10 Hari Larangan Mudik, Polda Jabar Paksa 33 Ribu Kendaraan Putar Balik

05/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
10 Hari Larangan Mudik, Polda Jabar Paksa 33 Ribu Kendaraan Putar Balik
10 hari sejak berlaku larangan mudik Polda Jawa Barat berhasil mengarahkan lebih dari 33 ribu kendaraan yang hendak mudik untuk putar balik ke daerah asal.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memutuskan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan di seluruh Provinsi Jawa Barat, mulai 6 Mei 2020. Terkait hal tersebut segala persiapan dilakukan mulai dari sosialisasi ke pelosok-pelosok hingga check point di sejumlah titik untuk mengawasi sekaligus memeriksa kendaraan yang melintas. Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi bahkan secara langsung meninjau ke sejumlah titik yang tengah mempersiapkan diri menyambut PSBB, mulai dari Kabupaten Karawang, Subang, Cirebon dan Purwakarta.

Foto Kapolda Jabar memeriksa kesiapan pelaksanaan PSBB Jabar

Kapolda Jawa Barat memeriksa persiapan jelang PSBB satu provinsi dan larangan mudik

Penyekatan diperketat

Salah satu fokus polisi terkait pelaksanaan PSBB seluruh Provinsi Jawa Barat adalah mengintensifkan penyekatan di sejumlah titik, baik itu yang menjadi jalur utama para pemudik maupun jalur-jalur kecil yang menjadi alternatif untuk keluar masuk daerah. Selain itu juga memperketat pemeriksaan seluruh kendaraan baik itu pengangkut logistik maupun kendaraan pribadi. Hal ini dilakukan mengingat masih banyak warga yang melakukan pelanggaran larangan mudik dengan berbagai rekayasa untuk mudik.

“Kami juga akan memperketat pemeriksaan di seluruh cek point lantaran selama ini masyarakat banyak mengunakan beragam cara untuk lolos dari pemeriksaan, termasuk masih adanya beberapa kendaraan bermuatan barang dimanfaatkan untuk mengangkut pemudik,” tutur Irjen Pol Rudy, seperti dikutip dari NTMC Polri, (4/5/2020).

>>> Truk Barang Kini Dicek Untuk Memastikan Tidak Ada Penumpang Gelap

Foto menunjukkan penyekatan di jalan tol

Penyekatan bakal diperketat

Sudah mengembalikan puluhan ribu kendaraan

Ditargetkan dengan penyekatan yang lebih intens bisa mengurangi pergerakan para pemudik hingga 30 persen. Untuk yang sudah berlalu, hingga hari ke-10 sejak diberlakukannya larangan mudik pada 24 April 2020 lalu Polda Jawa Barat sudah 'memaksa' lebih dari 33 ribu kendaraan yang hendak mudik, baik yang ke arah barat (Banten-Sumatra) maupun timur (Jawa Tengah). Mereka terjaring razia yang dilakukan petugas gabungan dari Kepolisian dan yang lain di sejumlah titik pemeriksaan.

“Sampai H10 kita sudah memutarbalikan 33.686 kendaraan baik antar kota dan kabupaten itu untuk roda empat, roda dua dan umum,” ujarnya.

>>> Sisi Positif di Rumah Aja dan Tak Berkendara di Bulan Puasa

Foto menunjukkan pemudik gelap tertangkap basah petugas

Seluruh kendaraan yang melintas di kawasan PSBB dijaga ketat

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Sudah 15.239 Kendaraan Disuruh Putar Balik karena Larangan Mudik Lebaran

01/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Senam hari pasca munculnya larangan mudik Lebaran, polisi mencatat sudah berhasil memaksa putar balik 15 ribu lebih kendaraan, baik di jalan tol maupun non tol.

Lihat juga

Mobil Barang Bawa Penumpang Saat Larangan Mudik, Sanksi Bisa Berlipat

29/04/2020

Pengemudian

3 menit

Mobil barang dilarang membawa penumpang untuk bebas melintas saat larangan mudik. Awas, jika melanggar sanksinya bisa lebih berat dari pelanggaran biasa!

Lihat juga

10 Hari Larangan Mudik Lebaran Tercatat Ada 23 Ribu Lebih Pelanggaran

04/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Jumlah pelanggaran terkait larangan mudik Lebaran sudha mencapai lebih dari 23.000 kendaraan. Semua kendaraan ini pun dipaksa putar balik karena terindikasi akan melakukan perjalanan mudik.

Lihat juga

4 Hari Ada Larangan Mudik, Hampir 5.000 Kendaraan Dipaksa Putar Balik

29/04/2020

Event - Promosi

5 menit

Selama 4 hari pasca diberlakukannya larangan mudik, tercatat hampir 5.000 kendaraan yang akan keluar Jakarta dipaksa putar balik ke tempat tinggalnya.

Lihat juga
 
back to top