Ratusan Kendaraan Pemudik Diminta Putar Balik di Pos Penyekatan Kota Tangerang

10/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Sebanyak 100 kendaraan yang terindikasi akan melakukan mudik telah diminta putar balik di Posko Penyekatan Kota Tangerang.

Hari keempat larangan mudik Lebaran 2021 sebanyak 100 kendaraan terjaring penyekatan oleh Satlantas Polres Metro Tangerang Kota di posko penyekatan dan posko check point di seputar Kota Tangerang. Langkah ini sesuai dengan aturan Pemerintah Pusat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

>>> Jangan Nekat Nyelinap Mudik Naik Truk, Berbahaya!

Gambar menunjukan Razia

Larangan mudik lebaran 2021 (Foto; dokumentasi About Tangerang)

Sebanyak 100 Kendaraan Berhasil Diputar Balik

Posko penyekatan telah didirikan di Jalan Gatot Subroto, Jatiuwung, Kota Tangerang, dan posko check point didirikan Jalan MH Thamrin, Pinang, Kota Tangerang. KBO Satlantas Polres Metro Tangerang Kota AKP Agus Pribadi mengatakan kendaraan yang diputar  balik itu diindikasikan bakal mudik Lebaran. 

“Total kendaraan yang berputar balik di dua posko itu ada 100 kendaraan. Dari 100 kendaraan itu, sebanyak 41 kendaraan diantaranya merupakan hasil penjaringan di posko check point. Puluhan kendaraan itu terdiri dari 12 sepeda motor, 12 mobil, dan 17 bus. Nah sementara itu, di posko penyekatan, ada 59 kendaraan yang disuruh berputar balik terdiri  terdiri dari 22 sepeda motor dan 37 mobil,” kata  Agus seperti dikutip dari lama NTMC Polri.

>>> Sederet Kerugian Mudik Menggunakan Travel Gelap

Gambar menunjukan Larangan mudik

Pemotor juga ikut diputarbalikan (Foto: okumentasi About Tangerang)

Protokol Kesehatan di Posko Cek Poin

Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Kota AKBP Jamal sebelumnya telah menyatakan, posko cek poin berfungsi untuk menegakkan protokol kesehatan dan filterisasi awal kendaraan pemudik.

Jamal mengatakan bahwa kepolisian di posko penyekatan bakal menegakkan protokol kesehatan, memeriksa surat izin keluar masuk (SIKM), dan memutarbalikkan kendaraan pemudik yang nekat mudik. Bila ada pengendara kendaraan yang diidentifikasi sebagai pemudik, kepolisian bakal menyuruh mereka untuk berputar balik kembali ke kota asalnya.

“Itu sebagai pos monitoring dan filterisasi protokol kesehatan masyarakat. Yang tidak sesuai ketentuan, pasti akan kami suruh putar balik,” ungkap Jamal.

Jamal menambahkan, setidaknya ada 120 personel dari Satlantas Polres Metro Tangerang Kota yang dikerahkan dalam penjagaan posko cek poin dan posko penyekatan tersebut. Nantinya bakal ada personel gabungan dari TNI, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Satpol PP Kota Tangerang, dan lainnya.

>>> 7 Terminal Bus Jabodetabek Berhenti Beroperasi saat Ada Larangan Mudik 2021

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top