1,1 Juta 'Mobil Murah' Lahir di Pabrik Daihatsu Indonesia Selama 8 Tahun

27/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
1,1 Juta 'Mobil Murah' Lahir di Pabrik Daihatsu Indonesia Selama 8 Tahun
8 tahun berkiprah mengisi segmen mobil murah atau Low Cost Green Car (LCGC), Daihatsu berhasil memproduksi 1,1 juta unit kendaraan untuk domestik dan ekspor.

Low Cost Green Car (LCGC) atau kerap disebut mobil murah memiliki daya tarik tersendiri baik di mata masyarakat Indonesia maupun luar negeri. Buktinya, Daihatsu yang juga turut bermain di segmen LCGC tercatat telah memproduksi 1,1 juta unit kendaraan secara kumulatif. 

Capaian ini adalah untuk semua mobi LCGC Daihatsu yang diproduksi di Indonesia, baik sebagai merek Daihatsu sendiri atau Toyota.

>>> Semua Model LCGC Masuk Daftar Mobil Terlaris, Kecuali Merek Ini

Termasuk Permintaan Domestik dan Ekspor

Capaian ini juga mencakup permintaan di pasar domestik dan juga ekspor dalam bentuk CBU (Completely Built Up).

Daihatsu Sigra

Sigra kini menjadi tulang punggung Daihatsu

Perlu diketahui, pabrik PT Astra Daihatsu Motor tak hanya memproduksi mobil murah merek Daihatsu melainkan juga Toyota. Terdapat 2 segmen kendaraan LCGC yang diproduksi ADM. Segmen pertama adalah HB (Hatchback), yaitu Astra Daihatsu Ayla, Astra Toyota Agya, dan Toyota Wigo yang sejak peluncuran perdananya di tahun 2013 hingga 2020 telah mencapai lebih dari 650 ribu unit. 

Kemudian yang kedua adalah mobil murah berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle), yaitu produk kolaborasi Astra Daihatsu Sigra dan Astra Toyota Calya. Produksi pada kendaraan di segmen ini telah mencapai lebih dari 465 ribu unit sejak peluncuran perdananya.

Capaian total produksi dari kedua segmen LCGC yang menembus lebih dari 1,1 juta unit ini berkontribusi sekitar 29% dari jumlah total produksi ADM yang berkisar sekitar 3,8 juta unit pada periode 2013 – 2020.

"Terima kasih untuk semua pelanggan yang telah membeli produk LCGC dari ADM, sehingga total produksi ADM pada segmen ini telah mencapai lebih dari 1,1 juta unit dalam waktu 1 windu," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam keteranganya yang diterima Cintamobil. 

>>> Jadi Mobil LCGC Termahal, Apa Saja Fitur di Dalam Honda Brio Satya?

Bukan yang Pertama Produksi 1 Juta Unit Mobil

pabrik Daihatsu

Produksi di pabrik Daihatsu sempat terhambat pandemi

Capaian ini merupakan salah satu catatan penting ADM, dan menandakan bahwa kendaraan mobil murah Daihatsu menjadi salah satu produk yang paling diminati di pasar domestik, maupun pasar ekspor.

Prestasi ini melengkapi sejarah ADM yang sebelumnya telah mencapai produksi kendaraan 1 juta unit pada 2005, 2 juta unit pada 2010 disertai penghargaan rekor dari MURI, serta 3 juta unit (2013), 4 juta unit (2015), 5 juta unit (2017), dan 6 juta unit (2019).

>>> Mobil Listrik Murah Tesla Muncul September 2021, Seharga LCGC?

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Review Honda Brio Satya E 2013: LCGC Lincah untuk Berjiwa Muda

21/11/2019

Editor rate:

Honda Brio Satya E 2013 menjadi opsi yang baik jika Anda ingin membeli sebuah hatchback untuk perkotaan. Apa saja kelebihan hatchaback ini? Selengkapnya bisa dibaca ulasannya di bawah ini

Lihat juga

Review Daihatsu Ayla 2013: Pelopor Mobil LCGC Di Indonesia

Rp 70.000.000

13/11/2020

Editor rate:

Daihatsu Ayla jadi pelopor mobil LCGC di Indonesia, ia diperkenalkan tahun 2012 di JIE Expo Kemayoran mulai dipasarkan tahun 2013, seberapa menarik mobil ini?

Lihat juga

Review Renault Kwid 2017 Indonesia: LCGC yang Kental dengan Nuansa SUV

Rp 117.000.000

07/11/2017

Editor rate:

Sebagai produsen mobil berasal dari Eropa, Renault nampaknya paham betul dengan emisi gas buang yang membahayakan lingkungan jika dilakukan secara kontinyu. Untuk itu, produsen asal Prancis ini coba mengeluarkan varian mobil ramah lingkungan yaitu Renauld Kwid. Mobil ini sendiri akan membuat orang bertanya-tanya karena desainnya yang begitu kokoh. Renault seakan memberikan kejutan sendiri atas mobil ini. Lantas, bagaimana spesifikasi lebih lanjut dari Renault Kwid Indonesia?

Lihat juga

Ini Pilihan BBM dan Oli Yang Bagus Buat Mobil LCGC Menurut BOS

24/10/2018

Perawatan dan service

6 menit

Punya status mobil murah bukan berarti boleh sembarangan pilih BBM dan oli untuk mobil LCGC. Keduanya tetap harus mendapatkan perhatian agar mobil bisa beroperasi dengan kondisi yang terbaik dan terhindar dari risiko kerusakan lebih cepat. So, ini pilihan BBM dan oli yang bagus buat mobil LCGC menurut BOS.

Lihat juga

Seharusnya Harga Mobil Listrik di Indonesia Bisa Setara LCGC

26/11/2020

Pasar mobil

5 menit

Harga mobil listrik di Indonesia masih sangat tinggi dibandingkan negara-negara lain. Insantif yang diberikan pemerintah juga rasanya masih kurang tepat. Lalu bagaimana solusinya?

Lihat juga
 
back to top