13 Maret, Pertama Kali ‘The Love Bug’ Promosikan Volkswagen Beetle

13/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
13 Maret, Pertama Kali ‘The Love Bug’ Promosikan Volkswagen Beetle
‘The Love Bug' merupakan film legendaris yang turut membawa nama Volkswagen Beetle sebagai salah satu kendaraan yang menyenangkan untuk dikendarai. Dan hari ini menandai pertama kalinya film ini diputar di seluruh bioskop di Amerika Serikat.

Pada hari ini tepat 51 tahun lalu, “The Love Bug” yang dibuat oleh Walt Disney ditayangkan pertama kali di bioskop di seluruh Amerika Serikat. Film yang didasarkan pada buku tahun 1961 berjudul “Car, Boy, Girl” oleh Gordon Buford berpusat tentang pembalap mobil Jim (diperankan oleh Dean Jones dengan mobil VW Kodok yang bisa berpikir sendiri bernama Herbie.

Karakter-karakter lain dalam film ini termasuk nama-nama besar Hollywood pada waktu itu, seperti Peter Thorndyke (David Tomlinson), saingan Jim di arena balap; Tennessee Stainmetz (Buddy Hackett), teman Jim yang membuat karya seni dari suku cadang mobil bekas serta pasangan Jim, Carole yang diperankan oleh Michele Lee.

Volkswagen Beetle berwarna putih dengan garis biru

‘Herbie dalam “The Love Bug” tahun 1968

Berdasarkan buku “Bug” karya Phil Patton, film ini menuai kesuksesan box-office dan menelurkan banyak sekuel hingga spin-off, seperti "Herbie Rides Again" (1974), "Herbie Goes to Monte Carlo" (1977), "Herbie Goes Pisang" (1980) dan "Herbie: Fully Loaded" (2005), versi reboot yang dibintangi Lindsay Lohan.

>>> Promosi Mobil Honda Terunik, Beli Honda City Dapat Motocompo

Menurut buku “Bug” oleh Phil Patton, film ini sukses di pasaran karena Disney memberikan tontonan yang bisa dinikmati oleh anak-anak. Banyaknya anak-anak yang lahir pada tahun 1960-an, Disney mampu meraup keuntungan $ 51.264.000, atau $ 350 Juta jika dikonversikan dalam kurs saat ini (setara dengan Rp 5 Triliun).

Volkswagen Beetle berwarna putih dengan Lindsay Lohan

Reboot Herbie: Fully Loaded yang dibintangi oleh Lindsay Lohan

>>> Berita pasar mobil teranyar bisa Anda dapatkan di sini

Patton juga mencatat bahwa “The Love Bug” menawarkan pelarian. Pada saat dimana berita di masa tersebut dipenuhi kematian akibat Perang Vietnam dimana 432 tentara Amerika tewas dalam serangan Vietnam terbaru dan Menteri Pertahanan Melvin Laird meminta peningkatan dana yang dikeluarkan untuk perang.

“The Love Bug” dirilis tepat saat VW Beetles yang berasal dari Jerman tahun 1930-an mendapatkan popularitasnya di Amerika Serikat. VW Kodok hadir ketika Adolf Hitler yang menjadi kanselir Jerman saat ini mengumumkan ingin membangun jalan dan mobil baru untuk rakyat Jerman.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya hanya di sini

Dan pada waktu itu, teknisi kelahiran Austria, Ferdinand Porsche (1875-1951) sudah bekerja untuk menciptakan mobil kecil bagi masyarakat Jerman. Karena itu, ia ditugaskan merancang ‘mobil rakyat’ yang murah dan akan diproduksi secara massal. Pekerjaan dimulai pada 1938 di pabrik Volkswagenwerk yang terletak di Wolfsburg, Jerman. Meskipun pembuatan mobil terhenti selama Perang Dunia II.

generasi pertama Volkswagen Beetle berwarna hitam

Generasi pertama Volkswagen Beetle yang dikembangkan Ferdinand Porsche

Setelah perang, produksi akhirnya dilanjutkan pada 1950-an dimana Volkswagen mengekspor Beetles dengan hidung dan bagian belakang melengkung dikenal luas ke Amerika. Kedatangan yang disambut hangat, penjualan dilakukan pada 17 Februari 1972 dan VW Beetle melampaui Ford Model T menjadi mobil berpenjualan terbesar di dunia sepanjang amsa, dengan lebih dari 15 juta unit terjual.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top