12 Momen Bersejarah Selama 80 tahun Jeep  

27/07/2021

Pasar mobil

5 menit

Selama 80 tahun Jeep berkiprah, terdapat 12 momen bersejarah yang menandai segenap perjalanan merek otomotif tersebut dalam tataran pasar otomotif global

Juli 2021 memiliki makna sangat istimewa bagi Jeep karena menandai ulang tahun ke-80 merek mobil yang disebut-sebut sebagai paling patriotik di Amerika Serikat. Untuk memperingati momen istimewa 80 tahun Jeep, pabrikan yang bermarkas di Toledo, Ohio, tersebut melakukan jajak pendapat yang melibatkan sekitar 100 enthusiast dari seluruh penjuru dunia. Kepada mereka, Jeep menanyakan "the most memorable moment" sepanjang kiprah mobil penjelajah lintas alam ini selama kurun waktu 80 tahun.  Karena ada banyak jawaban, maka Jeep membuat intisarinya menjadi 12 momen paling istimewa.  

>>> 10 Pilihan Mobil Jeep Modifikasi yang Siap Dipakai Offroad

Kebutuhan Militer  

gambar jeep

Pengganti kuda yang membantu sekutu memenangkan Perang Dunia II 

Pada 15 Juli 1941, Willys-Overland Company menerima kontrak dari US War Department untuk memproduksi Jeep Willys. Saat itu, pemerintah Amerika Serikat membutuhkan pengganti kuda berupa kendaraan ringan kelas ¼ ton dengan kemampuan  lintas alam untuk mendukung mobilitas militer. Karena kebutuhan sangat tinggi, maka produksi Jeep Willys dibagi antara Willys-Overland Company dan Ford Motor Company dengan hasil Jeep Willys MB sebanyak 359.489 unit dan Ford GPW yang berjumlah  277.896 uni. Sang legenda pun lahir dan kemudian berkiprah hingga mencapai momen istimewa 80 tahun Jeep.. 

Versi Sipil 

gambar jeep

Jeep CJ-2A = versi sipil Jeep Willys  

Usai Perang Dunia II, para GI (tentara Amerika Serikat) yang pulang kampung merasa kehilangan dan merindukan Jeep Willys MB-nya. Hal itu menciptakan peluang bisnis tersendiri bagi Willys-Overland Company yang kemudian merilis Jeep CJ-2A alias Jeep Willys versi sipil (CJ = Civilian Jeep) dan mulai diproduksi sejak Juli 1945.  Kehadiran Jeep  CJ-2A menjadi “the world's first civilian light-duty 4x4” yang diproduksi secara massal (214.760 unit).  

SUV Pertama 

gambar jeep

Jeep Willys Station Wagon, sang SUV pertama (menurut klaim Jeep) 

Jeep mengklaim sebagai perintis segmen pasar SUV dengan merilis Jeep Willys Wagon pada tahun 1946. Faktanya, status Jeep Willys Wagon sebagai SUV belum valid karena versi 4WD barulah muncul pada tahun 1949. Boleh disebut saat itu Jeep Willys Wagon menjadi “game-changer” dan diproduksi selama  20 tahun.

Jeep Jamboree

gambar jamboree

Pertama kali berlangsung tahun 1953 dan berlanjut hingga saat ini 

Memasuki tahun  1953, sekitar 155 orang penggemar Jeep berkumpul di Georgetown Divide di  California, Amerika Serikat, untuk menggelar “the first-ever Jeep Jamboree”. Kini, event Jeep Jamboree selalu digelar secara bergantian di seluruh penjuru Amerika Serikat. Dan lokasi yang paling populer adalah Rubicon Trail, dekat Lake Tahoe di Sierra Nevada, karena memiliki jalur off road berbatu (rock crawling) sepanjang 35 km yang sangat menantang.  

Jeep Wagoneer

gambar jeep

Sang perintis segmen pasar SUV kelas premium 

Kehadiran Jeep Wagoneer pada tahun 1963 menandai kelahiran segmen pasar yang baru; premium SUV. Saat itu Jeep Wagoneer memadukan  kemampuan jelajah off-road,  ketangguhan dan kemewahan dalam satu paket yang kompetitif. Kemudian banyak pabrikan otomotif lainnya yang beramai-ramai meluncurkan SUV premium. Salah satunya adalah Land Rover yang merilis Range Rover pada tahun 1970.    
 

Jeep Cherokee XJ

gambar jeep

Perintis SUV dengan konstruksi bodi monocoque 

Pertengahan dekade tahun 1980-an, tepatnya tahun 1984, Jeep meluncurkan salah satu kreasi yang sangat revolusioner, Jeep Cherokee XJ, dan memberikan warna tersendiri pada segmen pasar SUV secara global.  Sistem 4WD part-time/full-time dan konstruksi bodi monocoque menjadi inovasi yang paling inovatif pada masa itu.  

Jeep Wrangler YJ

gambar jeep

Jeep Wrangler YJ menjadi pelopor fitur kenyamanan untuk varian utility 

Generasi pertama Jeep Wrangler YJ diproduksi mulai Maret 1986 sebagai pengganti Jeep CJ-7. Kehadiran Jeep Wrangler YJ yang menjadi properti dalam film seri TV MacGyver, menandai pergeseran konsep produk Jeep yang mengarah pada kenyamanan tanpa mengorbankan kemampuan jelajah off road khas Jeep.  

Jeep Grand Cherokee

gambar jeep

Atraksi peluncuran berupa pemecahan kaca jendela    

North American International Auto Show (NAIAS, Detroit Auto Show) 1992 menjadi saksi debut perdana Jeep Grand Cherokee. Prosesi peluncurannya benar-benar out of the box karena Jeep Grand Cherokee yang dikemudikan oleh Bob Lutz, bos Chrysler, menabrak kaca jendela hingga pecah seluruhnya,  

Quadra-Trac & Quadra-Drive

gambar 4wd

Sistem 4WD yang menjadi acuan bagi SUV lainnya  

Jeep memperkenalkan sistem gerak 4WD Quadra-Trac II dan Quadra-Drive pada tahun 1999. Keduanya memiliki predikat sebagai “one of the most advanced off-road system” pada masanya dan terus menjalani penyempurnaan hingga saat ini. Perangkat tersebut menjadi fitur standar pada produk Jeep mulai tahun 1999 sampai sekarang.  

Jeep Renegade & Jeep Gladiator 

gambar jeep

Menjadi pelopor ekspor untuk pasar global 

Selain Wrangler, Cherokee, dan Grand Cherokee, Jeep juga mengandalkan Renegade serta Gladiator selaku ujung tombak penjualan untuk pasar global.  Secara spesifik, Jeep memberikan lisensi produksi kepada  India, China, Brasil dan Eropa.  Khusus India dan China bahkan mendapatkan ijin untuk  memproduksi Jeep versi pasar lokal. Kembalinya Jeep Gladiator melalui platform Jeep Wrangler memberikan warna tersendiri dalam peringatan 80 tahun Jeep sekaligus menandai kehadiran dalam segmen pasar pick-up SUV yang selama ini "kosong". .      

Jeep Wagoneer & Jeep Grand Wagoneer

gambar jeep

Menjadi produk paling mewah dalam keluarga besar Jeep 

Keduanya lahir kembali (reborn) pada tahun 2021, tepatnya Maret 2021 sebagai model tahun 2022. Perbedaan mendasar antara Jeep Wagoneer dan Jeep Grand Wagoneer terletak pada sistem geraknya. Jeep Wagoneer tersedia dengan pilihan RWD dan 4WD (opsional), sedangkan Jeep Grand Wagoneer lebih mewah dan memiliki sistem gerak 4WD sebagai standar. Kehadiran mereka menandai salah satu batu lompatan penting dalam 80 tahun Jeep melalui segmen pasar SUV premium. .  

Jeep Listrik

gambar jeep

Salah satu SUV listrik yang menawarkan kemampuan jelajah lintas alam 

Sejalan datangnya era mobil listrik, Jeep merilis  model 4xe plug-in hybrid yang diawali oleh Jeep Wrangler 4xe. Kemudian disusul oleh  Jeep Grand Cherokee 4xe yang bakal tampil dalam New York Auto Show 2021 (20-29 Agustus 2021). Kedua produk tersebut menjadi mahakarya yang menandai momen penting dalam 80 tahun Jeep pada 2021 melalui produk mobil listrik. 

>>> Deretan Mobil Jeep Kharismatik Selain Willys dan Wrangler  

 

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top