10 Percobaan Membuat Mobil Terbang di Dunia

25/04/2018

Pasar mobil
Share this post:
10 Percobaan Membuat Mobil Terbang di Dunia
Terbang menjadi salah satu impian manusia. Mulai dari percobaan dari Wright Bersaudara, ada beberapa percobaan mengorbankan mobil yang lebih dulu tercipta, untuk membuat mobil terbang.

Semenjak Glenn Curtis memamerkan mobil terbang pada tahun 1917, mungkin ada 100 desain yang berbeda telah dianalisis dan didiskusikan secara luas. Tapi, hanya sekitar selusin kendaraan konsep terbang dan melaju di jalan, dengan tiga desainer meninggal dalam percobaan membuktikan konsep mereka sendiri. Karena desain, hukum dan perizinan, hanya ada dua desain mobil terbang yang pernah disertifikasi oleh CAA sebagai pesawat.

10. Terrafugia Transition

 Gambar yang menunjukan mobil terbang modern bernama Terrafugia Transision

Terrafugia Transition masih akfit sampai sekarang

Pesawat bersayap empat dengan serat karbon ini bisa terbang secara vertikal. Terrafugia Transition mampu mencapai kecepatan hampir 100 km/jam di jalan dengan roda belakang didorong oleh mesin Rotax bertenaga 100 tenaga kuda empat silinder. Dengan harga mencapai Rp. 3.2 Trilliun, jangan salah, sudah ada sekitar 100 pelanggan yang membayar setoran awal.

9. Moller Skycar

Gambar yang menunjukan mobil terbang Moller Skycar yang masih aktif

Mobil terbang Skycar yang masih aktif saat ini

Moller Skycar disebut juga dengan kendaraan lepas landas dengan pendaratan vertikal pribadi dan tidak dibuat untuk dikendarai di jalan. Dikembangkan oleh Paul Moller, seorang insinyur dari Kadana, kinerja Skycar telah dijanjikan pada kecepatan jelajah hampir mencapai 450 km/jam dan kecepatan tertinggi 600 km/jam. Tapi pembuatan Skycar terlambat dari uji coba tahun 1967 ketika perusahaan didenda sebesar Rp. 700 Juta pada 2003 karena “membuat klaim yang tidak dibuktikan kebenarannya” tentang Skycar.

>>> Baca juga: Harga Mercedes-Benz S Class Pada April 2018

8. Panoz Espernate Flying Car

Gambar yang menunjukan mobil terbang buatan Panoz Espernate

Mobil terban buatan Jesse James tahun 2006

Untuk acara televisi reality-nya, Monster Garage, Jesse James melampirkan sayap, ekor dan mesin kepada Panoz Espernate. Pada uji coba pertamanya, James berhasil menerbangkan Esperante dengan mesin Ford V8 bertenaga 305 hp dengan kecepatan 128 km/jam dan terbang selama 3 detik, sekitar 350 kaki di udara.

>>> Baca juga 10 mobil termahal yang dimiliki selebritis

7. Henry Smolinski Mizar

Gambar yang menunjukan moil terbang Hanry Smolinski Mizar

Henry Smolinski Mizar dibuat tahun 1971

Menggunakan sayap pesawat Cessna Skymaster dan perakitan mesin dari Ford Pinto, Henry Smolinski Mizar masih memasang bagian pesawat ketika mobil ini melaju di jalanan. Mizar sudah direncanakan untuk diproduksi dan dijual seharga kurang dari Rp. 263 Juta, namun desainer Henry Smolinski dan pilot Harold Blake tewas dalam kecelakaan penerbangan uji coba.

6. Leland D. Bryan Autoplane

Gambar yang menujukan mobil Aerocar buatan Dewey Bryan

Dewey Bryan Autoplane buatan tahun 1953

Seorang teknisi di Milford Proving Grounds General Motors di Michigan menciptakan pesawat dengan sayap lipat dengan tenaga dari mesin Kontinental dan memakai konfigurasi baling-baling pusher. Leland D. Bryan membangun tiga versi pesawat berbadan logam yang bisa terbang dengan kecepatan tertinggi sekitar 100 km/jam pada versi pertama, dan versi kedua terbang selama 65 jam. Namun dia meninggal dalam kecelakaan versi ketiganya pada tahun 1974.

>>> Mungkin Anda tertarik, Review Suzuki Ertiga 2018 : Mampukah Lawan Avanza dan Xpander?

5. Taylor Aerocar

Gambar yang menunjukan mobil terbang Taylor Aerocar

Aerocar diperkenalkan pada 1949

Terinspirasi dari pesawat mobil Airphibian awal, Moulton Taylor membangun sebuah mobil terbang bersayap pada 1949. Didukung oleh mesin Lycoming bertenaga 150 tenaga kuda melalui gearbox manual konvensional. Aerocar dihargai dengan Rp. 350 Juta pada tahun 1950an dan dinyatakan sebagai pesawat terbang pada 1956 dengan kecepatan 100 km/jam dan ketinggian terbatas pada 12.000 kaki.

4. Convaircar

gambar yang menunjukan mobi terbang Convaircar

Convaircar karya Henry Dreyfuss diperkenalkan tahun 1947

Convaircar karya Henry Dreyfuss memilki lebar sayap 35 kaki dengan mesin pesawat Lycoming bertenaga 190 hp, ketika diadaptasi untuk jalanan, mobil fiberglass ini didukung oleh mesin 25 tenaga kuda dengan modul mesin sayap dan pesawat terbang bisa dilepas dan ditarik ke bagian belakang mobil.

>>>  Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

3. Fulton Airphibian

Gambar yang menunjukan mobil terbang bernama Fulton Airphibian

Fulton Airphibian mengudara pada 1945

Arsitek dan penemu Robert Edison Fultron Jr. merancang sebuah pesawat yang bisa dilalui dengan sayap dan ekor yang bisa dilepas. Konsep ini mendapatkan persetujuan bersyarat dari CAA dan Airphibian berhasil terbang tapi tidak pernah menarik investor, dan Fulton tidak pernah membangun versi produksinya.

2. Tampier Roadable

Gambar yang menunjukan mobil terbang Model 11 Aeroplane

Roadable diperkenalkan di Paris pada 1921

Dua mesin 12 silinder untuk mengudara dan empat silinder untuk jalan dibangun oleh René Tampier untuk Paris Air Salon 1921 dan memasarkan konsep tersebut kepada militer Prancis. Setelah penerbangan singkat ke Paris Air Salon, Roadable berkeliling Paris selama dua jam dengan kecepatan mencapai 24 km/jam.

1. Model 11 Autoplane

Gambar yang menunjukan mobil terbang Model 11 Autoplane pada 1917

Model 11 Autoplane diperkenalkan pada 1917

Pada bulan Februari 1917, penerbang Glenn Curtiss memperkenalkan Model 11 Autoplane pada Pameran Aeronautikal Pan-Amerika di New York. Memiliki tiga bangku untuk pilot di depan dengan dua penumpang di belakang, Curtis Autoplane dibekali mesin depan motor bertenaga baling-baling belakang dengan driveshaft dan pulleys.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

Share this post:
 
back to top