10 Hari Beroperasi, GT Bandara Adi Soemarmo Dilewati 7.000 Kendaraan

07/01/2021

Pasar mobil

3 menit

PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) mencatat lebih dari 7.000 kendaraan melewati GT Bandara Adi Soemarmo dalam 10 hari libur Natal dan Tahun Baru 2020-2021.

Sudah dua pekan GT Bandara Adi Soemarmo dibuka, yaitu sejak 23 Desember 2020. Gerbang tol ini menjadi akses baru Tol Trans Jawa buat warga di kawasan bandara. Selain itu juga mempermudah pengguna jalan tol mengakses bandara terbesar di Jawa Tengah tersebut.

10 hari 7.000+ kendaraan

Dalam rilisnya, (5/1/2021) PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) mencatat selama 10 hari libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (25 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021) jumlah kendaraan yang melalui GT Bandara Solo ini mencapai 7.372 kendaraan. Jumlah tersebut akumulasi kendaraan yang keluar masuk atau lalu lintas saat arus mudik dan arus balik.

“Beroperasinya GT Bandara Adi Soemarmo dapat memudahkan perjalanan pengguna jalan tol yang hendak menuju dan dari Bandara Adi Soemarmo, terutama di periode libur tahun baru 2021,” tutur Direktur Utama PT JSN Arie Irianto, dalam keterangannya.

>>> Gerbang Tol Bandara Adi Soemarmo Solo Resmi Dibuka, Tarif Masih 0

Foto menunjukkan Gerbang Tol Bandara Adi Soemarmo

Gerbang Tol Bandara Adi Soemarmo sudah bisa digunakan

Secara angka di atas belum bisa menjadi patokan mengingat waktu pengoperasian bukan pada hari-hari biasa. Arus lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru meningkat karena warga yang tinggal di luar daerah banyak yang mudik atau liburan.

Selain itu gerbang tol juga masih memberlakukan tarif 0 rupiah. Adapun para pengendara tetap membayar, itu menggunakan tarif gerbang tol terdekat, yaitu GT Ngemplak dan GT Colomadu.

Pengendara dari arah timur (Karanganyar, Ngawi, Surabaya) dikenakan tarif sama dengan keluar di GT Ngemplak. Pengendara dari arah barat (Salatiga, Semarang, Jakarta) dikenakan tarif sama dengan keluar di GT Colomadu. Sedangkan untuk pengendara yang masuk melalui GT Ngemplak dan atau GT Colomadu menuju ke GT Bandara maupun sebaliknya, tidak akan dikenakan tarif.

Arie menjelaskan, gerbang tol bandara ini terus dibuka dengan ketentuan tarif seperti di atas meski masa libur Natal dan Tahun Baru telah selesai. Tarif resmi baru akan berlaku setelah diterbitkan SK tarif dari pemerintah.

“Pengguna jalan tol dapat melewati jalur ini dengan dikenakan tarif gerbang tol terdekat. Ketentuan ini akan diberlakukan hingga keluarnya Surat Keputusan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait penetapan tarif tol GT Bandara Adi Soemarmo. Meski demikian, pengguna jalan tol tetap harus menggunakan kartu e-Toll saat melintasi jalan tol tersebut,” jelas Arie.

Gerbang Tol (GT) Bandara Adi Soemarmo

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, Gerbang Tol Bandara Adi Soemarmo merupakan salah satu dari 8 Gerbang Tol (GT) yang berada di sepanjang jalan Tol Solo-Ngawi Tol Trans Jawa. Pintu tol ini berlokasi tepat di depan gerbang masuk bandara di Jalan Cendrawasih. Keberadaannya menambah manfaat jalan Tol Solo-Ngawi.

Dari manapun asalnya pengendara yang ingin ke bandara bisa keluar di GT ini dan langsung sampai di lokasi. Begitupun sebaliknya, pengendara dari bandara yang menuju arah Semarang dan Surabaya bisa langsung masuk di GT ini.

>>> Tinggal di Solo, temukan mobil favoritmu di sini!

Foto menunjukkan Simpang Susun Colomadu

Simpang Susun Colomadu, batas awal Tol Solo-Ngawi dari arah Semarang

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top