10 Jalan Tol Beroperasi Dalam Setahun, Ini Daftarnya!

22/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
10 Jalan Tol Beroperasi Dalam Setahun, Ini Daftarnya!
Sebanyak 10 jalan tol beroperasi dalam masa setahun pemerintahan Presiden Joko Widodo periode kedua, baik di Jawa maupun di luar Jawa. Berikut daftarnya!

Tanggal 20 Oktober 2020, periode dua pemerintahan Presiden Joko Widodo genap setahun. Pembangunan infrastruktur jalan menjadi proyek besar yang terus berlanjut, termasuk jalan tol. Ada banyak yang telah dioperasikan, namun juga tak sedikit yang masih dikerjakan maupun tahap rencana.

10 jalan tol beroperasi

Jika dihitung setidaknya ada 10 jalan tol beroperasi secara resmi dalam kurun waktu di atas. Baik yang berada di Jawa, maupun di luar Jawa seperti Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

>>> Mengenal Golongan Kendaraan di Jalan Tol

Foto saat Peresmian Tol Manado-Bitung

Presiden resmikan banyak jalan tol

  1. Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka). Jalan Tol Terpeka diresmikan tanggal 15 November 2019. Jalan tol yang dikelola Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya ini memiliki panjang 189 kilometer dan saat ini menjadi ruas tol terpanjang di Indonesia. Tol Terpeka mengalahkan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang panjangnya 116 Km.
  2. Tol Kunciran-Serpong (JORR 2). Jalan Tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,2 km merupakan bagian dari  jalan tol lingkar luar Jakarta  2 (JORR 2). Tol ini dikelola BUJT Jasa Marga melalui anak usahanya PT Marga Trans Nusantara dan beroperasi sejak 6 Desember 2019.
  3. Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek). Jalan Tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) atau Jakarta-Cikampek Elevated diresmikan pada 12 Desember 2019. Panjangnya 36,4 km membentang dari Simpang Susun Cikunir / Ramp hingga Gerbang Tol Karawang Barat.
  4. Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam). Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) beroperasi sejak 17 Desember 2019 yaitu untuk Seksi 2-4. Panjangnya mencapai 64,87 km dan dioperasikan oleh BUJT PT Jasa Marga Balikpapan Samarinda.
  5. Tol Kayu Agung-Palembang Seksi 1A (akses Jakabaring). Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kayu Agung-Jakabaring) dioperasikan mulai 1 April 2020. Panjangnya 29,39 km (Seksi 1) dioperasikan oleh BUJT PT Waskita Sriwijaya Tol (Waskita Karya).
  6. Tol Pandaan-Malang (Pakis-Malang). Jalan Tol Pandaan-Malang (Pakis-Malang) beroperasi mulai 7 April 2020. Tol sepanjang 3,11 km (Seksi 5) ini dikelola BUJT PT Jasamarga Pandaan Malang.
  7. Tol Depok-Antasari Seksi 2 (Brigif-Sawangan). Jalan Tol Depok-Antasari Seksi 2 (Brigif-Sawangan) dioperasikan mulai 3 Juli 2020. Panjangnya hanya 6,3 km dan dikelola BUJT PT Citra Waspphutowa.
  8. Tol Banda Aceh-Sigli Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang). Jalan Tol Banda Aceh-Sigli Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) diresmikan Presiden Joko Widodo pada 25 Agustus 2020. Panjangnya 14 km dari total panjang tol keseluruhan 74 km. Jalan tol ini dikelola BUJT PT Hutama Karya dan merupakan jalan tol pertama yang beroperasi di Provinsi Aceh.
  9. Tol Pekanbaru-Dumai (Permai). Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) diresmikan Presiden Joko Widodo secara virtual pada 25 September 2020. Tol sepanjang 131,5 km in dikelola BUJT PT Hutama Karya dan merupakan jalan tol pertama yang beroperasi di Provinsi Riau.
  10. Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu. Jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu yang paling terbaru diresmikan Presiden Joko Widodo, yaitu pada 29 September 2020. Sama dengan Tol Pekanbaru-Dumai, ruas tol sepanjang 26 km (Seksi 1 dan 2A) juga diresmikan secara virtual. BUJT PT Jasamarga Manado-Bitung (JMB) bertanggung jawab atas pengelolaan tol pertama di Sulawesi Utara ini.

Grondbreaking

Selain 10 jalan tol beroperasi di atas, dalam kurun setahun juga dilakukan beberapa groundbreaking. Seperti ground breaking Tol Akses Bandara Kertajati Jawa Barat, konstruksi ramp junction Serpong dengan exit ramp Pamulang, konstruksi Tol Pondok Aren KM 8, dan konstruksi ramp Rawa Buntu.

>>> Inilah Daftar Jalan Tol yang Dikelola Jasa Marga

Foto salah satu Lalu lintas di jalan tol

Hanya kendaraan roda empat atau lebih yang boleh melintas di jalan tol

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top