Ini VW ID.Buzz, Mobil Otonom Calon Taksi Online Masa Depan

08/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Selain memperkenalkan VW ID.Life, pabrikan asal Jerman ini juga menghadirkan mobil konsep ID.Buzz yang akan jadi armada taksi online VW.di masa depan.

Pada ajang IAA Mobility 2021 di Munich, Chairman Volkswagen Group, Herbert Diess dan pendiri Argo AI, Bryan Salensky membagikan detail mengenai joint venture dari kedua perusahaan dalam upaya membawa pengemudian otonom ke skala besar.

Upaya tersebut diaplikasikan ke dalam mobil konsep VW ID.Buzz, sebuah mobil listrik dengan tampilan retro-futuristik yang berbagi isyarat desain dengan VW Microbus (atau biasa dikenal sebagai VW Kombi).

Gambar Armada MOIA

Van listrik buatan VW yang digunakan sebagai armada MOIA saat ini

Mobil ini dipersiapkan untuk menjadi armada dari MOIA, perusahaan ride hailing alias taksi online yang didirikan oleh Volkswagen Group pada tahun 2016. MOIA sudah beroperasi di Hamburg dan Hanover menggunakan armada van bertenaga listrik.

>>> Mobil VW Bertenaga Listrik Hadir di IAA Mobility 2021 Munich

Demi membawa MOIA ke level selanjutnya untuk melawan rival serupa seperti Uber, VW memutuskan untuk mengembangkan teknologi pengemudian otonom demi mengkapitalisasi pasar dengan lebih efisien.

Gunakan Teknologi LiDAR

Untuk mendukung sistem pengemudian otonom ID.Buzz, Argo AI menggunakan modul LiDAR (Light Detection and Ranging), kamera, sensor radar, serta onboard computer yang dapat mendeteksi objek di depan mobil hingga 400 meter. Ini bertujuan untuk memberikan gaya mengemudi yang halus dan seperti manusia.

Gambar LiDAR VW ID.Buzz

Sistem pengemudian otonom VW ID.Buzz mengandalkan modul LiDAR yang diletakkan di bagian atap mobil

Saat ini, spesialis dari 33 negara yang berbeda sedang mengerjakan perangkat lunak untuk VW ID.Buzz yang menggunakan machine learning untuk memberikan penyempurnaan yang konstan.

Pendiri Argo AI, Brian Salensky mengungkapkan bahwa mengotomatisasi tugas mengemudi merupakan tantangan yang sangat sulit, karena komputer pada mobil harus bisa memprediksi perilaku pejalan kaki, pesepeda, dan mobil lain di jalan.

Dia menjelaskan setiap kali mereka melakukan tes prototipe di dunia nyata untuk pengumpulan data, mereka menemukan hal-hal baru yang harus dipelajari sistem untuk dikenali.

>>> Deretan Mobil Listrik Siap Debut di IAA Mobility 2021 Munich

Namun, dalam tes baru-baru ini di jalan-jalan Miami, seorang pejalan kaki dengan kostum secara akurat diidentifikasi sebagai pejalan kaki, yang menggambarkan bagaimana teknologi telah matang.

Gambar Pengemudian Otonom

Kemampuan sistem dalam membaca perilaku pengguna jalan lain sangat dibutuhkan

Perangkat lunak yang sedang dikembangkan itu memungkinkan kendaraan untuk menavigasi sendiri tanpa GPS jika diperlukan, dan Salensky menjelaskan bahwa sistem tersebut tidak membutuhkan perubahan atau peningkatan pada infrastruktur kota.

Namun, Argo AI mengatakan sistem ini mampu beradaptasi dengan infrastruktur baru yang dapat ditambahkan di kemudian hari. Pendekatan mereka untuk bermitra dengan beberapa pabrikan otomotif lain memberi keunggulan dalam persaingan sistem pengemudian otonom melawan rival seperti Tesla, Cruise AV, atau MobileEye.

Salensky menjelaskan bahwa penggunaan teknologi dalam skala besar dari sistem pengemudian otonom ini sangat diperlukan baik dari perspektif bisnis maupun data. Semakin banyak jarak yang diakumulasikan kendaraan, semakin banyak data yang dapat diproses, dan semakin banyak yang bisa dipelajari oleh sistem.

Masih Berfokus di Kota-kota Jerman

Setelah diluncurkan, VW akan berfokus pada daerah perkotaan di Jerman terlebih dahulu, di mana kendaraan seperti ID.Buzz dapat digunakan sebagai angkutan otonom dan layanan pengiriman.

>>> VW Taigo Resmi Debut di Eropa, Harganya?

Gambar VW ID.Buzz

Pengetesan akan terus dilakukan di Munich

VW berencana untuk meluncurkan armada uji coba di Munich dalam beberapa bulan ke depan, yang didusul dengan kota lain pada tahun 2025 dimulai dari Hamburg.

Ride hailing atau taksi online akan menjadi kunci strategi perusahaan, dan VW mengatakan bahwa mereka tinggal menyempurnakan fitur-fitur yang berkaitan dengan pengalaman berkendara bagi penumpang sebelum mobil ini diluncurkan secara massal untuk perusahaan mobilitas lain di seluruh dunia.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top