Vakum 15 Tahun, Honda Integra Akan Kembali di 2022

15/08/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Kembalinya Honda Integra dikonfirmasi oleh Acura, divisi mobil mewah Honda untuk Amerika Serikat. Mobil ini akan diperkenalkan pada musim semi tahun 2022.

Setelah hiatus selama 15 tahun, nama legendaris Integra akan kembali menghiasi jajaran produk Honda. Hal tersebut diumumkan oleh Acura pada Monterey Car Week yang dilangsungkan minggu ini di California, Amerika Serikat.

Kabarnya, mobil tersebut saat ini sudah masuk tahap pengembangan. Seharusnya tak lama lagi kita bisa menikmati spy shot Integra terbaru saat mulai dites di jalan raya.

Sejarah Honda Integra

Honda atau Acura Integra pertama kali dilahirkan di Jepang pada tahun 1985. Generasi pertamanya yang memiliki desain mengotak serta lampu pop-up menjadi ciri khas dari mobil tahun 1980-an.

Ditawarkan sebagai coupe, generasi pertama Integra yang berkode DA1 hingga DA4 ditawarkan dalam dua pilihan mesin, 1.500 cc dan 1.600 cc yang dibekali opsi transmisi manual 5-percepatan dan 4-percepatan. Di pasar Amerika Serikat (sebagai Acura), Integra juga hadir dengan pilihan bodi sedan 4 pintu.

Generasi kedua mobil ini diperkenalkan pada April 1989 dengan kode bodi DA5, DA9, DB1 dan DB2. Untuk pasar Jepang, Integra generasi kedua ini menjadi mobil pertama yang menggunakan teknologi VTEC.

Gambar Honda Integra generasi pertama

Honda Integra generasi pertama dengan lampu pop-up

>>> Ajang Balap Virtual Honda Kembali Digelar, Total Hadiah Rp 100 Juta!

Jika melihat desainnya, Integra gen 2 ini mirip Honda Grand Civic versi 2 pintu. Kap mesinnya terlihat pipih dengan lampu utama yang memanjang. Di sisi samping terdapat lis bodi yang terbuat dari karet berwarna hitam.

Di tahun 1993, Honda kembali merilis generasi penerus Integra. Generasi ketiga ini bisa dibilang merupakan generasi dengan masa produksi terpanjang yang ada di sejarah Integra, yaitu dari tahun 1993 hingga 2001.

Honda Integra generasi ketiga ini desainnya sudah lebih modern. Bentuknya tak lagi mengotak, melainkan sudah lebih mengedepankan nilai estetika yang lebih berlekuk halus. Kode bodinya menggunakan DB6, DB9 dan DC series.

Gambar Honda Integra Type R

Generasi ketiga menjadi perkenalan bagi Honda Integra Type R

>>> Honda Ngebet Datangkan Mobil Listrik ke Indonesia

Ada 3 varian mesin yang ditanam pada Integra generasi ketiga. Mulai dari 1.600 cc SOHC, 1.800 cc DOHC dan 1.800 DOHC VTEC. Mobil berpenggerak roda depan ini ditawarkan dalam 2 pilihan transmisi. Yakni 5-percepatan manual dengan close ratio dan 4-percepatan otomatis.

Pada generasi ini, Honda juga memperkenalkan Integra Type R yang hanya tersedia untuk pasar Jepang atau JDM (Japanese Domestic Market).

Memasuki milenium baru, Honda kembali merilis generasi keempat Integra di Jepang. Generasi keempat ini berbagi platform dengan Honda Civic sedan dengan kode bodi ES atau Civic generasi ketujuh. Hanya saja kaki depan dari Integra dengan kode bodi DC ini sudah memakai model MacPherson struts dan trailing arm di belakang.

Honda Integra generasi keempat ini juga dibekali dengan mesin K series yang cukup legendaris di kalangan pecinta Honda, menggantikan mesin B series dari generasi ketiga.

Gambar Honda Integra DC5

Honda Integra Type R DC5, semakin mumpuni untuk dibawa balapan

Integra gen 4 hanya ditawarkan dengan mesin 2.000 cc 4-silinder berkode K20 dengan tenaga mencapai 210 HP yang cukup besar di eranya. Untuk transmisi, Honda menawarkan 5-percepatan manual, 6-percepatan manual close ratio, dan 5-percepatan otomatis.

Fitur penunjang pengemudian yang asyik diperkaya agar konsumen semakin dimanjakan. Sebut saja gardan dengan LSD, kaliper 4 piston Brembo, velg 17 inci, ban Bridgestone Potenza, jok Recaro serta setir Momo.

Nama Honda Integra di dunia balap juga cukup disegani. Hal tersebut dapat dilihat pada tahun 1987 dan 1988 di mana mobil ini mampu memenangkan 2 ajang balap IMSA di Amerika. Bahkan di tahun 1992 Integra juga sempat bertugas sebagai sebagai safety car pada ajang balap Formula 1 di Grand Prix Canada.

>>> Honda Beri Isyarat N7X Diluncurkan di GIIAS

Generasi Terbaru Hadir Sebagai Hybrid?

Mengingat Acura ditugaskan Honda untuk mengembangkan mobil elektrifikasi, bukan tak mungkin Integra generasi terbaru ini akan mengikuti jejak Honda NSX terbaru. Saat ini, Acura belum memberikan detail mengenai Honda Integra terbaru selain waktu peluncurannya.

Acura telah mengungkapkan gambar teaser tunggal yang menunjukkan lampu depan Integra baru dan bagian bemper depan, memberi kita sedikit gambaran akan mobil ini.

Alih-alih membayangkan kembali estetika tahun 1990-an, model baru ini akan memiliki tampilan yang lebih kontemporer yang dibangun di atas bahasa desain Acura saat ini.

Gambar Pertunjukan Drone

Pertunjukan Drone di Monterey Car Week

Hal ini juga dapat dilihat pada siluet mobil, yang diperlihatkan dalam bentuk pertunjukan drone, meskipun setidaknya ada sedikit sentuhan retro, dengan lambang Integra timbul yang ditempatkan di bawah lampu depan.

Yang pasti, Honda tidak akan mengulangi kesalahan dari Mitsubishi yang memperkenalkan kembali Eclipse sebagai SUV. Jon Ikeda, Vice President dan Brand Officer Acura menyebut bahwa mobil ini akan mempertahankan ciri khas para pendahulunya.

"Saya dengan senang hati mengatakan Integra akan kembali ke line up Acura dengan membawa jiwa fun-to-drive dan DNA Integra sebelumnya," ungkap Ikeda.

>>> Harga mobil Honda terbaru dan promo 2021 terbaik ada di sini  

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top