10 Kasus Pencurian Konverter Katalitik Honda CRV Terjadi Baru-baru ini di London

31/01/2018

Pasar mobil
Share this post:
10 Kasus Pencurian Konverter Katalitik Honda CRV Terjadi Baru-baru ini di London
Kasus pencurian terbaru sedang melanda London baru-baru ini. Honda CRV menjadi sasaran pencurian catalytic converters yang diambil dari mobil tersebut. 10 pencurian catalytic converters atau konverter katalitik terjadi sejak awal Januari.

Bagi anda yang mempunyai mobil Honda CRV, terutama produksi tahun 2003 sampai 2009, mungkin inilah saatnya anda mulai meningkatkan penjagaan mobil anda. Polisi London sedang meneliti 10 kasus pencurian converter katalitik yang terjadi selama bulan Januari tahun ini.

Tampilan Honda CR-V yang sedang parkir pada tanah lapang

Honda CR-V 2009 yang sering menjadi korban pencurian

Juru bicara polisi kota London, Sandemar Bough mengatakan, bahwa pihaknya masih memeriksa kasus pencurian yang tidak biasa tersebut. “Tidak diketahui kenapa mereka secara khusus menargetkan kendaraan itu. Tapi terkadang konverter katalitik lebih mudah diakses, tergantung dari jenis kendaraannya."

>>> Baca juga spesifikasi Honda CR-V 2017 lengkap disini

Selanjutnya, komponen ini dicuri karena memang harga jual kembalinya yang lumayan mahal. Bough mengatakan konverter katalitik mengandung logam mahal, seperti platinum, rhodium dan palladium. Pencuri bisa menjual komponen tersebut pada tempat penadah komponen bekas mobil atau penjualan besi-besi tua.

Sebagian besar pencurian telah terjadi di tempat parkir gedung apartemen di ujung barat London dan ditargetkan pada jam malam.

Jalanan kota London yang dipenuhi dengan pejalan kaki, bus, dan gedung yang tinggi

10 pencurian terjadi di parkir gedung kota London

Pemilik bisnis perbaikan mobil Auto Strada Inc., Andy Malacaria, mengatakan bahwa pencurian converter katalitik umumnya mulai terjadi sekitar lima sampai tujuh tahun yang lalu. Namun, sudah tidak terjadi lagi. Dia bahkan terkejut bahwa pencurian semacam ini terjadi lagi.

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya

Namun satu hal yang perlu diingat, mengeluarkan converter tidak mudah dilakukan. Di masa lalu, pencuri harus menggunakan gergaji mesin.

“[Pencurian] ini merupakan suatu hal yang mudah untuk dilakukan siapa saja. Anda hanya harus rela berbaring di bawah kendaraan dan memotong konverter ini. Anda benar-benar kehilangan keseluruhan sistem knalpot dan segalanya,” kata Malacaria.

Bagian konverter katalitik yang berada pada bagian bawah mobil

Bagian konverter katalitik berada pada bagian bawah mesin

Penggantian konverter yang hilang bisa membutuhkan biaya sampai jutaan rupiah. Jika converter mobil telah diambil, anda bisa membeli converter lain yang lebih murah di pasaran. Namun, tentu saja dengan perbedaan kualitas yang sangat besar.

Polisi London saat ini telah mendesak penghuni apartemen untuk memarkir kendaraan mereka di daerah yang cukup terang atau dekat dengan jalan yang sering dilewati oleh kendaraan. Polisi meminta pemilik mobil yang telah menjadi korban pencurian melapor secara online atau menelpon ke kantor polisi pusat untuk membantu penyelidikan dan melacak jumlah pencurian yang terjadi. 

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

Share this post: