkarnya skandal emisi Volkswagen tahun 2015, pemerintah di berbagai negara melakukan pengetatan. Para produsen pun melakukan berbagai langkah antisipasi agar mobil dieselnya bisa tetap mengaspal di jalanan. Beberapa memilih mengurangi jumlah produksi seiring menurunnya minat konsumen seperti yang terjadi di negara-negara Eropa. Namun beberapa yang lain memilih tidak kompromi. Mereka bahkan mengumumkan bakal berhenti memproduksi mobil diesel secara total sehingga tak ada lagi yang beredar di pasaran.

Sebagai solusi, mereka bakal beralih ke mobil berbahan bakar lain yang ramah lingkungan atau mengkampanyekan mobil bertenaga listrik yang bebas dari masalah polusi. Berikut 13 produsen terkenal yang bakal melenyapkan mobil diesel dari daftar line up unggulan mereka.

1. Alfa Romeo

Foto Alfa Romeo Giulietta tampak dari depan

Alfa Romeo Giulietta ada opsi mesin 1.6L Turbo Diesel

Mengikuti rencana besar perusahaan induk yaitu Fiat Chrysler Automobiles / FCA Group, merek asal Torino Italia ini berencana menghadirkan 7 model baru hingga tahun 2022. Kecuali truk dan van, semuanya bakal menggunakan powertrain baru yang ramah lingkungan. Mobil yang sebelumnya bermesin diesel juga bakal diganti oleh mobil hybrid dan mobil listrik, termasuk dua model andalannya Giulietta 1.6 Turbo Diesel 120CV dan Stelvio 2.2 Turbo Diesel 190CV. Langkah yang ditempuh Alfa Romeo ini merupakan bagian dari rencana besar FCA Group yang di dalamnya.

>>> Kurangi Tingkat Kecelakaan, DENSO Luncurkan Monitor Anti Ngantuk untuk Pengemudi Truk

2. Fiat

Foto FIAT Fullback tampak dari depan

Fiat Fullback menjalani debut perdananya di Dubai Motor Show 2015

Serupa dengan Alfa Romeo, Fiat yang juga bagian dari FCA Group juga bakal berhenti membuat mobil diesel hingga tahun 2022 dan menggantinya dengan mobil hybrid dan mobil listrik. Salah satu line up Fiat bermesin diesel adalah Fullback 150 or 180 HP 2.4 Turbo Diesel.

3. Jeep

Foto mobil Jeep tampak dari samping depan

Hingga 2022 Jeep bakal meluncurkan 10 model baru bermesin listrik

Rencana besar merek mobil asal Ohio, Amerika Serikat bagian utara ini adalah meluncurkan 10 model baru hingga tahun 2022 yang semuanya dibekali mesin listrik. Ya, itu dilakukan karena Jeep juga bagian dari Fiat Chrysler Automobiles (FCA). Salah satu unggulan Jeep bermesin diesel saat ini adalah Grand Cherokee 3.0-Liter V6 EcoDiesel.

4. Lexus

Foto mobil hybrid Lexus RX400h tampak dari samping depan

Mobil hybrid Lexus RX400h diluncurkan tahun 2005

Sebelum merek lain kepikiran berhenti total dari mesin diesel, Lexus telah melakukannya duluan. Sejak tahun 2013 silam devisi mobil mewah Toyota ini berhenti memproduksi mobil diesel dan fokus mengembangkan mobil hybrid yang lebih ramah lingkungan. Model terakhir yang masih mengusung mesin diesel adalah yaitu IS 220d, sedangkan generasi berikutnya yaitu IS 300h sudah dibekali mesin hybrid.  Bila ditarik lebih mundur, Lexus sudah lama banget menciptakan mobil hybrid yaitu 2005 dengan model pertamanya RX 400h yang diluncurkan pada 1 Februari 2005.

>>> Dua Alasan Ini, Toyota Ogah Buat Lexus di China

5. Maserati

Foto mobil SUV Maserati Levante warna biru tampak dari samping depan

Maserati Levante tersedia dalam dua pilihan mesin, bensin dan diesel

Sebenarnya Maserati masih memiliki mobil diesel yang jadi andalan, yaitu Levante. Mobil bergenre SUV ini tersedia dalam dua pilihan mesin yaitu bensin 3.0 Twin Turbo V6 dan diesel 3.0 V6 Turbo Diesel. Namun dia harus mengikut perusahaan induk yaitu FCA Group dan melenyapkan seluruh mobil diesel dari deretan line up-nya. Pilihan powertrain berikutnya jatuh pada teknologi mobil listrik dan PHEV.

6. Mitsubishi

Foto MItsubishi Pajero Sport tampak gagah dari arah depan

Mobil Diesel Mitsubishi tak lagi dijual di Inggris dan Jerman, Indonesia kapan?

Di beberapa negara Mitsubishi masih tegak kepala menjual mobil bermesin diesel seperti di Indonesia dengan Pajero Sport dan mobil niaga L300. Di Eropa, mobil diesel tidak lagi mempesona, terlebih adanya aturan ketat peredaran mobil diesel di beberapa negara. Pengumuman terbaru, Mitsubishi segera berhenti jual mobil diesel di Inggris dan Jerman dan melakukan penarikan semua mobil diesel yang telah beredar. Jika itu sukses, penghentian mobil diesel bakal berlanjut ke Perancis dan negara Eropa yang lain.

>>> Suzuki Dan Mitsubishi Rencanakan Berhenti Menjual Mobil Diesel di Eropa

7. Nissan

Foto Nissan Leaf warna kuning paling digemari di Jepang

Nissan Leaf yang laris bikin Nissan tak bergairah kembangkan mobil diesel

Sejak memiliki mobil listrik Nissan Leaf dan laris manis di pasaran, Nissan sepertinya tidak lagi bergairah mengembangkan mobil diesel. Kabar terkini Nissan telah mengumumkan menghentikan total pengembangan mobil diesel untuk kendaraan penumpang dan menggantinya dengan mesin hybrid. Sementara untuk kendaraan niaga dan komersil, mobil diesel yang biasanya mengkonsumsi solar bakal diganti dengan mesin lain agar bisa mengkonsumsi bahan bakar lain non solar.

8. Polestar

Foto keren Polestar 1 tampak dari depan

Di bawah naungan Volvo, Polestar 1 tidak lagi punya opsi mesin diesel

Kampanye stop mobil diesel bagi merek asal Gothenburg Swedia sudah dimulai dengan peluncuran Polestar 1. Satu-satunya model Polestar ini dibekali mesin bensin PHEV. Kombinasi mesin bensin, motor listrik dan Integrated Starter Generator (ISG) menghasilkan tenaga maksimum 600 hp dan torsi maksimum 1000 Nm.

9. Porsche

Foto Porsche Cayenne Turbo tampak dari belakang

Porsche kena imbas skandal emisi Volkswagen 2015

Skandal emisi Volkswagen yang terbongkar tahun 2015 berimbas pada semua anak perusahaan, termasuk Porsche. Salah satu mobil diesel unggulannya yaitu Cayenne 3.0-L V6 VW TDI yang diluncurkan tahun 2009 harus dihentikan produksinya pada tahun 2016 meski mobil ini tidak masuk dalam jajaran mobil yang terlibat masalah. Sebagai kelanjutan, Cayenne tetap masuk dalam line up unggulan Porsche, tapi dengan powertrain yang berbeda yaitu Cayenne Turbo 4.0-litre twin-turbo V8, Cayenne S 2.9-litre twin-turbo V6, Cayenne 3.0-litre turbocharged V6, dan Cayenne Hybrid 3.0-litre turbocharged V6. Untuk model terbaru yaitu Taycan EV dan Mission E Cross Turismo, keduanya sudah dikonfirmasi bakal menggunakan tenaga listrik sepenuhnya.

>>> Baca di sini untuk review lengkap Porsche Cayenne S 2018

10. Smart

Deretan mobil Smart mungil namun mewah

Umur hidup Smart dikabarkan tak lama lagi

Meski bakal sepenuhnya bermesin listrik di tahun 2020, sepertinya umur Smart tak bisa panjang. Kabar yang beredar Smart bakal dieliminasi dari naungan Daimler pada 2026 karena Renault yang jadi partner dalam pengembangan memilih berpisah, sementara Daimler enggan menopang Smart sendirian. Untuk saat ini ada dua pilihan mesin yang bisa dipilih calon pembeli Smart yaitu mesin bensin dan listrik.

11. Suzuki

Foto Suzuki Jimny 2018 bergaya lawas

Suzuki Jimny terbaru hanya ada satu pilihan mesin, yaitu bensin K15B

Suzuki bakal berhenti menjual mobil diesel di Eropa secara total. Rencana ini sudah dimulai dari sekarang dengan menghentikan produksi di pabrik Suzuki di Hungaria dan dialihkan untuk memproduksi mobil bermesin bensin. Disamping aturan ketat peredaran mobil diesel di Eropa, penghentian ini juga didasari pasar yang minim kurang dari 10%.

>>> Dapatkan berita informatif pasar mobil dunia hanya di Cintamobil

12. Toyota

Foto Toyota Fortuner tampak dari samping depan

Masih laku di Indonesia, Toyota Fortuner diesel belum masuk daftar eliminasi

Di pameran otomotif Geneva Motor Show 2018 Maret lalu, Toyota mengumumkan bakal melenyapkan mobil-mobil diesel dari line up kendaraannya dikarenakan permintaan pasar yang terus menurun. Sebagai gantinya, mobil-mobil bermesin bensin dan hybrid bakal dikembangkan lebih serius.

Apakah mobil diesel Toyota di Indonesia seperti Fortuner dan Innova juga segera dihapus? Belum tentu juga sebab meski bermesin diesel, Toyota Fortuner dan Innova masih mencatatkan penjualan yang sangat apik. Bagaimanapun juga, soal penjualan adalah soal uang. Meski tak laku di Eropa, mobil diesel Toyota masih sangat laris di Indonesia.

>>> Baca Review Lengkap Toyota Fortuner Diesel TRD 2017, Varian Ter-Sporty Keluarga SUV Tangguh Toyota

13. Volvo

Foto Volvo XC90 tampak dari depan di jalanan

Satu persatu mobil diesel Volvo hilang dari peredaran

Disampaikan langsung oleh CEO Volvo, Hakan Samuelsson, "Volvo tidak akan mengembangkan mesin diesel generasi baru." Dan memang benar satu per satu, mobil Volvo masing-masing kehilangan opsi mesin diesel seperti S60 dan XC90 generasi berikutnya dan itu sejalan dengan rencana elektrifikasi masa depan Volvo.

>>> Informasi otomotif paling aktual hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top