10 Mobil Ini Merupakan Mobil Produksi Indonesia, Tapi Menjadi Produk Terlaris Luar Negeri, Apa Saja Itu?

31/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
10 Mobil Ini Merupakan Mobil Produksi Indonesia, Tapi Menjadi Produk Terlaris Luar Negeri, Apa Saja Itu?
Tidak terlalu kuat dalam hal penjualan di dunia otomotif tanah air, beberapa mobil ini malah menunjukan bahwa mobil produksi Indonesia juga bisa berbuat banyak di luar negeri Apa saja mobil itu?.

Produsen mobil yang ada di Indonesia tidak hanya mengimpor mobil-mobil yang ada di pasar otomotif Tanah Air. Banyak merek-merek mobil menjadikan Indonesia sebagai dasar ekspor dan menjual mobil yang diproduksi di Indonesia ke negara-negara lain. Hal ini tentunya juga disebabkan oleh tangan dingin anak-anak bangsa yang terampil dalam hal perakitan kendaraan. Kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga akan hal itu.

Menurut data distribusi ekspor dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ada beberapa perusahaan yang memproduksi mobil di dalam negeri untuk di ekspor ke luar. Beberapa merek bergerak secara komersial, diantaranya Toyota, Honda, Daihatsu, Nissan, Suzuki, serta beberapa merek lainnya.

Gambar yang menunjukan mobil baru Toyota Fortuner yang laris di luar negeri

Toyota Fortuner menjelma menjadi mobil produksi Indonesia terlaris di luar negeri

>>> Toyota ingin reinkarnasi 'tiga bersaudara' sport car

Toyota merupakan produsen yang getol menanamkan modal di Indonesia. Penanaman modal itu dapat berwujud pembangunan pabrik, maupun investasi teknologi, Jangan salah, dengan adanya Toyota Fortuner yang diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing menjadi salah satu mobil buatan dalam negeri yang paling laris manis di berbagai negara. Tercatat, dengan ekspor mencapai Timur Tengah, sebanyak 22.957 unit Fortuner telah laku terjual. Tak heran, negara Jazirah Arab merupakan salah satu penyuka mesin 2TR-FE 2700 cc Dual VVT-i yang sjak dulu tersemat di balik bonnet Fortuner maupun Kijang Innova.

Berada di bawah Fortuner, Avanza yang dijuluki MPV ‘sejuta umat’ juga berhasil menembus pasar luar negeri. Saat ini, Avanza buatan lokal yang diproduksi oleh  mesin-mesin robotik milik Daihatsu ini, mampu terjual sebanyak 18.320 unit sepanjang semester pertama 2018. Diikuti oleh Toyota Wigo, atau dikenal dengan Ayla dan Agya, berhasil unjuk gigi di luar negeri dengan penjualan sebanyak 13.480 unit.

>>> Tertarik membeli Toyota Avanza terbaru? Dapatkan informasi selengkapnya di sini

Gambar yang menunjukan pabrik yang memproduksi Avanza Veloz

Avanza berada di posisi kedua mobil produksi dalam negeri yang laris di luar

Berjaya di dalam negeri, ternyata penjualan Innova tidak terlalu menjanjikan di luar negeri. Meskipun begitu, MPV kompak yang diproduksi oleh Toyota ini mampu bertengger di posisi ke-9 dari 10 besar penjualan mobil buatan Indonesia di luar negeri. Hal ini semakin membuktikan bahwa Indonesia adalah negara yang layak untuk investasi besar. Selain didukung dengan sumber daya manusia yang mumpuni, juga vendor-vendor sparepart di Indonesia semakin berkualitas dan mampu memenuhi permintaan pabrikan mobil. 

"Mengembangkan pilar produksi juga dilakukan oleh Suzuki, saat ini negara India adalah salah satu basis terbesar kami. Maruti didapuk sebagai tulang punggung sebagian besar produk mobil Suzuki yang ada di jalanan dunia termasuk Indonesia, dan Indonesia juga akan menjadi salah satu pilar kami selanjutnya," papar Uchiki Ryohei, General Manager, Strategic Planning Department PT. Suzuki Indomobil Sales eksklusif kepada Cintamobil.com.

 

>>> Berita pasar mobil dalam dan luar negeri hanya ada di sini

Berdasarkan data Gaikindo, berikut 10 mobil produksi Indonesia yang laris manis di luar negeri, yaitu:

 

No.

Model

Penjualan

1

Toyota Fortuner

22.957 unit

2

Toyota Avanza

18.320 unit

3

Toyota Wigo (Agya)

13.480 unit

4

Suzuki APV

8.081 unit

5

Toyota Rush

7.954 unit

6

Suzuki Ertiga

6.399 unit

7

Toyota TownAce (GranMax)

6.069 unit

8

Toyota Sienta

4.041 unit

9

Toyota Innova

3.697 unit

10

Toyota LiteAce (GranMax)

2.058 unit

Gambar yang menunjukan bagian pabrik DFSK di Indonesia

DFSK juga berencana mengembangkan produksi Indonesia untuk pasar luar negeri

Indonesia memang sedang gencarnya mengembangkan produksi otomotif dalam negeri. Melihat potensi Indonesia dalam industri otomotif dunia, DFSK yang merupakan nama baru di perindustrian otomotif Tanah Air juga berhasrat untuk menjadikan Indonesia sebagai basis kendaraan setir kanan untuk diekspor ke luar negeri, seperti Thailand dan Australia. 

>>> Dapatkan berita seputar dunia otomotif terlengkap hanya di Cintamobil.com

No.

Model

Penjualan

1

Toyota Fortuner

22.957 unit

2

Toyota Avanza

18.320 unit

3

Toyota Wigo (Agya)

13.480 unit

4

Suzuki APV

8.081 unit

5

Toyota Rush

7.954 unit

6

Suzuki Ertiga

6.399 unit

7

Toyota TownAce (GranMax)

6.069 unit

8

Toyota Sienta

4.041 unit

9

Toyota Innova

3.697 unit

10

Toyota LiteAce (GranMax)

2.058 unit

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top