Versi Bensin Disetop, Honda HR-V Listrik Bakal Jadi Penerus di Eropa

14/01/2021

Mobil baru

3 menit

Honda HR-V listrik tengah disiapkan untuk menjadi generasi penerus di Eropa. Kabar itu muncul usai Honda memutuskan menyetop penjualan HR-V bensin dan diesel.

Honda akhirnya memutuskan untuk menyetop penjualan HR-V di Benua Biru. Ini dilakukan Honda setelah tujuh tahun menjual HR-V di daratan Eropa sebagai komitmen untuk mematuhi aturan regulasi standar emisi. 

Adanya penyetopan penjualan Honda HR-V di Eropa sekaligus menandakan akan ada perubahan radikal dari SUV Jepang tersebut. Kabarnya suksesor HR-V akan dikenalkan akhir tahun ini seperti diberitakan Autocar, Kamis (14/1/2021).

Honda HR-V

HR-V bensin tak lagi dijual di Eropa

>>> Generasi Ketiga Honda HR-V Akan Lahir di 2022

Akan Diganti Honda HR-V Listrik

Di Eropa, generasi kedua Honda HR-V dibekali pilihan mesin 1.5 L bensin dan 1.6L diesel. Kabarnya, kedua mesin itu tak akan ada yang bakal diusung pada generasi penerus Honda HR-V. Nantinya, hanya akan ada Honda HR-V listrik yang tersaji. Ini sejalan dengan visi Honda untuk perlahan-lahan menghentikan penjualan mobil bensin di Eropa tahun 2022. 

Meski belum diketahui secara jelas bakal seperti apa generasi penerus Honda HR-V tersebut namun diprediksi tampilannya akan sangat berbeda dari model-model sebelumnya. Di bagian depan HR-V akan disematkan lampu yang lebih sipit. Kemudian ada juga lampu LED DRL yang ditempatkan dekat bemper. Dari sisi dimensi, sebuah laporan menyebut bahwa Honda HR-V generasi terbaru akan berukuran lebih besar. 

Lalu dari bagian interior, Honda HR-V akan mengadopsi fitur yang sama pada Civic generasi terbaru. Tapi kembali lagi itu baru sekadar prediksi. Untuk kepastian model tentu harus menunggu saat peluncurannya nanti. 

>>> Masuk Singapura, Harga Honda Jazz Model Terbaru Tembus Rp 1 Miliar!

Belum Memberikan Informasi Mendetail

Sejauh ini, Honda belum memberikan bocoran terkait jumlah varian HR-V yang akan dikenalkan. Penjualan HR-V di Eropa sendiri dalam beberapa tahun belakangan memang menurun drastis. Terlebih setelah HR-V melakukan facelift pada tahun 2015.

Honda HR-V

Sebagai gantinya akan ada HR-V listrik sebagai penerusnya

Kalau tahun 2016 Honda bisa membukukan penjualan 33.000 unit HR-V, maka pada 2019 hanya 21.747 yang terjual. 

Honda memang telah mengumumkan rencananya untuk menghentikan penjualan mobil bensin dan diesel di eropa pada akhir 2022. Nantinya Honda hanya akan bergantung pada mobil hybrid dan juga listrik. 

"Jajaran produksi Honda akan menjadi kombinasi listrik penuh dan hybrid," kata Wakil presiden senior Honda Eropa, Ian Howells beberapa waktu lalu.

"Jelas, jika undang-undang mulai bergerak saat kita mendekati 2035 atau transisi menjauh dari hybrid juga, maka kami akan memindahkan teknologi jauh dari itu," tambahnya.

>>> Honda Masih Pelajari Mobil Listrik yang Pas Buat Dijual di Indonesia 

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top