Volkswagen Tiguan Allspace, SUV Eropa Dengan Cita Rasa Indonesia

27/07/2019
PT Garuda Mataram Motor baru saja memperkenalkan mobil terbaru mereka, VW Tiguan Allspace, yang diklaim memiliki kecocokan dengan pasar Indonesia. Apa saja hal yang membuat mobil ini punya cita rasa khas Indonesia?

Diperkenalkan pada gelaran GIIAS 2019, Volkswagen Tiguan Allspace hadir sebagai penantang terbaru di segmen SUV 7-Seater yang saat ini dikuasai oleh merek-merek Jepang. Keseriusan PT Garuda Mataram Motor sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Volkswagen di Indonesia terlihat dengan rencana perakitan Tiguan Allspace menggunakan fasilitas milik Indomobil di Cikampek.

>>> Review Volkswagen Tiguan Allspace

COO PT Garuda Mataram Motor, Jonas Chendana berharap Volkswagen Tiguan Allspace dapat menjadi titik balik perjalanan Volkswagen di Indonesia. Mobil ini diklaim sesuai dengan karakteristik masyarakat di Indonesia, dirakit di Indonesia, dan memiliki harga kompetitif untuk bersaing di pasar Indonesia.

Bagian belakang Volkswagen Tiguan Allspace

Volkswagen Tiguan Allspace diharapkan menjadi titik balik Volkswagen di pasar Indonesia

“Mobil ini asalnya dari Meksiko, dan akan dirakit di pabrik Indomobil di Cikampek (Jawa Barat). Ini adalah satu-satunya SUV Jerman, tujuh penumpang, CKD Indonesia, alhasil harganya juga Indonesia,” ujar Jonas Chendana pada presentasi fitur Volkswagen Tiguan Allspace di GIIAS 2019.

“Indonesia kan suka mobil dengan tiga baris tempat duduk, mau dipakai mau tidak, pokoknya tiga baris. Jadi kami yakin Volkswagen Tiguan Allspace sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia.”

>>> Sedang mencari mobil? Temukan daftar lengkapnya di sini

Pun demikian, VW tak ingin muluk-muluk dalam penjualan Volkswagen Tiguan Allspace, mereka hanya menargetkan penjualan sebanyak 1000-2000 unit per bulan.

Menggunakan platform MQB yang juga dipakai mobil-mobil Group Volkswagen lainnya, Volkswagen Tiguan Allspace adalah versi LWB (long wheel base) dari generasi kedua Tiguan, dan mengandalkan fleksibilitas ruang sebagai nilai jual utama.

Konfigurasi tempat duduk Volkswagen Tiguan Allspace

Sesuai dengan namanya, Volkswagen Tiguan Allspace mengedepankan fleksibilitas ruangan kargo

Dengan dimensi lebih panjang 215mm dan lebih tinggi 42mm dari varian sebelumnya, serta wheelbase lebih panjang 77mm dari sebelumnya, Volkswagen Tiguan Allspace punya ruang kabin yang lebih leluasa dengan kursi yang dapat dilipat rata lantai.

Saat bangku ketiga baris didirikan, kapasitas bagasi adalah sekitar 230 liter. Namun, angka ini dapat meningkat drastis saat bangku belakang dilipat menjadi 700 liter, masih kurang luas? Anda dapat melipat bangku baris kedua, dan meningkatkan kapasitas bagasi menjadi 1.775 liter, menjadikan Volkswagen Tiguan Allspace sebagai salah satu SUV dengan ruang kargo terbesar.

>>> Temukan info seputar mobil terbaru di sini

Untuk harga, Volkswagen Tiguan Allspace berada di kisaran harga yang cukup kompetitif, yakni Rp 598 juta On-The Road. Harga ini tidak terpaut jauh dari Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, dua pemain besar di segmen SUV 7-Seater saat ini, dan hadir dengan lima pilihan warna, yakni Candy White, Deep Black, Indium Grey, Reflex Silver, dan Silk Blue.

Ingin lihat bagaimana impresi awal Volkswagen Tiguan Allspace? Simak video berikut ini Cintamobil.com berikut ini.

>>> Simak berita terbaru seputar otomotif di Cintamobil.com

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
4

berita lain