1000 Daya Kuda dan 2.498 Nm Torsi, Traktor Tercepat di Dunia Tembus 166 km/jam

25/06/2019

Pasar mobil

2 menit

1000 Daya Kuda dan 2.498 Nm Torsi, Traktor Tercepat di Dunia Tembus 166 km/jam
Pabrikan peralatan industri Inggris, JCB telah memecahkan rekor kecepatan tertinggi untuk traKtor. Menggunakan versi modifikasi Fastrac 8000, traktor tercepat di dunia ini mampu melaju hingga kecepatan 166.7 km/jam.

Sebelumnya, rekor traktor tercepat di dunia dipegang oleh Track-tor bertenaga 500 daya kuda yang dikembangkan oleh Top Gear. Tetapi jika dibandingkan dengan Fastrac 8000, kecepatan Track-tor Masih jauh dibawahnya. Dalam pencapaiannya, Track-tor hanya mampu bergerak hingga 140 km/jam.

Dikembangkan secara diam-diam selama beberapa bulan terakhir, mesin pertanian cepat ini ditenagai oleh mesin diesel 7.2 liter enam silinder yang menghasilkan ledakan 1.000 daya kuda serta torsi monster 2.498 Nm.

 traktor Fastrac 8000 berwarna hitam dan kuning
Fastrac 8000 dengan mesin 7.2 liter bertenaga 1.000 daya kuda

Dilansir dari Farmer’s Weekly, transmisi Agco CVT biasa pada Fastrac digantikan oleh ZF manual enam percepatan. JCB juga meningkatkan aerodinamika traktor dengan bantuan Williams Advanced Engineering. Bagi yang belum tahu, WAE adalah kru yang sama di belakang tim Formula dengan nama yang sama.

>>> Honda Mean Mower V2: Mesin Potong Rumput Tercepat Di Dunia

Dalam pemecahan rekor ini, Fastrac dikendarai oleh pembalap motor dan pembawa acara TV Guy Martin di Bandara Elvington, Yorkshire, Inggris. "Itu adalah hari yang menyenangkan dengan JCB di Elvington, hasil yang memuaskan dengan beberapa teknisi yang tepat. [Traktor ini] terasa sangat stabil di landasan pacu, sangat mulus," seru Martin.

Gagasan untuk menghasilkan traktor tercepat di bumi ini diungkapkan oleh ketua JCB sendiri, Lord Bamford. "Kami telah lama memendam mimpi untuk mencoba rekor kecepatan dengan Fastrac dan seluruh tim telah bekerja tanpa lelah untuk mencapai hasil luar biasa ini," ungkapnya. 

>>> Berita pasar mobil terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Guy Martin dengan kostum berwarna kuning bersama Fastrac 8000 berwarna kuning
Guy Martin yang membantu Fastrac menjadi traktor tercepat di dunia

"Saya sangat bangga dengan apa yang telah mereka capai dalam waktu sesingkat itu. Ini adalah modifikasi Inggris yang terbaik dan itu benar-benar menyoroti keterampilan dan inovasi yang kami miliki dalam tim teknik kami. Mereka telah melakukan pekerjaan yang benar-benar fantastis."

Tahun lalu, pemecahan traktor tercepat dilakukan di Bruningthorpe Proving Ground, bekas pangkalan Angkatan Udara Kerajaan Inggris. Selain memecahkan rekor dunia, film dokumenter tentang pemecahan rekor ini akan ditayangkan di Inggris pada Channel 4 akhir tahun ini. 

>>> Baca juga berita terkini dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top