Volkswagen Luncurkan Golf GTI MK8 di Geneva

17/01/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Volkswagen Luncurkan Golf GTI MK8 di Geneva
Jadi salah satu model paling dinantikan, Volkswagen mengonfirmasi akan meluncurkan VW Golf GTI MK8 di Geneva Motor Show, Maret mendatang bersamaan dengan varian GTE dan GTD. Golf R juga akan hadir tak lama berselang.

Seperti diberitakan sebelumnya, setidaknya 34 mobil baru Volkswagen akan hadir sepanjang tahun 2020. Beberapa di antaranya adalah varian performa VW Golf. Pertama diawali peluncuran Golf GTI MK8, GTD, dan GTE di Geneva Motor Show, disusul oleh varian R pada ajang Goodwood Festival of Speed 2020, Juli mendatang.

>>> Selain varian kencang Golf MK8, Volkswagen masih akan luncurkan puluhan model loh sepanjang 2020, apa saja?

Namun berbeda dari rencana awal, Volkswagen tidak akan melakukan ubahan radikal terhadap VW Golf MK8 dengan memakai powertrain hybrid. Pabrikan Jerman itu mempertahankan mesin turbo 2.000cc berkode EA888 yang dipakai di MK7.

Dan seperti generasi sebelumnya, Golf GTI MK8 mendapatkan dua varian dengan tenaga berbeda. Yakni standar dengan tenaga 242 HP, dan 287 HP untuk GTI yang lebih bertenaga. Namun berbeda dari isu awal di mana emblem TCR akan dipakai, varian atas Golf GTI akan memakai embel-embel Clubsport.

Volkswagen Golf GTI TCR, yang tidak akan digunakan lagi oleh VW untuk Golf GTI MK8

Varian Clubsport disiapkan untuk menggantikan TCR sebagai varian tertinggi Golf GTI

Tidak hanya peningkatan tenaga, torsi yang didapat juga akan lebih besar dari gen sebelumnya yang menghasilkan angka 340 Nm (GTI) dan 370 Nm (GTI Clubsport). Diklaim varian Clubsport dapat berakselerasi dari 0-100 dalam waktu kurang dari enam detik dengan kecepatan puncak 250 km/jam. Dan kabar baik bagi Anda pecinta manual, Golf GTI MK8 terbaru masih menawarkan transmisi manual enam percepatan, dan juga otomatis dual-clutch tujuh percepatan.

VW Golf GTI MK8 yang masih dibalut livery kamuflase sedang melakukan tes di Nurburgring

VW Golf GTI terbaru akan memiliki karakteristik pengemudian lebih direct

Tidak hanya peningkatan performa melalui tenaga dan torsi mesin, sasis GTI MK8 juga dikembangkan lebih lanjut untuk meningkatkan sensasi berkendara dan akurasi kemudi yang lebih baik. Masih menggunakan MQB Platform, Golf GTI baru memakai suspensi MacPherson di bagian depan dan suspensi belakang multi-link dengan kombinasi adaptive damping control. Perombakan besar pada sistem kemudi elektrik yang dipakai di MK7 juga dilakukan untuk menghasilkan feedback serta karakteristik pengemudian yang lebih direct.

>>> Lagi cari mobil? Coba klik link ini deh

Masuk ke dalam, aura GTI MK8 dibuat semakin modern dengan hadirnya kokpit digital dengan head-up display yang bersifat optional serta konsol tengah baru dengan persneling model T yang gemuk untuk varian DSG. Namun berbeda dibandingkan generasi sebelumnya, Volkswagen Golf GTI MK8 hanya tersedia dalam satu model body, hatchback lima pintu. Yang berarti varian hatchback tiga pintu tak lagi diproduksi.

Varian Golf terkencang hasilkan 350HP

Peningkatan performa VW Golf GTI MK8 memang diperlukan untuk menciptakan performa yang di atas GTE, yang diluncurkan bersamaan dengan Golf MK8 standar.

>>> Selain Golf GTI terbaru, mobil baru apa lagi yang akan meluncur? Temukan jawabannya di sini

Memakai mesin 1.400cc turbo yang dikombinasikan dengan motor listrik, VW Golf GTE MK8 paling kencang diklaim akan memiliki tenaga 242 HP, sama seperti GTI MK7. Sementara itu akan hadir juga varian 201 HP yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. Memakai baterai berkapasitas 13 kWh, Golf GTE dapat berjalan sampai 70 km dengan top speed 140 km/jam tanpa bantuan apapun dari mesin.

Rendering VW Golf R Plus MK8

VW Golf R Plus akan memiliki tenaga 350 HP dengan sistem penggerak all-wheel-drive

Sementara itu, varian Golf GTD MK8 memakai mesin 2.000cc yang dikombinasikan dengan teknologi mild hybrid, namun besaran tenaganya belum bisa dikonfirmasikan.  Sebagai catatan Golf GTD MK7 memiliki tenaga 181 HP dan torsi 380 Nm, yang kemungkinan akan meningkat di generasi MK8. Tidak hanya performa, namun efisiensinya juga. Lalu, bagaimana untuk Golf R?

Golf R MK8 masih akan memakai mesin EA888 yang sama seperti Golf GTI namun dengan rating performa yang lebih ganas, setidaknya 300 HP dengan sistem penggerak roda all-wheel drive. VW Golf R+ juga akan hadir, namun tidak dengan tenaga 400 HP seperti yang dirumorkan, melainkan 350 HP.

>>> Berita mobil terbaru dan paling update ada di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Debut Modifikasi VW Golf Mk8 Pertama di Dunia

28/12/2019

Pasar mobil

4 menit

Dua bulan berselang setelah peluncuran dari hatcback VW generasi terbaru, tuner asal Jerman, HOW DEEP? Berhasil lakukan modifikasi VW Golf Mk8 pertama di dunia

Lihat juga

Seperti Inikah Tampilan VW Golf Wagon Terbaru?

05/11/2019

Mobil baru

5 menit

Setelah Volkswagen Golf MK8 resmi diperkenalkan, mulai banyak bertebaran render dari varian lainnya, mulai dari hot hatchback GTI sampai varian station wagon yang akan meluncur tahun depan.

Lihat juga

Mengintip Wajah Dan Spesifikasi VW Golf Mk 8 2020, Hatchback Yang Paling Ditunggu Kehadirannya

04/10/2019

Mobil baru

3 menit

Rumornya kita akan menyaksikan kehadiran dari generasi terbaru VW Golf pada 24 Oktober mendatang. Sudah tak sabar?

Lihat juga

Ulang Tahun Volkswagen Golf, Mobil yang Terjual Setiap 41 Detik Selama 45 Tahun

02/04/2019

Pasar mobil

Volkswagen sedang merayakan 45 tahun sejak pertama kali memproduksi Volkswagen Golf. Dan popularitasnya yang terus menanjak membuatnya terjual lebih dari 35 juta unit di seluruh dunia, salah satu mobil terlaris yang pernah ada.

Lihat juga

‘The Last Mile’, Film Pendek Volkswagen Beetle Diiringi The Beetles

04/01/2020

Pasar mobil

2 menit

Volkswagen merilis penghormatan terakhir untuk mobil paling ikoniknya dengan sebuah animasi film pendek Volkswagen Beetle diiringi Let It Be dari The Beetles.

Lihat juga
 
back to top