Uji Coba di Bali, Taksi Terbang di Indonesia Bisa Dipakai Tahun Depan

06/09/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Setelah dirilis di Indonesia, Prestige Image Motor dilaporkan sedang melakukan uji coba di Bali dengan layanan taksi terbang terbuka untuk umum tahun depan.

Layanan taksi terbang yang baru saja diperkenalkan oleh Prestige Image Motorcars memang menjadi ‘mainan’ baru bagi pengguna VVIP di Indonesia. Drone penumpang yang dikembangkan oleh Guangzhou EHang Intelligent Technology Co ini dipersiapkan untuk mengangkut penumpang dan beroperasi tahun depan.

Beroperasi tahun depan

Prestige Motors mengungkapkan bahwa setelah unit pertama yang dirilis di Jakarta beberapa waktu lalu, mereka akan menjalani uji terbang di Bali pada bulan Oktober mendatang. Uji terbang dilakukan setelah mereka mendapatkan izin dan persetujuan dari pemerintah.

taksi terbang EHang 216 sedang melakukan uji tebang
EHang 216 siap melakukan uji terbang di Bali Oktober mendatang

>>> Mercedes-Benz Perkenalkan Konsep G-Class Listrik di Munich

Bali dipilih karena merupakan tujuan wisata populer di Indonesia. Penggunaan taksi terbang EHang dipercaya bisa membantu meningkatkan bisnis pariwisata di Bali yang masih tertahan akibat pandemi COVID-19 dan PPKM yang masih diberlakukan di Indonesia.

Rudy Salim selaku Presiden Direktur Prestige Image Motorcars menyebutkan kepada media bahwa perusahaan bertujuan untuk menyediakan layanan taksi udara di Indonesia kepada publik tahun depan. Ia menambahkan bahwa Prestige Image telah mendapatkan beberapa penawaran.

>>> Akhirnya! Mobil Terbang EHang 216 Mendarat di Jakarta

Terbang tanpa pilot

EHang 216 merupakan mobil terbang bertenaga listrik yang memiliki dua kursi. Mobil ini memiliki berat sekitar 360 kg dan memiliki kapasitas muatan hingga 220 kg. EHang bahkan tidak memerlukan pilot. Karena mobil ini masih bisa dioperasikan secara otonom dengan kendali yang di darat. Ukurannya pun kompak, dengan lebar 5,6 meter dan tinggi 1,7 meter.

mobil terbang listrik EHang 216 berwarna putih
EHang 216 dioperasikan tanpa roda dengan baling-baling

Digerakkan tanpa mesin konvensional, EHang memiliki 8 lengan dan masing-masing mendapatkan dua motor listrik yang terhubung ke baling-baling. Mobil terbang ini disebut mampu menjelajah dengan kecepatan 130 km/jam, dengan maksimal 160 km/jam. Sementara baterai onboard memiliki jangkauan 35 km/jam hanya dalam sekali pengecasan.

Berbeda dengan Indonesia, EHang merupakan bagian dari prototipe kendaraan terbang pertama di Malaysia, Super Dron. Mobil ini akan digunakan untuk memantau perbatasan dan sebagai kendaraan darurat, bukan sebagai transportasi umum seperti di Indonesia. Sedang AirAsia dipercaya sedang mempersiapkan diri untuk memberikan layanan taksi terbang di Malaysia.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top