VW e-Bulli Concept, Retroisme Modern VW Samba

31/03/2020

Mobil baru

3 menit

VW e-Bulli Concept, Retroisme Modern VW Samba
Volkswagen (VW) Group tetap berusaha menatap ke depan di tengah merebaknya pandemi virus Corona dengan memperkenalkan VW e-Bulli Concept pada bulan maret ini

Volkswagen (VW) tetap menatap ke depan di tengah merebaknya pandemi virus Corona (COVID-19) yang mengguncang dunia termasuk Indonesia. Pada bulan Maret ini VW yang merupakan salah satu raksasa otomotif asal Jerman memperkenalkan konsep mobil listrik terbarunya ke publik, namanya adalah VW e-Bulli Concept. Yang menarik, mobil ini memiliki penampilan yang nyaris sama dengan mobil legendaris VW T1 Samba Bus.

Gambar menunjukkan VW kenalkan e-Bulli Concept

VW e-Bulli Concept diperkenalkan saat merebaknya virus Corona

Tampilan eksteriornya tetap besar dan terdapat 21 jendela, termasuk jendela melengkung di bagian depan kanan dan kiri. Pada bagian depan logo besar VW terpampang garis body yang menyerupai huruf V. Kemudian headlamp berbentuk bundar dan lampu sein bundar kecil di atasnya juga sama dengan Kombi. Jangan salah, meski desainnya klasik semua lampu sudah LED, termasuk yang di belakang. Di bagian atas terdapat panoramic roof berukuran besar yang bisa dilepas.

Gambar menunjukkan tampilan depan VW e-Bulli Concept

VW e-Bulli Concept membawa semangat retroisme VW Samba

>>> Kembangkan Teknologi Baru, Volkswagen Malah ‘Mengharuskan’ Penumpang Mabuk di Jalan

INTERIOR TIDAK KALAH RETRO

Masuk ke bagian interior VW e-Bulli Concept ini langsung terpancar desain klasik. Hanya saja dibuat dengan material kualitas terbaik. Mobil ini dapat dimuati hingga 11 penumpang dan tersedia dua pilihan warna 'Saint Tropez' dan 'Saffrano Orange'. Pada konsol tengah antara kursi pengemudi dan penumpang terdapat tuas transmisi otomatis juga tombol Start/Stop, mode Berkendara, pengaturan AC,dan defogger. Untuk bagian lantainya bermotif kayu selayaknya geladak kapal.

Gambar menunjukkan Interior VW e-Bulli Concpet 2020

Interior juga dibuat selayaknya VW Samba Bus yang fenomenal itu

Hal yang membedakan untuk bagian interior adalah kokpit yang pada VW e-Bulli Concept ini telah dimodernisasi. Penampilan speedometer analog yang berkesan retro juga memberi banyak informasi kendaraan, termasuk jangkauan jarak tempuh kendaraan dengan daya baterai yang masih tersisa. Ada juga LED indikator rem parkir, dan pengisian listrik.

Gambar menunjukkan panel indikator VW e-Bulli Concept

Panel indikator kecil ini dapat menunjukkan berbagai informasi

>>> Opsi Mobil Jerman Pertama, Inilah 5 Pilihan Mobil VW Bekas

Untuk informasi penting yang lain tidak ditampilkan di bagian dashboard, melainkan di monitor yang terletak di bagian atap, di atas spion tengah. Ada aplikasi Volkswagen 'We Connect', yang memungkinkan pengemudi menghubungkan informasi online melalui aplikasi ponsel cerdas atau melalui PC dan portal web terkait seperti sisa waktu pengisian daya, jangkauan saat ini, jarak tempuh, jarak tempuh, jarak tempuh, waktu perjalanan, konsumsi energi, dan regenerative brake.

Gambar menunjukkan layout dasbor VW e-Bulli Concept

Interior yang bergaya retro agak tercoreng dengan penggunaan tuas shifter VW modern

Untuk in-car entertaiment system VW e-Bulli Concept ini memasang head unit yang terpasang di bagian tengah dashboard. Meski terlihat bergaya retro dan otentik, namun berbagai macam source musik dapat diputar di siini. Termasuk sistem audionya yang telah dilengkapi dengan teknologi canggih seperti DAB +, Bluetooth dan USB. Radio terhubung ke sistem suara dengan komponen yang tidak terlihat, termasuk subwoofer aktif.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak berita tentang mobil baru

TAMPILAN MESIN DIBUAT ALA BOXER

Motor penggerak pada VW e-Bulli Concept ini tampilannya dibuat seperti mesin boxer empat silinder. Kapasitas baterai di mobil ini adalah 45 kWh yang terletak di bagian belakang kendaraan. Transmisi yang digunakan gearbox kecepatan tunggal. Sistem penggerak dipasangkan dengan tuas transmisi, yang sekarang diposisikan di antara kursi pengemudi dan penumpang depan.

Gambar menunjukkan motor listrik e-Bulli Concept

Tampilan motor listrik dibuat seperti mesin boxer VW

Posisi transmisi otomatis (P, R, N, D, B) ditampilkan di sebelah tuas. Di posisi B, pengemudi dapat memvariasikan tingkat pemulihan (regenerative brake), yaitu pemulihan energi saat pengereman. VW e-Bulli bisa mencapai kecepatan maksimal 80 mph atau sekitar 130 km/jam. Untuk pengisian ulang baterai dengan fast charging  50 kW hanya butuh waktu 40 menit dari kosong hingga 80 persen. Dan untuk sekali pengisian daya baterai penuh bisa digunakan menempuh jarak lebih dari 124 mil atau 200 km. Rencananya, Volkswagen Commercial Vehicles (VWCV) bakal memperkenalkan mobil konsep bergaya klasik ini kepada pelanggan Eropa mulai tahun depan.

>>>  Klik sini untuk lanjut simak berita otomotif yang hot lainnya

 
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top