10 Mobil Buatan Indonesia Paling Banyak Diekspor Pada Bulan Juli 2018

29/08/2018

Pasar mobil
Share this post:
10 Mobil Buatan Indonesia Paling Banyak Diekspor Pada Bulan Juli 2018
Tak hanya dijual di dalam negeri, mobil-mobil buatan Indonesia juga banyak diekspor ke banyak negara di dunia. Lalu, apa mobil buatan Indonesia paling banyak diekspor pada bulan Juli 2018?

Mobil buatan Indonesia tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen dalam negeri. Tapi juga diekspor untuk memenuhi permintaan pasar mancanegara. Pada bulan Juli 2018, Toyota Fortuner masih kokoh jadi jawara dengan jumlah ekspor tertinggi mencapai 7.304 unit. Menyusul adik kandungnya dari Toyota yaitu Avanza menempati urutan kedua dengan jumlah unit diekspor sebanyak 3.366 unit.

Foto gagah Toyota Fortuner tampak dari depan samping

Toyota Fortuner sangat digemari di luar negeri

Mitsubishi Xpander yang mencoba peruntungan di pasar ekspor turut merasakan manisnya duit dari negeri orang. Total unit yang diekspor mencapai 2.277 unit.

Model Toyota lain yang juga diekspor adalah Sienta. Biarpun di dalam negeri kurang digemari, di mancanegara justru sebaliknya. Mobil boxy ini masih sangat laku dan sukses mencatatkan penjualan sebanyak 922 unit.

Dari keseluruhan data ekspor mobil buatan Indonesia, Toyota Fortuner menduduki peringkat terbanyak dengan selisih lebih dari 100 persen dibanding peringkat di bawahnya, yaitu Avanza.

Bisa dimaklumi, pasar luar negeri memang beda dengan Indonesia. Orang luar negari lebih suka SUV, sementara orang Indonesia lebih memilih model MPV. Selain kapasitasnya banyak, harganya juga lebih terjangkau dibanding SUV. Soal kenyamanan bukanlah prioritas utama.

>>> Dihadiri Presiden Jokowi, Mitsubishi Xpander Resmi Diekspor Ke Mancanegara

Presiden Jokowi berpose bersama petinggi Mitsubishi

Mitsubishi Xpander resmi diekspor pada akhir April 2018

Berikut 10 mobil buatan Indonesia paling banyak diekspor pada bulan Juli 2018 ke mancanegara:

Toyota Fortuner 7.304 unit Toyota Avanza 3.366 unit Toyota Rush 3.227 unit Toyota Wigo (Agya) 2.931 unit Mitsubishi Xpander 2.277 unit Toyota Vios 1.834 unit Toyota Town Ace (Gran Max) 1.023 unit Toyota Sienta 922 unit Suzuki APV Pick-up 538 unit Toyota Innova 368 unit

>>> Tolak Isu Discontinue, Toyota Klaim Penjualan Sienta Masih Bagus

Gambar Toyota Sienta tampak dari depan samping

Toyota Sienta lebih laku di jual di luar negeri ketimbang di Indonesia

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top