13 Model Mobilnya Naik Harga, Toyota Nggak Takut Sepi Pembeli?

14/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Toyota tercatat menaikan sejumlah harga mobilnya di tengah pandemi corona. Toyota sendiri cukup pede mobilnya masih tetap akan laris walaupun harganya naik.

PT Toyota Astra Motor baru-baru ini menaikan sejumlah harga mobilnya. Setidaknya ada 13 model mobil mengalami kenaikan harga di tengah pandemi corona. 

Semula, kenaikan harga mobil merek Jepang itu direncanakan naik pada April 2020. Namun nyatanya baru awal Mei kenaikan tersebut direalisasikan. Toyota beralasan ada beberapa hal yang membuat pihaknya harus menaikan harga mobil. 

Harga Mobil Naik di Tengah Pandemi

>>> Harga Mobil Toyota di Indonesia Naik, Ini Daftarnya

"Pertama, dalam menetapkan harga, Toyota selalu melihat competitiveness dari harga itu. Kita perhatikan kondisi market gimana, kompetitor gimana," beber Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy dalam kesempatan wawancara virtual. 

Toyota Rush

Harga Rush naik di tengah pandemi

Tak cuma itu nilai tukar rupiah yang tengah melemah saat pandemi corona juga menjadi salah satu sebab kenaikan harga mobil-mobil Toyota. Belum lagi ada kenaikan ongkos produksi sehingga mau tak mau Toyota mengambil langkah tersebut.  

>>> Apakah Selera Orang Indonesia soal Mobil Baru Berubah karena Corona?

Meski begitu, Toyota masih cukup pede akan penjualan mobilnya walaupun mengalami kenaikan harga. Perlu diketahui, penjualan Toyota pada April menurun drastis hingga 50% dibandingkan Maret 2020. Penurunan penjualan ini diakibatkan oleh beberapa hal mulai seperti adanya pembatasan aktivitas melalui aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Terbantu Layanan After Sales

Memiliki layanan after sales yang mumpuni disebut-sebut menjadi nilai tambah bagi perusahaan asal Jepang itu di tengah penurunan penjualan seperti saat ini. Dalam arti, meskipun harganya naik namun konsumen tetap percaya dan akan membeli lantaran after salesnya sudah terjamin. 

Toyota Avanza

Harga Avanza ikut naik

"So far, kalau dilihat April kita masih cukup baik penerimaannya. Di bulan Mei ini mudah-mudahan masih market share kita masih cukup kuat. Cuma memang yang nggak bisa kita kontrol marketnya yang mengalami penurunan cukup dalam," jelas Anton. 

>>> Jangan lewatkan kabar paling update seputar mobil baru di sini

Sebagai informasi model mobil Toyota yang mengalami kenaikan harga bukan hanya produksi lokal. Tercatat ada beberapa model CBU yang juga harganya naik sebagai imbas langsung dari nilai tukar rupiah. Selain mobil penumpang, mobil komersial pun ikut naik harganya.

Ke-13 model Toyota yang mengalami kenaikan harga yaitu Avanza, Rush, Innova, Corolla, Camry, Vios, Voxy, C-HR Hybrid, 86, LC, Alphard 3.5L, Dyna, dan HiAce. Kenaikan harga pun beragam berbeda-beda setiap modelnya. 

>>> Dapatkan berbagai berita mobil terlengkap ada di Cintamobil.com

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top