Yuk Kenalan Dengan Fitur A.S.A Milik Daihatsu Rocky

30/04/2021

Mobil baru

3 menit

Yuk Kenalan Dengan Fitur A.S.A Milik Daihatsu Rocky
Daihatsu Rocky jadi mobil tercanggih yang dijual oleh PT Astra Daihatsu Motor karena sudah dilengkapi dengan fitur ASA (Advance Safety System), ini istimewanya

Daihatsu Rocky kini menjadi mobil tercanggih yang dijual oleh PT Astra Daihatsu Motor karena sudah dilengkapi dengan fitur ASA (Advance Safety System). Nah, kalau fitur ASA di Rocky versi Jepang atau Malaysia itu masih ditambah fitur lain yang di antaranya Adaptive Cruise Control, Lane Keep Control, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert. Maka fitur ASA kepunyaan Rocky versi Indonesia hanya ada enam fitur ini:

Gambar Daihatsu Rocky warna merah

Rocky memiliki 6 fitur utama Advance Safety System (ASA)

1. Pre-Collision Warning

Fitur yang tersemat di Daihatsu Rocky ini bertugas untuk mendeteksi risiko tabrakan depan. Sistem ini bisa aktif dengan memanfaatkan 'mata' yang terpasang di balik spion tengah. Apabila sistem mendeteksi mobil, motor, dan pejalan kaki yang ada di depan mobil, maka pengemudi diberi peringatan via suara (buzzer) dan lampu di panel instrumen dashboard.

>>> Hasil Tes Internal: Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Tembus 18 Kilometer Per Liter

2. Pre-Collision Braking

Anda tak perlu khawatir menabrak kendaraan di depan Rocky yang Anda kemudikan. Karena berkat fitur ini, mobil bisa melakukan pengereman otomatis untuk membantu pengemudi menghindari terjadinya tabrakan depan. Cara kerjanya juga sama, dengan memanfaatkan radar yang terpasang di bagian atas kaca depan, lalu sistem mengirim sinyal ke ECU (Electronic Control Unit) dan memerintahkan rem untuk diambil alih oleh sistem.

3. Front Departure Alert

Gambar fitur A.S.A Daihatsu Rocky

Rocky versi Indonesia sudah dibekali enam fitur keselamatan advance ini

Fitur ini akan memberitahu pengemudi via peringatan suara ketika mobil di depan sudah bergerak maju. Saat mengemudi di kemacetan lalu lintas fitur ini akan membantu Anda untuk segera maju ke depan.

4. Pedal Misoperation Control

Rocky juga akan semakin aman saat pengemudi secara tidak sengaja menginjak penuh pedal gas atau melakukan akselerasi mendadak. Sebab fitur ini akan menekan keluaran tenaga mesin dan otomatis mengaplikasikan rem sehingga mobil tidak berjalan maju kedepan secara tidak sengaja dan menghindarkan Anda untuk menabrak kendaraan lain di depan.

>>> Ini Dia 5 Perbedaan Daihatsu Rocky Jepang vs Indonesia

5. Lane Departure Warning

Fitur ini mengandalkan sensor untuk membaca marka jalan dan akan memberi peringatan ke pengemudi jika mobil berpindah jalur secara tidak sengaja. Fitur ini bekerja sama dengan Lane Departure Prevention di bawah ini.

6. Lane Departure Prevention

Fitur ASA terakhir yang ada di Rocky ini berfungsi mencegah pengemudi pindah jalur secara tidak sengaja dengan cara memberikan daya koreksi ringan di setir. Jadi itulah enam fitur ASA milik Rocky yang telah dijabarkan oleh tim Cintamobil.com.

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top