12 Kota di China Dengan Populasi Mobil Lebih Dari 3 Juta Unit

25/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
12 Kota di China Dengan Populasi Mobil Lebih Dari 3 Juta Unit
Dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, populasi mobil di China sangat tinggi. Bahkan di 12 kota jumlah mobil yang beredar telah lebih dari 3 juta unit.

Jika ada negara yang paling menggiurkan bagi produsen otomotif, itu adalah China. Dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, kebutuhan akan kendaraan sangat besar. Lantas berapa besar populasi kendaraan bermotor di China saat ini?

Populasi mobil di China

Dikutip dari Gasgoo, (22/10/2020), Kementerian Keamanan Publik China melaporkan pada akhir September 2020 jumlah kendaraan bermotor di China telah mencapai 365 juta unit. Dari jumlah tersebut sebanyak 275 juta unit adalah mobil.

Angka tersebut jauh lebih tinggi dari negara lain dan diyakini bakal sulit disalip. Bahkan oleh negara besar lain seperti Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa. Dibandingkan dengan Indonesia misalnya, butuh waktu puluhan tahun untuk mencapai angka tersebut. Itu karena populasi mobil di Indonesia berkisar 1 juta unit per tahun. Belum lagi di masa pandemi saat ini dimana penambahan mobil baru sangat minim.

Diberitakan juga jumlah kendaraan bermotor yang baru yang diregistrasi pada triwulan ketiga (Juli-September) mencapai 9.03 juta unit, naik sebesar 20,48 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Dari jumlah tersebut sebanyak 6,17 juta unit adalah mobil. Selebihnya adalah kendaraan bermotor jenis lain.

>>> Cuma Pasar Otomotif China yang Bisa 'Bersinar' di Masa Pandemi

Foto menunjukkan Lalu lintas di Kota Beijing yang padat

Lalu Lintas di Kota Beijing salah satu yang terpadat di dunia

Kota dengan populasi mobil terbanyak

Jumlah besar tak lepas dari permintaan besar, terutama di kota-kota berpenduduk padat. Hingga akhir September, terdapat 69 kota di China yang populasi mobilnya mencapai 1 juta unit. Bertambah 3 kota jika dibandingkan periode tahun lalu yang hanya 66 kota.

Dari jumlah tersebut ada 12 kota dengan populasi mobil paling tinggi, lebih dari 3 juta unit, yaitu:

  1. Beijing,
  2. Chengdu,
  3. Chongqing,
  4. Suzhou,
  5. Shanghai,
  6. Zhengzhou,
  7. Xi'an,
  8. Wuhan,
  9. Shenzhen,
  10. Dongguan,
  11. Tianjin, dan
  12. Qingdao.

Beijing menjadi kota dengan jumlah mobil terbanyak, yakni lebih dari 6 juta unit. Chengdu di urutan ke dua dengan jumlah mobil sebanyak 5 juta unit. Kemudian untuk Kota Chongqing, Suzhou, dan Shanghai masing-masing lebih 4 juta unit.

Jika menilik pasar mobil di China, bisa dikatakan tidak ada yang tidak laku. Meski bukan merek terkenal atau yang dipasarkan adalah jiplakan dari merek lain, mobil tetap laku. Hingga saat ini, merek paling laris ditempati group Volkswagen (VW) disusul merek dari grup lain.

>>> Dapatkan mobil yang kamu cari di sini!

Foto menunjukkan Tesla Model 3 tampak dari belakang

Tesla Model 3 mulai memikat warga China

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top