Volvo Trucks Indonesia Kenalkan Volvo Dynamic Steering, Dan Ini Cara Kerjanya

21/06/2019

Mobil baru

3 menit

Volvo Trucks Indonesia Kenalkan Volvo Dynamic Steering, Dan Ini Cara Kerjanya
Setelah ditunggu sekian lama, Volvo Trucks Indonesia akhirnya membawa salah satu inovasi kelas dunianya ke Indonesia, yaitu Volvo Dynamic Steering (VDS). Kami akan bahas lengkap mengenai teknologi ini dan juga cara kerja VDS ini.

Volvo Trucks Indonesia mempersembahkan salah satu inovasi kelas dunianya, setelah power steering - Volvo Dynamic Steering (VDS). VDS ini menggabungkan antara power steering hidrolik konvensional dengan sebuah sebuah servo bertenaga motor listrik yang diatur secara elektronik dan dipasang antara joint pinion roda kemudi dengan steering box. Sistem ini diklaim mampu mengurangi tenaga yang dikeluarkan oleh pengemudi hingga mencapai 85%. Tidak hanya sampai disitu saja, sistem pintar Volvo Dynamic Steering ini juga mampu meredam hentakan akibat jalan tidak rata, berlubang, bahkan mampu mengkoreksi kemudi.

>>> Begini Rasanya Nyetir Truk Off-Road Di Tambang Bersama Volvo Trucks

Sistem Volvo Dynamic Steering

Ini dia modul dan servo Volvo Dynamic Steering di truk Volvo FMX yang kami coba

Volvo Dynamic Steering ini bekerja sama pada sistem kemudi mekanis konvensional (power steering) bawaan truk Volvo. Jadi pada poros (pinion) dari setir terhubung dulu ke servo VDS lalu lanjut ke steering box untuk kemudian terhubung langsung ke roda kemudi. Unit servo hidrolik ini ditenagai oleh listrik dan mampu menghasilkan tenaga yang membantu pengemudi memutar lingkar kemudi truk. Pada sistem VDS ini, motor listrik dikontrol secara elektronik dari ECU (Electronic Control Unit) khusus VDS dan dengan dibantu sensor-sensor canggih yang ada, ia memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri ribuan kali per detiknya.

Pinion Steering Volvo Trucks

Jika biasanya pinion steering ini langsung terhubung ke steering box, maka pada truk ini masuk ke servo VDS dulu

Penggunaan VDS ini memungkinkan setir menjadi sangat ringan ketika diputar pada kecepatan rendah, karena VDS berperan untuk meringankan putaran kemudi. Sebaliknya, ketika dikecepatan menengah hingga cruising speed, ia akan membantu menstabilkan roda kemudi agar laju truk lebih mudah dikontrol. Bahkan tidak sampai disitu saja, ketika kejadian darurat seperti pecah ban, VDS dapat membantu mengambil alih untuk menstabilkan truk. Hal itu dapat terjadi lantaran VDS tidak bekerja sendirian, namun ia bersinergi dengan ESC (Electronic Stability Control), TC (Traction Control) dan juga EC (Engine Control) dalam memanipulasi output tenaga mesin.

Tampak tim Cintamobil mencoba truk Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

Belum pernah kami menikmati mengemudi truk senikmat Volvo FMX yang dilengkapi dengan fitur VDS ini

Sayangnya, teknologi canggih ini memang akan disematkan pada produk Volvo Trucks yang akan dijual di Indonesia, namun pihak manajemen Volvo Trucks Indonesia masih enggan membocorkan berapa penambahan harga yang harus dibayarkan konsumen dengan adanya fitur canggih ini. Sebagai gambaran, untuk Volvo Trucks termurah dengan varian FM tipe 6x4 dijual mulai harga Rp 1,2 miliar off the road. Sementara untuk varian top op the line seperti Volvo FH16 tractor head yang pernah kami test drive langsung dijual dengan harga hingga Rp 2,4 miliar. Well, kami harap adanya fitur tambahan VDS ini tidak lekas membuat harga jual truk racikan Swedia ini menjadi jauh lebih mahal.

>>> Simak juga informasi otomotif terbaru dari Indonesia dan dunia, hanya di situs Cintamobil.com

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top