Yuk Kenalan Dengan Fitur A.S.A Milik Daihatsu Rocky

30/04/2021

Mobil baru

3 menit

Daihatsu Rocky jadi mobil tercanggih yang dijual oleh PT Astra Daihatsu Motor karena sudah dilengkapi dengan fitur ASA (Advance Safety System), ini istimewanya

Daihatsu Rocky kini menjadi mobil tercanggih yang dijual oleh PT Astra Daihatsu Motor karena sudah dilengkapi dengan fitur ASA (Advance Safety System). Nah, kalau fitur ASA di Rocky versi Jepang atau Malaysia itu masih ditambah fitur lain yang di antaranya Adaptive Cruise Control, Lane Keep Control, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert. Maka fitur ASA kepunyaan Rocky versi Indonesia hanya ada enam fitur ini:

Gambar Daihatsu Rocky warna merah

Rocky memiliki 6 fitur utama Advance Safety System (ASA)

1. Pre-Collision Warning

Fitur yang tersemat di Daihatsu Rocky ini bertugas untuk mendeteksi risiko tabrakan depan. Sistem ini bisa aktif dengan memanfaatkan 'mata' yang terpasang di balik spion tengah. Apabila sistem mendeteksi mobil, motor, dan pejalan kaki yang ada di depan mobil, maka pengemudi diberi peringatan via suara (buzzer) dan lampu di panel instrumen dashboard.

>>> Hasil Tes Internal: Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Tembus 18 Kilometer Per Liter

2. Pre-Collision Braking

Anda tak perlu khawatir menabrak kendaraan di depan Rocky yang Anda kemudikan. Karena berkat fitur ini, mobil bisa melakukan pengereman otomatis untuk membantu pengemudi menghindari terjadinya tabrakan depan. Cara kerjanya juga sama, dengan memanfaatkan radar yang terpasang di bagian atas kaca depan, lalu sistem mengirim sinyal ke ECU (Electronic Control Unit) dan memerintahkan rem untuk diambil alih oleh sistem.

3. Front Departure Alert

Gambar fitur A.S.A Daihatsu Rocky

Rocky versi Indonesia sudah dibekali enam fitur keselamatan advance ini

Fitur ini akan memberitahu pengemudi via peringatan suara ketika mobil di depan sudah bergerak maju. Saat mengemudi di kemacetan lalu lintas fitur ini akan membantu Anda untuk segera maju ke depan.

4. Pedal Misoperation Control

Rocky juga akan semakin aman saat pengemudi secara tidak sengaja menginjak penuh pedal gas atau melakukan akselerasi mendadak. Sebab fitur ini akan menekan keluaran tenaga mesin dan otomatis mengaplikasikan rem sehingga mobil tidak berjalan maju kedepan secara tidak sengaja dan menghindarkan Anda untuk menabrak kendaraan lain di depan.

>>> Ini Dia 5 Perbedaan Daihatsu Rocky Jepang vs Indonesia

5. Lane Departure Warning

Fitur ini mengandalkan sensor untuk membaca marka jalan dan akan memberi peringatan ke pengemudi jika mobil berpindah jalur secara tidak sengaja. Fitur ini bekerja sama dengan Lane Departure Prevention di bawah ini.

6. Lane Departure Prevention

Fitur ASA terakhir yang ada di Rocky ini berfungsi mencegah pengemudi pindah jalur secara tidak sengaja dengan cara memberikan daya koreksi ringan di setir. Jadi itulah enam fitur ASA milik Rocky yang telah dijabarkan oleh tim Cintamobil.com.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top