VW Taigo Resmi Debut di Eropa, Harganya?

31/07/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
VW Taigo menjalani debut virtual dan menjadi SUV coupe pertama di pasar Eropa. Rumor yang beredar penjualan dimulai akhir musim panas 2021 dengan harga menarik

Meningkatnya tren mobil listrik tak membuat Volkswagen (VW) mengabaikan model konvensionalnya. Bagaimanapun mobil berbahan bakar fosil masih menjadi tulang punggung penjualan VW secara global. Dan kali ini mobil terbaru yang hadir adalah VW Taigo. Kembaran VW Nivus yang dipasarkan di Brazil itu menjalani debut resminya untuk pasar Eropa secara virtual.

The 1st SUV Coupe Crossover

Volkswagen menyebut Taigo sebagai SUV coupe pertama yang diluncurkan di pasar Eropa dengan gaya crossover.

“Dengan crossover kompak baru Taigo , Volkswagen meluncurkan SUV coupé di pasar Eropa untuk pertama kalinya.” tulis Volkswagen dalam rilisnya, (29/7/2021).

Volkswagen mengklaim VW Taigo bakal menarik minat konsumen. Meski coupe identik dengan atap rendah bagian belakang, mobil ini tetap SUV yang identik dengan tampilan tinggi dan gagah. Atap rendah Taigo tak menghalangi penumpang di bagian belakang tetap mendapatkan ruang kepala yang lapang.

>>> Volkswagen Taigo 2022, Jadi "Coupé Crossover" Terbaru Untuk Pasar Eropa

Hal itu karena Taigo menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD), dibuat menggunakan platform MQB (Modularer Querbaukasten) sebagaimana yang digunakan model Polo dan T-Cross. Platform ini menempatkan sebagian besar sistem mobil diletakkan di bagian depan, termasuk powertrain. Jadi, bagian tengah ke belakang lebih fleksibel untuk beragam pengaturan.

Foto menunjukkan VW Taigo tampak samping depan

VW Taigo, kembaran VW Nivus yang dijual di Brazil Amerika Selatan

Untuk dimensi VW Taigo punya ukuran sama dengan Volkswagen Nivus, yaitu panjang 4.266 mm (168.0 inchi), lebar 1.750 mm (68,9 inchi), tinggi 1.493 mm (58.8 inchi) dan jarak sumbu roda 2.566 mm (101,0 inchi). Dengan ukuran tersebut Taigo lebih panjang dari T-Cross, tapi lebih rendah dan sempit dari T-Roc.

Foto menunjukkan Interior VW Taigo

Kokpit serba digital Volkswagen Taigo

Taigo dibekali lampu depan LED penuh, kokpit serba digital, dan sistem infotainment generasi terbaru (MIB3) sebagai standar. Di dalamnya termasuk MID 8 ichi, layar sentuh 10,25 inchi unit kontrol online (eSIM) dan "App Connect Wireless" (tergantung konfigurasi). Fitur seperti akses ke layanan streaming, kontrol suara alami, dan personalisasi berbasis cloud menggunakan "Volkswagen ID" memungkinkan penggunaan layanan MIB3.1 terbaru.

Foto menunjukkan bagian samping belakang VW Taigo

Penumpang belakang Taigo diklaim tetap nyaman meski bentuknya coupe

Taigo juga dilengkapi sistem bantuan berkendara (driving assist) seperti sistem pemantauan lingkungan "Front Assist", termasuk fungsi rem darurat kota, dan sistem peringatan keberangkatan jalur "Lane Assist" sebagai standar. “IQ.DRIVE Travel Assist” tersedia sebagai tambahan opsional, memungkinkan pengendaraan semi-otomatis hingga kecepatan tertinggi yang ditentukan sistem 210 km/jam.

>>> Volkswagen Golf R Wagon 2022, Kawin Silang Hot Hatch dan Wagon

Harga

VW Taigo bakal dirakit di Spanyol dan tersedia di sebagian besar negara di Eropa, serta Turki dan Afrika. Sedangkan untuk penjualan belum ada pengumuman resmi. Bahkan pre booking pun belum dibuka. Rumor yang beredar penjualan di Eropa dimulai akhir musim panas ini atau akhir Agustus 2021 dengan manufacturer's suggested retail price (MSRP) atau rekomendasi harga €20,000, setara Rp 340 jutaan.

>>> Cari mobil VW, cek koleksi dan harganya di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top