Ubahan Suzuki New Carry Pick Up Facelift 2021 Terkuak

13/01/2021

Mobil baru

3 menit

Seperti yang diberitakan sebelumnya oleh kami, bahwa di tahun 2021 ini Suzuki New Carry Pick Up Facelift 2021 bakal menjadi salah satu amunisi Suzuki Indonesia

New Carry Pick Up menjadi tulang punggung penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) disamping Ertiga dan XL7. Sepanjang tahun 2020, berdasarkan data Gaikindo, pick up jagoan Pulo Gadung ini mampu terjual 38.809 unit alias menguasai 57,6% wholesales Suzuki Indonesia. Tapi PT SIS seakan tak ingin lengah, buktinya mereka menyiapkan Suzuki New Carry Pick Up Facelift 2021 yang tampangnya mulai terkuak ini.

Tampilan Makin Berkarakter

Gambar Suzuki New Carry Pick Up Facelift 2021

Tampilannya makin berkarakter

Berdasarkan gambar yang kami lihat di akun instagram @Carsguideid, secara umum ubahan yang dilakukan oleh PT SIS ini memang minimalis. Para insinyur dan desainer pabrikan berlogo S ini hanya melakukan ubahan pada bentuk grille dan juga bumper depan. Sementara untuk headlamp sendiri maupun bentuk semi-bonnet pada mobil ini masih sama saja seperti versi sebelum facelift. Namun, ubahan yang terbilang minor ini membuat tampilannya semakin kokoh dan berkarakter.

>>> Begini rasa mengemudi Suzuki New Carry Pick Up

Interior Dan Mesin Belum Ada Bocoran

Foto interior Suzuki New Carry Pick Up

Interior Carry Luxury yang meluncur saat pandemi tahun lalu

Untuk interior dan mesin hingga artikel ini diturunkan masih belum ada bocoran yang kami dapat. Tak ingin bola liar bergulir, kami mencoba klarifikasi ke 'orang dalam' PT SIS. 

"Wah, belom boleh info-info nih om, masih di kunci mulutnya," papar orang yang kerja di Suzuki dan namanya enggak mau beken ini. "Tapi enggak lama lagi kok amunisi anyar ini," tambahnya sambil mewanti-wanti agar namanya jangan ditulis di Cintamobil.com.

Foto mesin K15B-C Suzuki New Carry Pick Up Luxury 2020

Mesin diprediksi masih sama

Namun prediksi kami, PT SIS masih akan mempertahankan unit K15B-C pada Suzuki Carry facelift ini. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 97 PS pada 5.600 rpm, serta torsi sebesar 135 NM yang dapat dicapai pada 4.400 rpm. Tenaga dan torsi tersebut tersalur ke roda belakang melalui transmisi manual 5-percepatan. Rasio gigi pada transmisi manual mobil ini cukup pas, sehingga tidak ngos-ngosan saat mengangkut beban berat dan mudah untuk melajukan mobil.

Harapan Pembaharuan Pada Suzuki New Carry Pick Up Facelift 2021

Gambar pilihan warna Suzuki New Carry Facelift 2021

Terdapat banyak harapan dari pembaharuan mobil ini

Sepintas, New Carry Pick Up sudah hadir sempurna sebagai mobil niaga. Pick up ini telah memberikan nyaris semua yang dibutuhkan untuk mobil usaha, dari mulai kapasitas bak yang lega, kapasitas angkut hingga 1 ton, kabin luas, mesin bertenaga dan irit BBM, bahkan New Carry hadir dengan varian yang lengkap mulai standar tanpa audio, AC plus Power Steering hingga trim Luxury yang paling lengkap termasuk aksesorisnya.

Foto tim Cintamobil.com test drive Suzuki New Carry Pick Up 2019

Dari hasil tes kami, ia butuh beberapa improvement

Tapi dari hasil test drive kami terhadap New Carry tahun lalu, ada beberapa catatan yang seharusnya mampu diperbaiki oleh Suzuki Indonesia. Pertama adalah ketiadaan takometer, busa jok akan lebih baik jika dipertebal sedikit, lalu wiper yang tak dilengkapi dengan kecepatan intermediate, dan terakhir adalah tak tersedianya tempat untuk meletakkan toolkit recovery guna membantu proses ganti ban, jadi toolkit tercecer begitu saja di lantai.

Foto tuas transmisi Suzuki New Carry Pick Up 2019

Tuas persneling bisa diperbaiki agar lebih ringan lagi

Sementara ada juga beberapa masukan dari pengguna New Carry yang kami kumpulkan, seperti injakan kopling yang agak keras dan terasa jauh 'travel' perpindahan giginya, kampas kopling yang cepat habis, serta ban depan yang 'makan sebelah' alias habis tidak rata padahal sudah dilakukan spooring dan balancing roda. Akankah kekurangan ini diperbaiki di Suzuki New Carry Facelift? Tunggu kelanjutannya.

>>> Mau beli mobil untuk usaha? Lirik pick up ini

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top