Ini Volkswagen Amarok 2022, Saudara Kembar Ford Ranger

16/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Volkswagen Amarok 2022 memanfaatkan basis platform Ford Ranger untuk mendapatkan keuntungan mulai dari penggunaan pabrik hingga waktu pengembangan yang cepat

Setelah Ford Ranger generasi terbaru hadir, kini muncul saudara kembarnya dengan nama Volkswagen Amarok. Prediksi tersebut semakin kuat setelah prototipe Volkswagen Amarok 2022 baru saja tuntas menjalankan serangkaian pengujian di main test site milik Ford yang berlokasi di  Dearborn, Michigan, Amerika Serikat 

Sebetulnya, kehadiran Volkswagen Amarok 2022 yang memakai basis platform Ford Ranger sudah terendus sejak lama. Paling tidak ketika Volswagen Group pada tahun 2019 mengumumkan kerja sama dengan  Ford dalam hal pengembangan produk bersama termasuk  platform, fasilitas produksi dan teknologi swakemudi.  Indikasinya semakin jelas setelah VW pada tahun 2020 mengumumkan pengembangan generasi terbaru VW Amarok dengan basis platform Ford Ranger. 

>>> Ide Modifikasi Plafon Mobil Pick Up yang Bisa Anda Pilih

Berbagi Platform 

gambar vw amarok

Walau mirip, fascia depan dibuat tidak sama untuk membedakan identitas 

Seperti dilansir Motorauthority.com, karena memakai basis platform Ford Ranger, kemungkinan besar VW Amarok akan memanfaatkan mesin bensin dan diesel dengan konfigurasi 4 silinder dan V6 milik sang pick-up Amerika Serikat tersebut. Termasuk juga transmisi manual 6-speed/7-speed dan transmisi otomatis 10-speed. Serupa Ford Ranger, kemungkinan besar VW Amarok juga akan tersedia dengan pilihan varian setara Raptor, varian 4WD, varian 2WD serta beragam pilihan model bodi. 

gambar vw amarok

Sekilas terdapat kemiripan desain lampu belakang   

Umumnya, kebijakan berbagi platform yang sama (ganti emblem) berimbas pada karakter produk yang sama. Namun VW buru-buru menepis hal itu walau belum ada detail lengkap yang tersedia dan menjamin  Amarok generasi ke-dua ini akan memiliki DNA khas Volkswagen.  Selain itu,  dari segi penampilan luar juga sudah berbeda. 

Strategi Bisnis 

gambar pabrik ford

Pabrik Ford di Afrika Selatan siap produksi Amarok 

Pemilihan Ford Ranger sebagai basis platform pengembangan VW Amarok ternyata memberikan banyak keuntungan bagi Volkswagen. Pertama,  Ford memastikan Volkswagen Amarok 2022 akan diproduksi di pabrik Ford Afrika Selatan yang berlokasi di  Silverton untuk memenuhi permintaan pasar  Amerika Selatan, Eropa dan Afrika.  

gambar pabrik ford

Pabrik Ford Michigan menjadi pintu masuk Amarok untuk pasar Amerika Serikat  

Pada sisi lain, Volkswagen dapat memakai pabrik Ford di Michigan untuk memproduksi Amarok dan sekaligus memasarkannya di Amerika Serikat. Dengan demikian menghindari pengenaan pajak mobil impor (Chicken Tax) sebesar 25%.  

Volkswagen Taro 

gambar vw taro

Volkswagen Taro memakai basis platform Toyota Hilux 

Jauh sebelum memakai basis platform Ranger untuk Amarok, Volskwagen pernah memanfaatkan basis platform Toyota Hilux yang diganti baju menjadi VW Taro. Pada kurun waktu 1989-1997, Toyota dan VW menjalin kerja sama berupa Hilux-Taro karena saat itu, VW butuh Toyota untuk masuk  pasar pick-up dan Toyota butuh VW untuk masuk pasar Eropa.  Kerja sama Volkswagen-Toyota berakhir karena penjualan Taro berbasis Hilux kurang memuaskan.    

>>> Ford Ranger 2022 Siap Masuk Pasar Global

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top