Dirgahayu RI ke-76, VW Luncurkan Tiguan Allspace Edisi Spesial

17/08/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Dalam rangka memperingati Dirgahayu Republik Indonesia ke-76, PT Garuda Mataram Motor selaku ATPM VW di Tanah Air meluncurkan VW Tiguan Allspace edisi spesial.

Sejak diperkenalkan dua tahun lalu di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Volkswagen (VW) Tiguan Allspace menjadi tulang punggung pabrikan asal Jerman ini di pasar Indonesia.

Kini, SUV premium 7-penumpang tersebut hadir dengan edisi spesial untuk menyambut Dirgahayu Republik Indonesia ke-76 yang bertajuk VW Tiguan Allspace: The Sport Edition.

Gambar VW Tiguan Allspace

Hadir dengan edisi spesial yang diproduksi terbatas untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia.

Diproduksi Secara Terbatas

Rony Syarif, Head of Marketing and Communications Volkswagen, PT Garuda Mataram Motor menyebut bahwa mobil ini diproduksi dalam jumlah yang terbatas. Namun, ia tidak memberi angka spesifik mengenai seberapa terbatas The Sport Edition ini.

>>> Sosok Mobil Listrik VW ID.5 GTX Diungkap

“VW Tiguan Allspace memiliki keunggulan sesuai dengan kebutuhan konsumen keluarga Indonesia yang memang menyukai mobil dengan kepraktisan dan daya angkut hingga 7 penumpang. Kini, Tiguan sebagai sebuah SUV premium tak hanya menyuguhkan pilihan tersebut, namun juga memberikan opsi yang semakin eksklusif dengan kehadiran edisi spesial: The Sport Edition,” ujar Rony Syarif.

VW Tiguan Allspace: The Sport Edition ini dijual secara eksklusif sejak awal Agustus di seluruh dealer VW di Indonesia. Untuk menandai eksklusifitasnya, setiap unit yang dijual akan mendapatkan nomor edisi khusus. Mobil ini ditawarkan dengan harga Rp 685 Juta (On The Road Jabodetabek).

Gambar VW Tiguan Allspace: The Sport Edition

Dibanderol Rp 37 juta lebih mahal dari versi standarnya

Tentu saja, ada perbedaan istimewa yang ditawarkan pada setiap unit The Sport Edition yang dijual. Beberapa perubahan yang diberikan antara lain:

●    Bumper depan yang sporty
●    Trim pintu: body colour
●    Bumper belakang full body colour
●    Diffuser berwarna hitam
●    Spoiler atap berwarna hitam
●    Cover spion: body colour

Kepraktisan Dengan Nuansa Khas Eropa

VW Tiguan Allspace merupakan generasi kedua VW Tiguan yang menjadi SUV Volkswagen Group pertama yang menggunakan platform MQB (modular transverse matrix).

>>> Volkswagen Tourism Touring Dimeriahkan Belasan Komunitas Mobil VW

Mobil ini hadir dengan dimensi lebih besar yang menghasilkan ruang kabin yang lebih leluasa. Tak hanya itu, Tiguan Allspace dibekali bangku baris ketiga yang menjadikannya SUV 7-penumpang, cocok untuk keluarga Indonesia yang menginginkan kemampuan membawa penumpang dengan nuansa Eropa tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

Gambar Interior Tiguan Allspace

Menyediakan ruang untuk 7 penumpang dan barang

Sebagaimana bangku baris keduanya, bangku baris ketiga juga menawarkan fleksibilitas pelipatan bangku yang membuat ruang kabin Tiguan Allspace begitu dinamis.

Kapasitas bagasinya dalam kondisi seluruh bangku ditegakkan mencapai 230 liter, sementara saat bangku baris ketiga dilipat, kapasitasnya mencapai 700 liter, dan saat kedua baris bangku belakang terlipat, kapasitas terdongkrak menjadi 1.775 liter.

Untuk menunjang kepraktisan, fitur “Easy Open” disematkan agar membuka pintu bagasi belakang lebih mudah, hanya dengan menggerakkan kaki di bawah bumper belakang.

VW Tiguan Allspace mengusung mesin 1.4 TSI yang mampu menghasilkan tenaga puncak 150 HP dan torsi 250 Nm dengan transmisi otomatis kopling ganda (DSG) 6-percepatan.

Gambar 1.4 TSI

Dapur pacu 1.4 TSI, cukup untuk berkendara sehari-hari dan berpelesir ke luar kota

>>> Mobil Listrik VW ID.6 Crozz Siap Mengaspal, Sayang Tak Masuk Indonesia

Dapur pacu ini memberikan kemampuan berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 9,5 detik dengan kecepatan maksimal yang mencapai 202 km/jam.

Pengendaraan mobil didukung fitur Adaptive Chassis Control (DCC) yang memberikan pilihan mode pengendaraan sesuai dengan kebutuhan pengemudi, dan menjadikan sistem peredaman suspensinya beradaptasi secara elektronik sesuai dengan pilihan pengendara.

Untuk menjamin keselamatan, VW membekali mobil ini dengan deretan fitur canggih, antara lain: kamera 360° “Area View”, Electronic Stability Control (ESC), Park Assist System, enam buah Airbag, Tire Pressure Monitoring, Electronic Parking Brake dengan Autohold dan ISOFIX.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top