1,1 Juta 'Mobil Murah' Lahir di Pabrik Daihatsu Indonesia Selama 8 Tahun

27/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
8 tahun berkiprah mengisi segmen mobil murah atau Low Cost Green Car (LCGC), Daihatsu berhasil memproduksi 1,1 juta unit kendaraan untuk domestik dan ekspor.

Low Cost Green Car (LCGC) atau kerap disebut mobil murah memiliki daya tarik tersendiri baik di mata masyarakat Indonesia maupun luar negeri. Buktinya, Daihatsu yang juga turut bermain di segmen LCGC tercatat telah memproduksi 1,1 juta unit kendaraan secara kumulatif. 

Capaian ini adalah untuk semua mobi LCGC Daihatsu yang diproduksi di Indonesia, baik sebagai merek Daihatsu sendiri atau Toyota.

>>> Semua Model LCGC Masuk Daftar Mobil Terlaris, Kecuali Merek Ini

Termasuk Permintaan Domestik dan Ekspor

Capaian ini juga mencakup permintaan di pasar domestik dan juga ekspor dalam bentuk CBU (Completely Built Up).

Daihatsu Sigra

Sigra kini menjadi tulang punggung Daihatsu

Perlu diketahui, pabrik PT Astra Daihatsu Motor tak hanya memproduksi mobil murah merek Daihatsu melainkan juga Toyota. Terdapat 2 segmen kendaraan LCGC yang diproduksi ADM. Segmen pertama adalah HB (Hatchback), yaitu Astra Daihatsu Ayla, Astra Toyota Agya, dan Toyota Wigo yang sejak peluncuran perdananya di tahun 2013 hingga 2020 telah mencapai lebih dari 650 ribu unit. 

Kemudian yang kedua adalah mobil murah berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle), yaitu produk kolaborasi Astra Daihatsu Sigra dan Astra Toyota Calya. Produksi pada kendaraan di segmen ini telah mencapai lebih dari 465 ribu unit sejak peluncuran perdananya.

Capaian total produksi dari kedua segmen LCGC yang menembus lebih dari 1,1 juta unit ini berkontribusi sekitar 29% dari jumlah total produksi ADM yang berkisar sekitar 3,8 juta unit pada periode 2013 – 2020.

"Terima kasih untuk semua pelanggan yang telah membeli produk LCGC dari ADM, sehingga total produksi ADM pada segmen ini telah mencapai lebih dari 1,1 juta unit dalam waktu 1 windu," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam keteranganya yang diterima Cintamobil. 

>>> Jadi Mobil LCGC Termahal, Apa Saja Fitur di Dalam Honda Brio Satya?

Bukan yang Pertama Produksi 1 Juta Unit Mobil

pabrik Daihatsu

Produksi di pabrik Daihatsu sempat terhambat pandemi

Capaian ini merupakan salah satu catatan penting ADM, dan menandakan bahwa kendaraan mobil murah Daihatsu menjadi salah satu produk yang paling diminati di pasar domestik, maupun pasar ekspor.

Prestasi ini melengkapi sejarah ADM yang sebelumnya telah mencapai produksi kendaraan 1 juta unit pada 2005, 2 juta unit pada 2010 disertai penghargaan rekor dari MURI, serta 3 juta unit (2013), 4 juta unit (2015), 5 juta unit (2017), dan 6 juta unit (2019).

>>> Mobil Listrik Murah Tesla Muncul September 2021, Seharga LCGC?

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top