Wajah Baru Kia Sorento 2021, Tawarkan Mesin Hybrid dan 16 Fitur Keselamatan

23/09/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Wajah Baru Kia Sorento 2021, Tawarkan Mesin Hybrid dan 16 Fitur Keselamatan
Diposisikan di atas Kia Seltos, Kia Sorento 2021 menghadirkan pembaruan signifikan pada eksterior serta berbagai inovasi teknologi dan mesin hybrid anyar Kia.

Kia Sorento 2021 merupakan SUV teranyar yang menjadi bagian dari kebangkitan kembali merek asal Korea Selatan ini. Lebih bsar dari Kia Seltos yang ringkas, generasi keempat yang baru saja diperkenalkan memiliki perubahan yang lebih signifikan dibandingkan generasi sebelumnya dengan berbagai inovasi dan fitur menarik.

Bahasa desain Kia

Layaknya mobil baru Kia lainnya, grille tradisional Tiger Nose masih menghiasi fascia depan mobil ini. Diapit oleh desain lampu bersudut yang mengingatkan kita pada Kia Seltos: lampu berteknologi LED dilengkapi tampilan yang stylish untuk menggaet generasi muda. Garis karakter yang tegas menghiasi tampilan sampingnya.

mobil baru Kia Sorento 2021 berwarna hitam
Kesan agresif dengan perubahan signifikan pada eksterior Sorento terbaru

Ada banyak revisi yang diberikan pada issi belakang. Sorento mendapatkan desain lampu belakang yang sudah lebih dulu digunakan Kia Telluride. Lampu bergaya vertikal ini terintegrasi pada spatbor belakang. Sementara lampu bagian dalam masuk dalam bagian pintu belakang. Desain bumper mendapatkan aksen perak yang bertujuan meniru desain knalpot.

Kabin terinpirasi dari sedan Kia K5 yang menawarkan kesan lapang dan mewah. Dengan eleman kayu pada dashboard, ada laayar senuh 10,3 inci yang terintegrasi dan menyatu dengan kluster instrument. Di bawah head unit ada ventilasi AC dan konsol tengah berbalut aksen chrome. Selain konfigurasi tujuh tempat duduk, Kia menawarkan Captain Seat pada baris kedua untuk pertama kalinya.

>>> KIA Motors Perkenalkan All New Kia Sorento PHEV

Inovasi teknologi dan sistem

Seperti model baru lainnya, Sorento menawarkan rangkaian teknologi yang komprehensif. Selain fungsionalitas layar head unit yang terpisah, Kia memberikan kompatibilitas Apple CarPlay serta instrument klster digital 12,3 inci yang besar. Ada total 8 port USB untuk varian tertinggi. Di bagian audio, Kia menjanjikan sistem Bose 12 speaker.

Peningkatan teknologi dalam mobil termasuk Connected Routing yang menggunakan komputasi terhubung untuk menyediakan rute tercepat dengan mengolah informasi lalu lintas yang tersedia. Ada Google Assistant dan Amazon Alexa yang bisa membantu Anda memanaskan kendaraan pada pagi hari. 

interior Kia Sorento 2021 berwarna hitam
Kia membawa rangkaian inovasi teknologi pada Sorento 2021

>>> Perubahan Besar Kia Sorento 2021, Debut Resmi di Geneva Motor Show

Sistem UVO akan memperingatkan pengemudi melalui aplikasi pada smartphone ketika mesin idling dan mampu mematikan mobil setelah jangka waktu yang ditentukan. Jika sistem merasakan pergerakan di dalam kendaraan, pemilik akan mendapatkan notifikasi untuk mengecek jok belakang.

Tambahan lainnya terasa pada fitur keselamatan aktif dengan 16 sistem berbeda untuk menjaga SUV dari tabrakan. Perlengkapan standarnya mencakup Forward Collision Warning with Pedestrian Detection dan Automatic Emergency Braking. Yang paling baru yaitu Intelligent Speed Limit Assist yang bisa mengatur kecepatan dari Adaptive Cruise Control melalui kamera atau GPS.

>>> Review Kia Sorento 2017: SUV Premium yang Semakin Garang dan Tangguh

Tambahan mesin hybrid

Kia menghadirkan empat mesin yang tersedia untuk Sorento 2021. Varian entry level mendapatkan mesin 2.5L bertenaga 193 PS dan torsi maksimal 247 Nm dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Edisi paling tinggi mendapatkan mesin 2.5L bertenaga turbo dengan transmisi dual clutch 8-percepatan dan keluaran 285 PS serta torsi puncak 422 Nm.

Kia Sorento 2021 berwarna biru di jalanan
Kia Sorento 2021 menghadirkan model hybrid yang lebih irit mesin

Ada dua model Sorento bertenaga listrik. Model hybrid standar bermesin 4-silinder 1.6L turbocharger disandingkan motor listrik 33 kW dan baterai lithium-ion 1.5 kWh bertenaga total 230 PS. Dan yang lebih menggiurkan adalah Sorento Turbo Plug-in Hybrid. Masih dengan mesin 1.6L bertenaga turbo, tapi dengan kekuatan motor listrik 66,9 kW dan baterai 13,8 kWh yang mampu menyembutkan hingga 265 PS dan jangkauan motor listrik hingga hampir mencapai 50 km.

Kia berjanji untuk mulai mendistribusikan Sorento pada akhir 2020, kecuali Sorento Turbo Plug-in yang diprediksi meluncur awal tahun mendatang. Belum ada kabar resmi mengenai harga yang ditawarkan. Tapi varian entry level diprediksi dibanderol dengan harga mulai dari $ 27.000 atau sekitar Rp 401 jutaan.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

KIA Motors Perkenalkan All New Kia Sorento PHEV

31/08/2020

Mobil baru

3 menit

KIA Motors memperkenalkan All New KIA Sorento PHEV. SUV besar dengan teknologi plug in hybrid itu diklaim beremisi sangat rendah namun memiliki performa besar.

Lihat juga

Setelah Eksterior, Kini Giliran Interior KIA Sorento Bocor Jelang Peluncuran

12/02/2020

Mobil baru

3 menit

Akan diperkenalkan untuk pertama kalinya pada gelaran Geneva Motor Show, Maret mendatang, sosok KIA Sorento generasi terbaru sudah tak lagi jadi rahasia. Tak lama setelah spyshot eksterior muncul, kini giliran KIA memberi teaser interior SUV andalannya.

Lihat juga

Perubahan Besar Kia Sorento 2021, Debut Resmi di Geneva Motor Show

17/02/2020

Mobil baru

2 menit

Sebulan sebelum perkenalan pertamanya di Geneva Motor Show 2020, foto resmi terbaru Kia Sorento 2021 mengungkapkan desain dan interior baru yang lebih maskulin.

Lihat juga

KIA Sorento 2021 Akan Lakukan Debutnya Bulan Februari Mendatang

28/01/2020

Mobil baru

4 menit

Tak lama lagi KIA Sorento 2021 dikabarkan akan menampakkan sosoknya di Korea Selatan. Simak prediksi tentang spesifikasi, desain dan interiornya berikut ini

Lihat juga

Sosok All New KIA Sorento 2021 Terbongkar Ke Publik

30/01/2020

Mobil baru

3 menit

Seorang spy fotografer berhasil mengambil gambar mobil All New KIA Sorento 2021, mobil berkelir hitam ini sedang dites jalan untuk menguji performanya

Lihat juga
 
back to top