Volkswagen Siapkan Beetle Listrik dengan Sistem Penggerak Roda Belakang

05/07/2018

Mobil baru
Share this post:
Volkswagen Siapkan Beetle Listrik dengan Sistem Penggerak Roda Belakang
Volkswagen dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk membawa kembali Beetle yang ikonik sebagai battery-powered electric vehicle (BEV) atau kendaraan listrik bertenaga baterai murni.

Perubahan ini disebut mendukung serangkaian mobil listrik Volkswagen baru yang direncanakan untuk diluncurkan dalam 4 tahun mendatang. Bukan hanya itu, Beetle juga akan dipermak hingga menjadi kendaraan dengan sistem penggerak roda belakang dan empat pintu.

Kendaraan listrik ini akan menggunaan platform MEB generasi terbaru Volkswagen. MEB adalah platform terbaru Volkswagen yang mendukung kendaraan yang dibangun khusus untuk menjadi kendaraan listrik penuh.

Bos Desain VW, Klaus Bischoff, mengatakan keunggulan kemasan dari platform MEB dapat memungkinkan perusahaan untuk memperluas daya tarik kendaraan listrik Beetle dengan menawarkan lebih banyak ruang dan kenyamanan sambil mempertahankan bentuk ikoniknya.

Gambar yang menunjukan mobil konsep Volkswagen Beetle dengan penggerak roda belakang

Versi listrik Beetle diperkirakan akan menggunakan sistem penggerak roda belakang

“Jika Anda melihat MEB, wheelbase terpendek [mungkin] adalah [hatchback Wolkswagen] I.D. Jika Anda mengambilnya dan menerapkannya pada Beetle, Anda memiliki banyak ruang sehingga tidak ada kompromi dalam fungsi lagi. Jadi itu bisa menjadi mobil yang sangat menarik,” tambahnya.

>>> Beragam penawaran terbaik dari Volkswagen terbaru bisa Anda dapatkan di sini

Bahkan, Bischoff telah membuat sketsa kasar tentang Beetle empat pintu di platform MEB. Tetapi, ia mengatakan butuh waktu dua atau tiga tahun sebelum keputusan produksi dapat disetujui.

Mobil konsep I.D. yang direncakan sebagai kendaraan listrik masal pertama VW

Walaupun berbagi platform yang sama dengan I.D., Bischoff tidak berpikir langkah ini akan mengkanibalkan penjualan. "Itu selalu budaya di VW bahwa ada cukup ruang untuk dua atau bahkan tiga [model di segmen yang sama]."

>>> Tampilan nostalgia VW Beetle di Bumblebee: The Movie

Bahkan, CEO dan Chairman VW, Herbert Diess telah memberikan petunjuk tentang produksi Beetle listrik dengan mengatakan "Jika kita ingin membuat EV Beetle, itu akan jauh lebih baik daripada model saat ini, lebih dekat dengan sejarah, karena bisa menjadi penggerak roda belakang.”

Pemilihan ‘remake’ Beetle ini memang tanpa alasan. VW Kodok merupakan salah satu mobil ikonik yang selalu dikaitkan dengan Volkswagen. Volkswagen juga pernah menghidupkan kembali Beetle dengan sistem penggerak roda depan lebih dari satu dekade lalu.

>>> Dapatkan beragam mobil baru di industri otomotif di Cintamobil

Gambar yang menunjukan mobil konsep baru kendaraan listrik VW I.D. Buzz dengan latar putih

Pengembangan kendaraan listrik, VW berencana memproduksi versi baru Kombi, I.D. Buzz

Sebelumnya pembuat mobil asal Jerman ini berencana untuk merilis beberapa kendaraan baru dalam beberapa tahun ke depan. Mulai dari I.D. yang diharapkan menjadi EV produksi masal pertama VW untuk tahun 2020. Selain itu, ada pula I.D. Crozz Concept serta versi baru Kombi listrik dengan nama I.D. Buzz yang direncanakan untuk peluncuran tahun 2022.

>>> Dapatkan beragam berita otomotif paling lengkap hanya ada di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top