Volvo XC90 Generasi Ketiga Dapatkan Varian Elektrik, Rilis 2022

28/01/2020

Mobil baru

3 menit

Volvo XC90 Generasi Ketiga Dapatkan Varian Elektrik, Rilis 2022
Volvo sudah menyiapkan ancang-ancangnya untuk menghadapi era elektrifikasi. Selain memperkenalkan XC40 Recharge tahun ini sebagai mobil EV pertamanya, pabrikan Swedia itu juga menyiapkan varian listrik untuk XC90 generasi ketiga.

Mulai dipasarkan 2015, Volvo XC90 kini sudah memasuki tahun kelima dan telah mendapatkan satu kali facelift tahun lalu. Tapi berbeda dibandingkan generasi pertama yang bertahan selama 12 tahun, Volvo tak akan menunggu waktu lama untuk memperkenalkan Volvo XC90 generasi ketiga yang diklaim akan mendapat varian elektrik.

>>> Volvo XC40 akan dapatkan head unit Android

Hal ini telah dikonfirmasi oleh CEO Volvo, Hakan Samuelsson, seperti dilaporkan Autocar. Volvo XC90 generasi ketiga akan jadi model pertama yang mendapatkan arsitektur SPA yang telah diperbarui, dan akan jadi basis utama Volvo seri 60 dan 90.

Volvo SPA Platform, yang akan jadi basis mobil listrik pabrikan Swedia itu

Volvo XC90 generasi terbaru akan dibuat memakai platform SPA yang sudah disiapkan untuk elektrifikasi

Selain ditawarkan sebagai EV, Volvo XC90 generasi ketiga juga akan mendapat varian plug-in hybrid dan mild hybrid dengan mesin bensin. Namun, varian 2.0l turbodiesel akan hilang dari line-up karena Volvo berencana untuk menghilangkan mesin diesel dari line-upnya.

>>> Sedang cari mobil? Temukan berbagai pilihan berkualitas di sini

Selain elektrifikasi, Samuelsson juga mengonfirmasi bahwa mobil dengan platform SPA di masa depan, termasuk Volvo XC90 juga menghadirkan sistem swakemudi tingkat 4 sebagai opsional bagi pembeli.  Sistem mengemudi ini dapat menggantikan peran manusia di balik kemudi mobil pada saat kondisi tertentu, semisal ketika berada di jalan bebas hambatan. Namun, Volvo masih menunggu regulasi resminya sebelum menyematkan fitur pintar tersebut di mobilnya.

Volvo XC40 Recharge, mobil listrik pertama Volvo yang akan hadir akhir 2020

Volvo XC40 Recharge akan jadi mobil listrik pertama Volvo, dan akan hadir akhir 2020

Selain XC90, Volvo juga akan mengadirkan varian EV untuk segmen kompak yang dimulai dengan XC40 Recharge akhir tahun ini. Memakai dua motor listrik, mobil berpenggerak empat roda itu akan memiliki tenaga 402 HP dan torsi 660 Nm, dan dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,9 detik dengan kecepatan maksimal 180 km/jam.

>>> Berita seputar mobil terbaru bisa Anda temukan di sini

Berbicara soal strategi EV, Volvo lebih memilih untuk menawarkan line-up mobilnya sekarang dengan varian elektrik ketimbang memperkenalkan model baru. Untuk hal ini, pabrikan Swedia itu akan memanfaatkan brand Polestar untuk pemasaran mobil listrik dengan performa tinggi.

Volvo XC90 Facelift warna putih

Volvo XC90 generasi terbaru kemungkinan akan hadir 2022 mendatang

Volvo belum mengonfirmasi kapan XC90 generasi ketiga akan memulai debutnya, namun diperkirakan akan dimulai pada 2022, dan akan berpindah tempat produksi dari Torslanda, Swedia menuju pabrik baru Volvo di South Carolina, Amerika Serikat.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top