VW Perkenalkan Golf GTI Clubsport 2021, Tenaga Hampir 300 HP

14/10/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
VW Perkenalkan Golf GTI Clubsport 2021, Tenaga Hampir 300 HP
Tujuh bulan setelah peluncuran Golf GTI MK8, VW memperkenalkan varian Clubsport 2021, yang memiliki performa dan feeling berkendara lebih baik dari GTI standar.

Pada Maret 2020, tepatnya saat Geneva Motor Show yang dibatalkan karena pandemi Covid-19, Volkswagen memperkenalkan generasi terbaru Golf GTI. Selang tujuh bulan, mereka merilis varian GTI Clubsport yang diklaim punya performa lebih impresif dari GTI MK8 standar.

Ubahan yang didapat VW Golf GTI Clubsport 2021 cukup banyak, mulai dari peningkatan di sektor mesin, rem, suspensi, dan pengemudian. Hasilnya sebuah hot-hatchback yang sangat menggugah untuk dikendarai.

>>> VW Golf MK8 akan punya lima varian hybrid

Lebih dari sekadar lonjakan tenaga mesin

Mesin yang dipakai sama seperti GTI MK8, 2.0L turbo inline-4 berkode EA888. Namun, VW meningkatkan output tenaganya menjadi 296 HP dan torsi 400 Nm. Sebagai pembanding, GTI standar memiliki tenaga 242 HP dan torsi 370 Nm.

Sayangnya, GTI Clubsport cuma memiliki satu pilihan girboks, Dual-Clutch 7-percepatan, dan tidak menghadirkan opsi manual 6-percepatan seperti GTI standar.  Dengan kombinasi mesin dan transmisi ini, VW Golf GTI Clubsport 2021 dapat melaju dari 0-100 km/jam kurang dari enam detik, dengan top speed yang dibatasi di 250 km/jam.

Mesin 2.0L turbo EA288 yang dipakai VW Golf GTI

Tenaga mesin GTI Clubsport lebih besar 50 HP dibandingkan GTI standar

Untuk mengimbangi peningkatkan performa mesin, Volkswagen juga mengupgrade Vehicle Dynamics Manager yang mengintegrasikan kontrol variable-locking front differential dan adaptive shocks. Modifikasi suspensi yang dilakukan juga membuat GTI Clubsport lebih rendah 15 mm dari GTI standar, dan juga penambahan positif camber di roda depan. Settingan power steering juga diubah menjadi lebih direct saat masuk tikungan.

Dengan berbagai modifikasi ini, VW Golf GTI Clubsport 2020 diklaim punya handling yang lebih responsif, dan mengurangi dampak understeer khas mobil penggerak roda depan.

>>> Pabrik Volkswagen di Zwickau akan jadi produsen EV terbesar di Eropa

Dilengkapi mode berkendara khusus Nurburgring

Salah satu fitur menarik di VW Golf GTI Clubsport MK8 adalah driving modenya, Volkswagen menyematkan mode berkendara yang secara spesifik dibuat untuk Nurburgring Nordschleife, yang diberi nama Spesial.

Interior VW Golf GTI Clubsport MK8

Volkswagen menyematkan mode berkendara khusus Nurburgring di GTI Clubsport

Mode ini mengubah seting suspensi jadi lebih lunak dibandingkan Sport mode karena trek berjuluk Green Hell memiliki permukaan trek yang sangat bergelombang di mana setup suspensi keras tidak ideal.

Secara tampilan, Golf GTI Clubsport juga memiliki perbedaan di fascia depan dengan gril berpattern honeycomb. Selain itu, di setiap sudut bumper terdapat elemen seperti sayap sewarna body .

GTI Clubsport menggunakan hadir velg 18 lima palang sebagai standar, dengan ukuran 19 inci sebagai opsional. Beralih ke belakang, terdapat spoiler belakang dengan finishing hitam glossy, sedang di bagian bawah terdapat diffuser yang mengapit dua buah knalpot berukuran cukup besar.

Tampilan depan Volkswagen Golf GTI Clubsport MK8

Tampilan belakang Volkswagen Golf GTI Clubsport MK8

Perbedaan GTI dan GTI Clubsport paling kentara ada di bagian depan

Masuk ke dalam, GTI Clubsport hadir dengan material ArtVelours sebagai standar, dengan kulit berpori sebagai opsi. Interior didominasi warna hitam dengan aksen jahit-jahitan merah di kursi, armrest, dan setir. 

Berbeda dari GTI Clubsport MK7, yang penjualannya dibatasi di 400 unit, VW Golf GTI Clubsport 2021 bukan edisi terbatas, dan akan dijual mulai akhir tahun ini. Untuk banderolnya kemungkinan berkisar di £37.000 (setara Rp 703 juta).

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Volkswagen Incar 90% Pasar Mobil Listrik di Norwegia

13/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Berkompetisi di negara dengan populasi mobil listrik terbesar di dunia, Volkswagen mengincar 90 persen penjualan mobil listrik di Norwegia pada 2021 mendatang.

Lihat juga

Mantan Bos Volkswagen Ditunjuk Jadi CEO Startup Mobil Listrik

06/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Setelah berkiprah menjadi CEO Volkswagen selama tiga tahun kini Matthias Müller akan berkarir menjadi bos startup yang bersaing di segmen mobil listrik.

Lihat juga

Volkswagen Phideon Peroleh Facelift, Sedan Mewah Khusus Pasar China

02/10/2020

Mobil baru

3 menit

Jadi sebagai suksesor Phaeton di segmen sedan mewah sejak 2016, Volkswagen Phideon mendapatkan facelift yang dipamerkan dalam gelaran Auto China 2020.

Lihat juga

Volkswagen Mulai Pengujian VW ID3 Tempuh Jarak 20 Ribu Km

01/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Volkswagen memulai pengujian VW ID3 di jalan raya Jerman sepanjang 20 ribu kilometer. Ditargetkan misi listrik tersebut bisa selesai dalam waktu dua bulan.

Lihat juga

Volkswagen ID.R Cetak Rekor Lagi, Kali ini di Bilster Berg

27/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Volkswagen menciptakan ID.R sebagai mobil pencetak rekor. Setelah memegang waktu tercepat mulai dari Pikes Peak sampai Goodwood, mobil balap listrik itu kembali menorehkan rekor di Sirkuit Blister Berg, Jerman.

Lihat juga